Oleh : Paula Liu

Lautan penuh dengan makhluk yang sangat aneh yang terdapat pada kedalaman yang berbeda di lautan. Saat ombak laut yang kuat dan badai mengaduk laut, maka beberapa makhluk aneh ini akan hanyut ke pantai di seluruh dunia.

Beberapa makhluk hidup di kedalaman 1.200 kaki, di zona mesopelagik, jauh melampaui apa yang telah dijelajahi orang normal, atau bahkan baru saja dijelajahi manusia, dengan ukuran bervariasi dari kecil hingga benar-benar masif.

Gambar-gambar makhluk laut dalam ini yang “tidak biasa” ini telah diposting secara online dan mendapat banyak perhatian dari para netizen baik secara online maupun langsung di tempat tersebut.

Kisah-kisah makhluk merah muda yang aneh dan spesies laut tak dikenal yang berbulu hanyalah permulaan dari kisah-kisah aneh tentang makhluk berwujud “tak biasa” yang tersapu ke pantai.

Sementara beberapa makhluk ada yang diambil oleh penduduk setempat sebagai harta simpanan, dan ada pula beberapa lainnya yang dikirim ke fasilitas penelitian untuk dilakukan penelitian lebih mendalam tentang makhluk-makhluk yang belum dikenal dari lautan.

Berikut adalah deretan makhluk yang cukup spektakuler dan aneh yang telah terdampar di berbagai pantai di dunia sepanjang 2018.

  1. Globster

Salah satu temuan makhluk laut yang paling menyita perhatian sepanjang 2018 ini adalah makhluk seperti “gumpalan raksasa” yang tampak dengan rambut lebat.

Sebuah makhluk misterius tersapu di pantai-pantai Filipina pada Mei 2018, dan orang-orang berbondong-bondong ke pantai San Antonio untuk mengambil foto “makhluk asing” itu, yang akhirnya diberi julukan “Globster.”

Akhirnya dua orang pria menarik makhluk itu keluar dari tepi laut dan menuju pantai, dimana orang-orang benar-benar bingung tentang apa itu sebenarnya. Dengan bantuan dari pejabat setempat, makhluk itu akhirnya dipastikan sebagai bagian dari tubuh paus.

  1. Ikan Kelelawar Berekor Tebal

Makhluk aneh lain ditemukan pada bulan Juni di Pantai Nasional Pulau Padre di Corpus Christi, Texas, AS. Edie Bresler, seorang fotografer, menemukan makhluk itu ketika ia tengah mengamati pantai.

Tidak tahu makhluk apa ini, Bresler lantas mengeluarkan kameranya dan dengan cepat mengambil beberapa gambar ikan aneh itu dan membawanya ke penjaga pantai.

Mereka berdua sama-sama bingungnya.

Bresler mengirimkan foto-foto itu kepada para pejabat terkait, dan mereka memastikan bahwa makhluk yang mereka lihat itu adalah ikan kelelawar berekor tebal (thick-tailed batfish).

Ikan ini berasal dari laut dalam antara 180-360 meter. Ikan-ikan ini menggunakan sirip mereka untuk “berjalan” atau merangkak di dasar laut, dimana mereka memakan cacing, krustasea kecil, dan ikan kecil.

  1. Ubur-ubur Surai Singa

Pada September 2018, gumpalan lain ditemukan di Pantai Pakiri, Selandia Baru. Dan yang lebih mengejutkan, makhluk yang ditemukan ini masih hidup! Seorang pria lokal menemukan makhluk merah muda itu dan mengatakan bahwa makhluk itu masih berkontraksi, mirip seperti gunung berapi.

Belakangan diketahui bahwa spesies itu adalah ubur-ubur surai singa. Spesies ubur-ubur ini benar-benar dapat tumbuh lebih panjang daripada paus biru, dengan tentakelnya yang mencapai 60 meter.

  1. Ubur-ubur Biru

Tidak lama setelah penemuan ubur-ubur surai singa, ubur-ubur yang lebih kecil ditemukan terdampar di pantai-pantai New Jersey, AS, pada Oktober 2018. Ini adalah Ubur-ubur Biru. Mereka tampak lebih kecil daripada makhluk-makhluk aneh lain yang telah terdampar di pantai.

Ubur-ubur Biru memiliki tubuh seperti cakram, dan biasanya berdiameter sekitar 2,5 cm, sehingga sering disebut juga Ubur-ubur Kancing Biru.

Para peneliti membenarkan bahwa mereka memang ubur-ubur biru. Mereka biasanya berada di perairan tropis, namun yang terdampar ini mungkin didorong ke utara oleh angin badai Badai Florence.

  1. New Zealand Rough Skate

Jika ubur-ubur biru itu indah, maka yang terdampar di Canterbury, Selandia Baru, pada November lalu ini tentunya pasti bukan.

Awalnya diyakini sebagai sampah plastik, penduduk lokal yang menemukannya mendapat kejutan ketika dia menemukan bahwa itu bukan sampah yang berserakan di pantai. Kulitnya berduri dan tampak seperti alien dalam sejumlah film.

Belakangan diketahui oleh Lembaga Penelitian Air dan Atmosfer Nasional bahwa makhluk itu adalah New Zealand rough skate. Dinamai rough skate (sepatu luncur kasar) karena sesuai kulitnya yang berduri dan umum terdapat di Canterbury, Selandia Baru.

Makhluk itu dapat tumbuh hingga 1 meter dan biasanya ditemukan di perairan mulai dari 10 meter hingga hampir 1.500 meter.

  1. Sea Squirt

Pada November, sea squirt ditemukan di lepas pantai Maine, AS. Sementara secara resmi disebut Tunicates, sea squirt adalah binatang invertebrata laut. Mereka hanya kadang-kadang saja bergerak, dan mereka diketahui memiliki tubuh seperti tong tempat air mengalir melalui satu ujung dan keluar melalui yang lain — yang merupakan cara mereka makan juga.

Mereka cenderung menempel pada hal-hal di dasar laut, seperti terumbu karang dan rumput laut. Mereka umumnya relatif kecil, rata-rata sekitar 5 centimeter.

Namun, mereka tumbuh cukup cepat dan menyebabkan banyak organisme laut mati, sehingga dapat membahayakan ekosistem lautan secara keseluruhan.

Masih banyak yang ditawarkan lautan — termasuk masih banyak “makhluk aneh” yang berkeliaran di dasar dasar lautan.

Namun seiring berjalannya waktu, semakin banyak makhluk yang akan membanjiri pantai, sehingga memungkinkan para peneliti untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mungkin ada di bawah sana. (OSC/asr)

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds