Erabaru.net. Anda pasti pernah melihat di televisi atau film yang menunjukkan bagaimana tokoh utama dalam film tersebut mengalami kecelakaan mobil dan masuk ke sungai dan terperangkap di dalam mobil mereka.

Menurut para ahli, cara terbaik dan cepat untuk menyelamatkan diri dari mobil yang tenggelam adalah dengan melepas sabuk pengaman, menurunkan kaca pintu dan keluar dari kendaraan Anda.

Namun, waktu yang dibutuhkan untuk menenggelamkan kendaraan sangat cepat dan pintu mungkin juga macet dan tidak bisa dibuka.

Artikel ini akan mengungkapkan kepada pembaca tentang 10 informasi penting jika terjadi dalam keadaan darurat.

1. Gurita memiliki racun yang dapat membunuh 26 orang dewasa sekaligus

(Foto : reddit)

Meskipun kecil, gurita berbintik-bintik biru adalah salah satu makhluk laut yang mematikan! Racun dikatakan mampu membunuh 26 orang dewasa dalam beberapa menit!

Gurita ini hanya akan menyerang jika mereka merasa terancam dan dalam lima hingga 10 menit, korban akan mulai merasakan gejala seperti mati rasa, kesulitan bernapas dan terbakar di kulit selain mual dan muntah.

Ada juga kasus di mana individu disengat oleh hewan-hewan ini akan mengalami kesulitan bergerak atau berbicara. Jadi, jika Anda melihat hewan-hewan ini, segera menjauhlah …

2. Anda dapat meminta Siri (aplikasi yang ada di iPhone) untuk menghubungi ambulans

(Foto: Depositphotos.com)

Pada 2016, sebuah insiden terjadi ketika seorang ibu di Australia menyadari bahwa bayinya yang berumur satu tahun tampak memar dan kebiru-biruan. Sang ibu segera melakukan (CPR) tetapi pada saat itu, teleponnya jatuh.

Dia kemudian segera menggunakan aplikasi Siri dan meminta Siri untuk menghubungi ambulans. Siri menghubungi paramedis dan ibu terus berkomunikasi dengan memberikan alamat.

Anggota paramedis tiba dan segera membantu menyelamatkan bayi ini. Sang ibu kemudian menulis surat kepada Apple karena telah menciptakan Siri yang akhirnya menjadi penyelamat kehidupan putranya.

3. Musik yang sangat kuat akan memperlambat indra Anda

(Foto: © Depositphotos.com © Depositphotos.com)

Kita semua suka mendengarkan musik saat mengemudi. Tetapi hindari mendengarkan musik dengan keras karena berdasarkan sebuah penelitian, pengemudi yang mengemudi sambil mendengarkan musik yang kuat akan mengalami peningkatan denyut jantung dan ini sangat berbahaya.

Ini akan membuat pengemudi akan lebih fokus pada musik daripada di jalan.

Pada saat yang sama, penelitian ini juga mencatat bahwa mendengarkan musik yang tidak diinginkan juga akan berdampak negatif pada mengemudi Anda. Musik seperti itu akan membuat Anda sakit, tertekan dan terganggu sekaligus membuat Anda lebih ceroboh saat berkendara.

Oleh karena itu, musik terbaik untuk didengar oleh pengemudi adalah jenis musik yang kompatibel dengan denyut jantung pengemudi mulai dari 60 hingga 80 menit per menit.

4. Gunakan pembalut wanita (baru) untuk menutupi luka parah

(Foto: imgur)

Selama Perang Dunia II, seorang wanita bernama Kimberly Clark menciptakan Cellucotton, sejenis zat yang dapat menyerap darah dalam jumlah banyak. Cellucotton telah digunakan untuk membuat pembalut luka bagi para prajurit.

Setelah akhir perang, penemuan itu digunakan untuk membuat pembalut wanita. Karena itu, pembalut ini juga dapat digunakan untuk menutupi luka parah dan mencegahnya agar tidak terinfeksi.

5. Jangan mengangkat orang yang pingsan

(Foto: © Depositphotos.com © Depositphotos.com)

Jika seseorang pingsan, jangan sekali-kali menyadarkan mereka dengan menampar pipi atau menuangkan air dan mengangkatnya. Menurut Mayo Clinic, Anda disarankan untuk mengangkat kaki mereka melebihi dada dan mempertahankan posisi itu sampai mereka sadar.

Tindakan mengangkat kaki ini dapat melancarkan darah ke otak dan meningkatkan pasokan oksigen. Pastikan Anda melonggarkan ikat pinggang jika mereka memakainya.

6. Jika Anda curiga mobil lain mengikuti Anda, belok kiri 4 kali

Jika saat mengemudi Anda sadar bahwa ada kendaraan yang mengikuti Anda sepanjang waktu, kemungkinan Anda dibuntuti. Karena itu, Anda harus tetap tenang dalam situasi ini dan berbelok ke kiri hingga empat kali berturut-turut.

Ini akan membuat Anda kembali ke tempat semula dan jika mobil yang sama masih ada di belakang Anda, teruslah bepergian ke daerah yang ramai atau terdapat banyak orang.

7. Gunakan kertas aluminium foil untuk mengganjal baterai jika Anda tidak memiliki ukuran yang pas

Misalnya baterai remote control televisi rumah sudah mati dan toko sudah tutup atau jauh dan Anda hanya memiliki baterai AAA. Anda dapat meletakkan kertas aluminium foil di celah dalam baterai. Kertas aluminium ini mampu mentransfer listrik ke perangkat Anda.

8. Isi bak mandi atau wastafel dengan air sebelum bencana

(Foto: © Barroa_Artworks / pixabay © quinntheislander / pixabay)

Menurut FDA, setelah bencana besar seperti tornado atau angin topan, persediaan air menjadi tercemar. Anda harus menyediakan payung sebelum hujan dengan membeli air botol atau mengisi bak dengan penuh.

Air ini penting untuk mencuci makanan dan tangan Anda selama bencana, yang dapat menyebabkan persediaan air bersih terputus.

9. Jika seseorang mengacungkan senjata, pandang mata mereka

(Foto: Collateral / Paramount Pictures)

Berada dalam situasi di mana Anda harus menghadapi perampok bersenjata adalah salah satu insiden paling menakutkan. Namun, meskipun kedengarannya ‘terlalu berani’, hal yang harus dilakukan pada saat ini adalah menatap mata individu yang bersenjata itu.

Tindakan ini akan membuat mereka merasa tidak nyaman dan mungkin merasa bersalah atas tindakan yang telah mereka lakukan.

Ingat, mereka masih manusia yang memiliki rasa iba tetapi mereka hanya merasa kuat karena memiliki senjata.(yant)

Sumber: Erabaru.com.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular