Brasilia — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo mengatakan pada 1 Januari 2019 bahwa Amerika Serikat akan terus bekerja sama dengan Israel dalam masalah-masalah Suriah dan dalam menghadapi Iran di Timur Tengah. Kerjasama AS-Israel akan tetap berlanjut walau Presiden Donald Trump berencana untuk menarik pasukan Amerika dari Suriah.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan ketika bertemu dengan Pompeo di ibukota Brasil bahwa Dia berencana untuk membahas bagaimana untuk mengintensifkan kerja sama intelijen dan operasi di Suriah dan di tempat lain untuk memblokir ‘agresi’ Iran.

Dalam komentar publik pertamanya tentang keputusan Trump, Pompeo mengatakan, “Sama sekali tidak mengubah apa pun yang sedang dilakukan pemerintahan ini bersama Israel.”

“Kampanye kontra-ISIS terus berlanjut, upaya kami untuk melawan agresi Iran terus berlanjut, dan komitmen kami untuk stabilitas Timur Tengah dan perlindungan Israel berlanjut dengan cara yang sama seperti sebelum keputusan itu dibuat,” kata Pompeo.

Trump mengumumkan bulan lalu, bahwa Dia berencana untuk menarik pasukan AS dari Suriah. Trump menyatakan bahwa mereka telah berhasil dalam misi untuk mengalahkan Negara Islam ISIS dan tidak lagi diperlukan di negara itu.

“Kami memiliki banyak hal untuk dibahas,” kata Netanyahu, yang seperti Pompeo berada di ibukota Brasil untuk pelantikan Jair Bolsonaro sebagai presiden baru Brasil.

“Kita akan membahas, kerja sama yang intens antara Israel dan Amerika Serikat yang juga akan menangani pertanyaan-pertanyaan setelah keputusan, keputusan Amerika, tentang Suriah dan bagaimana mengintensifkan lebih jauh intelijen dan kerjasama operasional kami di Suriah dan di tempat lain untuk memblokir agresi Iran di Timur Tengah.”

Netanyahu mengatakan Israel sangat menghargai dukungan kuat dan tegas dari Amerika. “Pompeo memberi Israel upaya pertahanan diri melawan Suriah, dalam beberapa hari terakhir.”

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Robert Palladino mengatakan Pompeo dan Netanyahu membahas ancaman yang tidak dapat diterima bahwa agresi dan provokasi regional oleh Iran dan agen-agennya menargetkan keamanan Israel dan regional. Pompeo menegaskan kembali komitmen AS terhadap keamanan Israel dan hak mereka untuk membela diri.

Netanyahu mengatakan bulan lalu setelah pengumuman Trump, bahwa Israel akan meningkatkan perjuangannya melawan pasukan yang berpihak pada Iran di Suriah, setelah penarikan pasukan AS.

Israel melihat penyebaran pengaruh Iran di Timur Tengah sebagai ancaman yang berkembang dan telah melakukan sejumlah serangan udara di Suriah yang dilanda perang saudara, terhadap tersangka penyebaran militer dan pengiriman senjata oleh pasukan Iran yang mendukung Damaskus. (Reuters/The Epoch Times/waa)

Video Pilihan :

Simak Juga :

Share

Video Popular