Erabaru.net. Selain wajahnya yang ganteng dan aktingnya yang luar biasa, tidak banyak yang menyadari kehidupan pribadi Leonardo DiCaprio. Dia selalu dikenal sebagai pencinta lingkungan dan pendorong yang penuh semangat untuk masalah lingkungan, tetapi pemenang Academy Awards ini telah menunjukkan bahwa kepeduliannya terhadap dunia ini berada pada tingkat yang berbeda karena dia telah menyumbangkan lebih dari 100 Juta dollar (sekitar 1,4 triliun rupiah) untuk memerangi perubahan iklim.

Aktor berusia 45 tahun ini mendapatkan ketenaran internasional sebagai Jack Dawson dalam film epik percintaan Titanic pada tahun 1997, yang kemudian menjadi film terlaris sepanjang masa.

Setahun kemudian, ia mendirikan Yayasan Leonardo DiCaprio (LDF) pada Hari Bumi 1998 dengan misi melindungi tempat-tempat liar terakhir di dunia dan menerapkan solusi untuk membantu memulihkan keseimbangan ekosistem yang terancam.

Dia baru berusia 24 tahun ketika mendirikan yayasannya.

Selama bertahun-tahun, DiCaprio aktif melanjutkan partisipasinya dalam bidang ini dan mengepalai perayaan Hari Bumi nasional pada tahun 2000. Dia harus mewawancarai Presiden AS ketika itu, Bill Clinton dan mereka membahas rencana untuk menghadapi pemanasan global dan lingkungan.

Berkat keterlibatan aktifnya dalam masalah ini, DiCaprio telah mendapatkan pujian tinggi dari berbagai kelompok lingkungan dan menerima beberapa penghargaan. Di antaranya adalah Penghargaan Lingkungan Martin Litton yang diterima pada tahun 2001 dari Environment Now dan Kepemimpinan Lingkungan pada tahun 2003 dari Global Green USA.

DiCaprio aktif berpartisipasi dalam melestarikan dunia di usia muda.

Rencana DiCaprio untuk menyelamatkan Bumi tidak berhenti hanya dengan aktivitas-aktivitas ini tetapi dia menggabungkannya di bidang yang dia geluti — akting. Pada 2007, bintang Wolf of Wall Street ini menulis dan juga memproduksi film ‘The 11th Hour’, sebuah film dokumenter tentang hubungan manusia dengan alam dan pemanasan global.

Upaya DiCaprio untuk lingkungan dan margasatwa berlanjut ketika ia menyumbangkan 1 juta dollar (sekitar 14 miliar rupiah) kepada Wildlife Conservation Society di KTT Harimau Rusia pada November 2010. Bintang Revenant kemudian dinominasikan untuk VH1 Do Something Award — penghargaan yang menghormati orang-orang yang berbuat baik di tahun yang sama. (2010) untuk pekerjaan lingkungannya.

DiCaprio menerima pujian atas upayanya yang tak berkesudahan untuk menyelamatkan lingkungan.

Pemenang penghargaan Golden Globe ini kemudian bergabung dengan kampanye Animal Defense Defense Fund untuk membebaskan Tony, seekor harimau yang telah menghabiskan dekade terakhir di Halte Truk Tiger di Grosse Tete, Louisiana pada 2011.

Selain pekerjaan lingkungan dan memproduksi film dokumenter, DiCaprio menyelenggarakan lelang seni ‘11th Hour’ pada 2013 dan mengumpulkan hampir 40 Juta dollar (sekietar 561 miliar rupiah) untuk yayasannya. Secara mengesankan, ini menjadi acara amal lingkungan terlaris di dunia yang pernah diadakan!

Satu hal luar biasa yang dia sampaikan kepada para hadirin di pelelangan— “Tawar seolah nasib planet ini bergantung pada kita.”

Pada tahun 2014, peran DiCaprio dalam melindungi lingkungan naik pada tingkat lain saat ia ditunjuk sebagai perwakilan PBB untuk perubahan iklim. Dia juga membuat pernyataan pembukaan pada anggota KTT Iklim PBB akhir tahun itu.

Menjadi seorang vegetarian, DiCaprio mendukung film dokumenter yang disebut ‘Cowspiracy’ dan membantu film dokumenter itu dirilis di Netflix dengan mengambil peran sebagai produser eksekutif. ‘Cowspiracy’ adalah film dokumenter yang mengeksplorasi dampak dari peternakan hewan terhadap lingkungan dan menyelidiki kebijakan organisasi lingkungan tentang masalah ini.

DiCaprio juga menjadi produser eksekutif dan muncul di ‘Before the Flood’, sebuah film dokumenter tahun 2016 yang meneliti berbagai aspek pemanasan global. Dia juga berbicara lagi di PBB pada April 2016 sebelum penandatanganan Perjanjian Perubahan Iklim Paris.

Yang paling penting, dia juga berbicara tentang perubahan iklim dalam pidato penerimaan Penghargaan Oscar, sebagai Aktor Terbaik.  Bicara tentang pengabdian!

“Perubahan iklim itu nyata, sedang terjadi saat ini. Ini adalah ancaman paling mendesak yang dihadapi seluruh spesies kita dan kita perlu bekerja bersama dan berhenti menunda-nunda. Kita perlu mendukung para pemimpin di seluruh dunia yang tidak berbicara untuk para pencemar besar, tetapi yang berbicara untuk semua umat manusia, untuk masyarakat adat di dunia, untuk miliaran dan miliaran orang-orang yang kurang mampu di luar sana yang akan paling terpengaruh oleh ini. . Untuk anak-anak anak-anak kita, dan untuk orang-orang di luar sana yang suaranya telah ditenggelamkan oleh politik keserakahan, ”kata DiCaprio dalam pidato penerimaannya.

Dedikasi DiCaprio terhadap lingkungan juga merupakan dorongan yang membuatnya melakukan perjalanan ke Indonesia pada awal 2016 dan mengkritik metode tebang danbakar industri minyak sawit. Selama pidatonya di World Economic Forum 2016 di Davos, Swiss, DiCaprio mengumumkan bahwa yayasannya akan memberikan lebih dari 15 Juta dollar (210 miliar rupiah )untuk proyek-proyek pelestarian dan konservasi yang canggih dan cepat di seluruh dunia.

DiCaprio bersama dengan komunitas adat.

Hibahnya mendukung berbagai proyek termasuk melindungi spesies yang terancam punah dan memberdayakan masyarakat adat untuk melawan perambahan perusahaan atas tanah mereka. Jika jumlahnya terdengar familier, Fast Company melaporkan bahwa itu kemungkinan besar karena DiCaprio juga memberikan 15 juta dollar lagi untuk upaya konservasi global pada bulan Juli di tahun yang sama.

DiCaprio sangat konsisten dalam upayanya menyelamatkan Bumi.

WASHINGTON, DC – JUNE 17: Actor Leonardo DiCaprio speaks during the second and the final day of the “Our Ocean” conference June 17, 2014 at the State Department in Washington, DC. The two-day conference was focused on “sustainable fisheries, marine pollution, and ocean acidification.” (Photo by Alex Wong/Getty Images)

Upaya DiCaprio akan kuat pada 2017 ketika yayasannya mengadakan lelang amal dan konser selebriti, mengumpulkan lebih dari 30 juta dollar (420 miliar rupiah) pada hari-hari pembukaannya. Tahun lalu pada tahun 2018, DiCaprio merayakan hari ulang tahunnya yang ke-44 dan menyelenggarakan perayaan ulang tahun ke-20 yayasannya.

Dua dekade setelah pendirian, LDF telah mendukung lebih dari 200 proyek yang berfokus lingkungan di seluruh dunia.

DiCaprio juga mengumumkan dana hibah baru senilai 11 juta dollar di masing-masing dari enam area program yayasan – Konservasi Hutan, Konservasi Lautan, Perubahan Iklim, Hak Adat, Mentransformasi California, dan Solusi Inovatif.

Dengan dana ini, itu telah membawa total dampak finansial yayasan menjadi lebih dari 100 juta dollar AS (1,4 triliun rupiah) , pencapaian yang mengejutkan tercermin dalam sejumlah proyek ambisius yang didukung oleh LDF.

DiCaprio bergabung dengan pakar simpanse terkemuka dunia, Dr. Jane Goodall untuk mengeluarkan pakaian yang bermanfaat bagi konservasi kera.

“Ketika saya mendirikan LDF 20 tahun yang lalu, saya melakukannya berdasarkan ide sederhana bahwa kita dapat membuat perbedaan nyata dengan secara langsung mendanai beberapa proyek lingkungan yang paling efektif – apakah itu individu, gerakan akar rumput atau organisasi nirlaba besar, kami ingin fokus untuk mendapatkan pendanaan kritis bagi mereka yang bisa memiliki dampak terbesar. Kami sangat bangga merayakan 20 tahun model ini. ”

“Sejak tahun 1998, kami telah mendukung lebih dari 200 proyek di setiap benua dan di setiap lautan dari konservasi habitat dan spesies, energi terbarukan, perubahan iklim, hak masyarakat adat, dan banyak lagi. Saya senang mengumumkan hibah baru senilai 11 juta dollar di enam area program kami, sehingga total dampak keuangan LDF menjadi lebih dari 100 juta dollar. ”

DiCaprio berusaha mengatasi perubahan iklim dari setiap sudut dan celah.

Suatu prestasi yang membanggakan, semua untuk masa depan lingkungan kita!(yant)

Sumber: Goodtimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular