Erabaru.net. Tomoko Wakasugi, atau dikenal sebagai Nenek Tomoko, adalah seorang penulis yang produktif dengan gaya makan shokuyo. Shokuyo adalah gaya hidup yang mirip dengan diet makrobiotik.

Pada 2015, nenek Wakasugi pindah dan menetap kembali di rumah lamanya, meski sudah senja, tapi ia masih sehat walafiat dan segar bugar seperti biasa, penglihatan maupun pendengarannya juga masih awas dan tajam tanpa kacamata dan alat bantu dengar.

Selain itu ia juga berkeliling ke seantero Jepang, mengajar orang-orang memasak dan berbagi rahasia perawatan kesehatan uniknya.

Menurutnya, dengan hidangan “Yi Thang Yi Chai” yakni satu set berupa nasi dengan sup seperti sup miso dan satu jenis lauk atau semangkuk sup dan satu jenis lauk,” setiap kali makan, dapat merawat kesehatan rahim wanita. Dengan perawatan rahim yang baik, bisa meningkatkan kebugaran fisik.

Sup miso adalah masakan berupa sup dengan bahan dasar dashi ditambah isi sup berupa sedikit makanan laut atau sayur-sayuran, dan diberi miso sebagai perasa.

Menurut Tomoko Wakasugi, fisik yang dingin itu dikarenakan salah mengonsumsi makanan. Oleh sebab itu, ia menganjurkan sebaiknya konsumsilah makanan sehari-hari dengan hidangan “semangkuk sup dan satu jenis lauk”.

Selain nasi dan sedikit acar (sayur asin), lainnya cukup dipadukan dengan sejenis sup dan sayuran tumis.

Adapun “semangkuk sup” yang dimaksud Wakasugi disini adalah Sup Miso. Sedangkan “sejenis lauk,” adalah sayuran musiman (sayuran yang tumbuh pada musim tertentu).

Makanan rendah kalori, rendah protein dan rendah lemak tidak akan membebani tubuh, dan dapat membantu memperlancar aliran darah, sehingga rahim tidak mudah terserang penyakit.

Hindari produk susu dan protein hewani

Protein hewani dan produk susu dapat membuat sekresi pada bagian-bagian sensitif wanita meningkat, tidak baik bagi lingkungan rahim. Ditambah lagi dengan tubuh manusia yang tidak mudah untuk mencerna makanan daging dan produk makanan dari hewan, rentan menyebabkan beban kerja tubuh.

Hidup sehat ala Jepang telah di akui dunia. Tak sedikit orang-orang di dunia yang mengikuti sehat ala Jepang. Hidup sehat ala Jepang pun tak harus mengeluarkan uang yang banyak. Karena Jepang melakukan hidup sehatnya bukan pergi untuk nge-gym ataupun dengan makanan-makanan mahal.

Jepang melakukan hidup sehat nya dengan berolahraga ringan di pagi hari seperti, jalan kaki ketika hendak pergi ke kantor/sekolah hingga ke stasuin kereta.

Jepang juga minum air dengan teratur dan di bantu dengan teh hijau yang memiliki khasiat yang baik. Dan yang paling utama dalam kesehatan adalah makanannya, Jepang tidak memakan makanan yang lama di masak (lama di goreng, karena mengurangi gizi).

Sup miso merupakan masakan sangat sederhana yang sangat mudah disiapkan dalam waktu singkat, bahan-bahannya pun hanya berupa kaldu dari katsuobushi, sedikit isi sup, dan miso sebagai perasa. (jhoni/rp)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular