Oleh Tiffany Meier-The Epochtimes

Seleberiti biasanya dicintai di seluruh dunia. Tetapi di sini ada 10 selebritas terkenal, seperti Justin Bieber, Selena Gomez, dan Lady Gaga, yang telah dilarang masuk ke Tiongkok karena alasan konyol yang bahkan kita sulit percayai.

  1. “A Star is Born” Lady Gaga

Penyanyi pop Amerika Serikat ini dilarang masuk ke Tiongkok setelah dia bertemu dengan Dalai Lama untuk membahas yoga. Pertemuan itu berlangsung di Indianapolis, AS, pada 26 Juni 2016.

Penyanyi / aktris Lady Gaga menghadiri pemutaran perdana “A star is Born” di Los Angeles, California, 24 September 2018. (Valerie Macon / AFP / Getty Images)

Pelantun lagu “Poker Face” itu memosting pertemuan tersebut di akun Facebook dan Instagram-nya.

Rezim Komunis Tiongkok bukanlah penggemar Dalai Lama dan tidak senang melihat pertemuan di antara keduanya.

Komunis Tiongkok segera memblokir semua lagunya, dan mengharuskan semua media dan seluruh jaringan di Daratan Tiongkok untuk berhenti memutar dan mengunggah semua musik Lady Gaga secara real time, menurut surat kabar AppleDaily, Hong Kong.

Lady Gaga bukanlah satu-satunya selebriti yang berinteraksi dengan Dalai Lama dan menempatkannya di dalam daftar hitam oleh Komunis Tiongkok.

  1. Aktris “Wizards of Waverly Place” Selena Gomez

Mantan bintang Disney itu bertemu dengan Dalai Lama di acara “We Day Vancouver” 2014.

Selena Gomez menghadiri Hari WE di California, 19 April 2018. (Matt Winkelmeyer / Getty Images)

Bintang Hotel Transylvania tidak merasakan efeknya sampai dua tahun kemudian ketika tanggal tur Revival-nya untuk Tiongkok secara misterius menghilang dari situs webnya.

  1. Pelantun “Living on a Prayer” Bon Jovi

Band asal New Jersey, AS, pelantun lagu Living on a Prayer ini terpaksa membatalkan konser mereka di Tiongkok selama tur dunia mereka pada September 2015.

Jon Bon Jovi tampil di Gala Tahunan ke-4 DKMS di New York, 29 April 2010. (Bryan Bedder / Getty Images)

Padahal itu seharusnya akan menjadi konser pertama mereka di Tiongkok.

Pada Agustus 2015, Jon Bon Jovi bahkan bernyanyi dalam bahasa Mandarin membawakan lagu “Moon Represents My Heart,” sebagai “hadiah khusus untuk penggemar Tiongkok” sebelum tanggal pertunjukan, menurut The Guardian.

Larangan itu dilaporkan karena mereka menggunakan gambar Dalai Lama pada 2010 saat konser di Taiwan.

  1. Pelantun “Moves Like Jagger” Band Maroon 5

Bahkan tweet ulang tahun yang tampaknya tidak berbahaya dapat membuat Anda diblokir.

Itulah yang terjadi pada Maroon 5.

Adam Levine dari Maroon 5 tampil di atas panggung selama Grammy di Los Angeles, 27 Januari 2014 (Kevin Winter / Getty Images)

Konser 2015 mereka di Tiongkok dibatalkan setelah anggota band Jesse Carmichael mengirimkan tweet yang mengucapkan selamat ulang tahun kepada Dalai Lama.

“Untuk setiap artis yang ingin tampil di Tiongkok, para pejabat menyisir media sosial mereka dan laporan pers untuk melihat apakah mereka telah melakukan sesuatu yang dianggap menyinggung negara,” menurut PageSix.

  1. Aktor “Fight Club” Brad Pitt

Bahkan hubungan fiktif dengan Dalai Lama dapat membuat Anda dilarang. Brad Pitt mengalami hal itu setelah perannya sebagai pelatih Dalai Lama dalam film Seven Years in Tibet pada 1997

Brad Pitt menghadiri festival film Cannes untuk pemutaran perdana Inglorious Bastards di Prancis, 20 Mei 2009. (Francois Durand / Getty Images)

Dia dilarang masuk ke Tiongkok selama lebih dari 15 tahun.

Namun larangan untuk Brad Pitt tersebut dicabut baru-baru ini pada 2014 ketika ia mengunjungi Shanghai bersama istrinya, Angelina Jolie, yang mempromosikan film barunya “Maleficent.”

  1. Band Pelantun “In the End” Linkin Park

Band populer ini dilarang masuk RRT pada 2011 dikarenakan foto anggota band dengan Dalai Lama di sebuah konferensi di California, AS.

Linkin Park Chester Bennington tampil selama dua malam konser ‘SPF’ CBS Radio di Las Vegas, Nevada, 19 Mei 2017. (Isaac Brekken / Getty Images)

Sebelum itu, Linkin Park sempat tampil di Tiongkok pada 2009 ketika band itu mempromosikan album “New Divide.”

Larangan dicabut empat tahun kemudian ketika Linkin Park tampil di Tiongkok pada 2015. Namun, band ini harus menyerahkan daftar lagu terlebih dahulu untuk pra-persetujuan dan terdapat beberapa lagu yang disensor.

  1. Aktor “Blade Runner” Harrison Ford

Aktor pemeran Blade Runner dan Star Wars ini telah dilarang sejak 1990-an.

Harrison Ford dilarang masuk ke Tiongkok setelah memberikan kesaksian di Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS pada 1995 untuk mendukung Tibet yang independen.

Harrison Ford di Festival Film Internasional Cannes ke-61 di Cannes, 18 Mei 2008. (Pascal Le Segretain / Getty Images)

Ia terlibat dalam masalah-masalah Tibet pada 1992 ketika istrinya, Melissa Matheson, bekerja dengan sutradara Martin Scorsese pada naskah untuk film Kundun, yang menampilkan kisah fiktif tentang Dalai Lama.

Ketiganya akhirnya dilarang masuk ke Tiongkok.

Layaknya “Indiana Jones” dalam kehidupan nyata, Ford masih merupakan advokat aktif untuk Tibet, dan tidak membiarkan pemerintah otoriter rezim komunis Tiongkok menghalangi jalannya.

  1. Penyanyi “California Gurls” Katy Perry

Tidak setiap larangan terkait dengan Tibet atau Dalai Lama. Katy Perry dilaporkan dilarang masuk ke RRT tanpa batas waktu.

Karena itu ia tidak dapat tampil di Fashion Show Victoria Secret pada 2017 di Shanghai.

Penyanyi AS Katy Perry mengenakan bendera nasional Taiwan di Taipei, 30 April 2015. (Sam Yeh / AFP / Getty Images)

Pemerintah PKT mengamati sebuah insiden pada 2015, dimana penyanyi lagu Fireworks ini mengenakan gaun yang cerah dan berkilauan dengan motif bunga matahari selama pertunjukan di Taiwan, dan mengibarkan bendera Taiwan di atas bahunya, menurut PageSix.

Bunga matahari dilaporkan telah digunakan oleh pemrotes anti-PKT pada tahun sebelumnya.

Pejabat PKT melihatnya sebagai isyarat politis dan mengeluarkan larangan terhadapnya.

  1. Penyanyi “Bad Blood” Taylor Swift

Taylor Swift melarang dirinya sendiri dari Tiongkok.

Dalam konfliknya dengan Spotify atas debat musik gratis, penyanyi  itu bersikeras agar albumnya “1989” dihapus dari semua situs freemium, termasuk RRT.

Penyanyi AS Taylor Swift tiba di American Music Awards 2018 di Los Angeles, pada 9 Oktober 2018 (Valerie Macon / AFP / Getty Images)

Tidak ada pernyataan resmi yang dikeluarkan ketika semua musiknya tiba-tiba menghilang dan penggemar dibiarkan bingung dan kesal, menurut Outdustry.

“Ketika saya menemukan bahwa musiknya telah dihapus, saya patah hati,” kata Li Zhiyi, seorang siswa SMA Beijing.

  1. Pelantun “Believe” Justin Bieber 

Tampaknya pihak berwenang Tiongkok bukanlah Beliebers (julukan bagi fans Bieber). Meskipun Justin Bieber tidak memiliki hubungan apapun dengan Tibet, Dalai Lama, atau Taiwan, penyanyi lagu Sorry itu dilarang memasuki Tiongkok pada 2017 karena deretan perilaku buruk yang pernah ia lakukan.

Justin Bieber tampil di 02 Arena di London, Inggris, 4 Maret 2013. (Jim Dyson / Getty Images)

Biro budaya Beijing menjelaskan: “Justin Bieber adalah penyanyi yang berbakat, tetapi ia juga seorang penyanyi asing muda yang kontroversial. Sejauh yang kami ketahui, ia telah terlibat dalam serangkaian perilaku buruk.” (OSC/asr)

Artikel Ini Terbit di Theepochtimes.com dengan judul  Justin Bieber and Lady Gaga Banned in China: They Aren’t the Only Ones

Share

Video Popular