Erabaru.net. Seringkali kita tidak peduli tentang hal berikut;  jika Anda menghabiskan waktu seharian berenang do kolam renang, adalah normal jika Anda merasa kelelahan dan mengantuk, khususnya pada seorang anak kecil yang telah aktif bergerak seharian.

Ini tepat adalah yang dipikirkan oleh Cassandra Jackson, dia sama sekali tidak curiga ketika anaknya berkata bahwa dia mau tidur ketika sampai di rumah setelah menghabiskan waktu seharian di kolam renang.

Johnny, 10 tahun, segera tidur setelah satu hari yang melelahkan, dan Ibunya sama sekali tidak berpikir ada yang salah dengan diri anaknya. Saat dia kemudian memeriksa anaknya, dia sangat terkejut melihat keadaan anaknya.

Mulut anak itu berbusa dan dia kesulitan bernafas. Setelah langsung membawanya ke IGD, ibunya diberitahu bahwa anak ini mengalami “Tenggelam Kedua”, itu adalah kondisi yang diakibatkan karena menghirup air ataupun menelan air terlalu banyak, yang bisa saja kambuh setelah 72 jam kemudian.

Walaupun  sangat-sangat jarang terjadi, tenggelam kedua bisa beraklibat fatal jika gejala-gejalanya diabaikan. Kapanpun  seseorang (dewasa ataupun anak-anak) menghirup bahkan sedikit saja air (dari kolam, danau, ataupun laut), hal itu bisa membuat luka kecil pada paru-paru dan menyebabkannya membengkak. Biasanya hanya ada sedikit air di paru-paru ketika tenggelam kedua terjadi, namun cairan dalam jumlah sedikit ini sudah cukup untuk menghambat kemampuan paru-paru untuk menyalurkan oksigen ke pembuluh darah.

Jika anak Anda pernah mengalami hampir tenggelam ketika berenang, ataupun menelan terlalu banyak air, perhatikan gejala-gejala tengelam kedua, dan jika ada, segeralah bawa ke rumah sakit. Gejala-gejala tenggelam kedua ini dapat muncul antara satu sampai 72 jam setelah air masuk ke paru-paru.

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan:

Sangat kelelahan setelah berenang atau mandi.
Sesak nafas setelah berenang atau mandi.
Mood yang buruk tanpa alasan yang jelas.

Jangan lupa untuk membagikan hal ini dengan rekan-rekan dan keluarga Anda. Terima kasih!( spiritegg.com/Julius/Yant)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds