Erabaru.net. Melihat jalan layang tentu sudah menjadi pemandangan biasa. Tapi jangan kaget saat Anda melihat jalan layang di Kota Chongqing, Tiongkok. Anda pasti akan bingung melihat banyaknya jalan layang yang saling tumpang tindih.

Jalan layang yang dimaksud ini adalah Chongqing Huangjuewan Overpass yang selesai dibangun tahun 2016 lalu.

Jalan layang ini terletak di antara Sungai Yangtze dan Nanshan Chongqing, persimpangan jalan layang ini seketika menjadi jembatan yang paling rumit di dunia!

Jalan layang yang serba membingungkan ini bahkan membuat pengemudi senior saja angkat dan mengeluh. “Salah jalur sama dengan tour keliling sepanjang hari di Chongqing.” katanya sambil mendesah.

Chongqing di Tiongkok ini adalah kota pegunungan, karena dikelilingi perbukitan dan pegunungan, jadi jalurnya harus dirancang sesuai dengan kondisi alam di sana, sehingga membentuk persimpangan jalan layang seperti yang disaksikan sekarang.

Ada dua sebutan lainnya di Chongqing, yaitu “Kota Kabut” dan “Kota Jembatan”, yang banyak berhubungan dengan Chongqing Huangjuewan overpass, karena banyak pengemudi yang secara tidak sadar kehilangan arah saat melaju di jalan layang yang serba membingungkan itu.

(Foto: video screenshot)

Coa perhatikan lebih seksama jalan layang ini. Jalan naik seketika kemudian turun lagi di detik berikutnya, bahkan arah jalan ke depan pun menghilang tanpa sadar saat melaju. Selain itu, jalannya juga berkelok-kelok dan banyak tikungan, serasa berjalan melayang di atas awan jika naik bus !

(Foto: Sichuan Vocational and Technical College)

Rumitnya jalan layang ini karena merupakan jalur cepat yang menghubungkan pusat kota, bandara, dan jalan tol. Setiap ramp mengantar pengguna jalan ke zona berbeda.

(Foto: Sichuan Vocational and Technical College)

Chongqing Huangjuewan Overpass yang unik dan membingungkan ini memiliki 15 jalur bertingkat lima dan menuju ke delapan arah yang berbeda.

Jalur yang bertingkat-tingkat dan bersilang-silang ini memberi kesan seperti spaghetti yang melingkar-lingkar, membuat pusing mata orang yang melihatnya.

Batas kecepatan di jalur utama 60 kilometer dan 40 km di jalur ramp (jalan penghubung pada jalan tol)

Oleh karena itu, Chongqing Huangjuewan Overpass ini dikenal sebagai flyover yang paling kompleks dan rumit sekaligus terbesar di Chongqing!

(Foto: geely.com)

Banyak pengemudi khawatir tersesat di jalan layang Huangjuewan, meski menggunakan GPS sekali pun juga akan nyasar.

(Foto: Sichuan Vocational and Technical College)

Namun, jika salah jalan, selama Anda mengemudi sekitar 500 atau 600 meter di sepanjang jalan tersebut, akan ada area untuk menuju ke jalur yang diinginkan bagi pengemudi untuk berbalik.

Cukup ikuti tanda dan Anda akan keluar dari jalan layang tersebut dalam waktu sekitar 1 menit.

Netizen banyak yang yakin pasti akan tersesat, walau sudah memakai bantuan GPS.

“GPS Mobil: ‘Saya hanya bisa membawa Anda sejauh ini. Sisanya terserah Anda’,” kata seorang netizen.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds