Erabaru.net. Banyak cara dan usaha yang dilakukan individu dalam usaha mendapatkan tubuh yang ideal. Diet, pergi ke Gym dan banyak cara pun dilakukan. Namun,  sebenarnya berjalan kaki pun sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Lalu berapa jauh jarak yang harus ditempuh untuk menurunkan berat badan?

Berapa banyak kalori yang bisa Anda bakar dengan berjalan, tergantung pada dua faktor: kecepatan berjalan dan berat badan tubuh Anda. Jika Anda berjalan dengan kecepatan rata-rata 6,5 km/jam Anda akan membakar 400 kalori dalam satu jam.

Namun, Anda tidak hanya harus berjalan 6,5 km per hari. Anda bisa berjalan lebih jauh 4,8 km lagi dan membakar 300 kalori tambahan.

Yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan jadwal dan terkadang Anda boleh berjalan di jarak yang lebih pendek juga.

Pedometer untuk penurunan berat badan

Anda sebaiknya membeli sebuah pedometer, atau gelang yang bisa secara otomatis menghitung aktivitas sehari-hari; langkah yang diambil, kalori yang dibakar, tangga yang dinaiki, jarak yang ditempuh dan jumlah jam tidur. Sebuah pedometer adalah alat yang sangat berguna yang Anda kenakan di atas paha atau tepat di atas lutut. Itu adalah alat kecil yang tidak berat dan bisa membantu Anda setidaknya dalam tiga hal, namun hal yang terbaik tentang pedometer adalah alat itu bisa memberitahu berapa banyak langkah yang Anda ambil dalam sehari itu.

Anda akan tahu berapa jarak yang sudah Anda tempuh dalam sehari, jadi Anda akan tahu berapa banyak kalori lagi yang harus Anda bakar di hari itu, dan berapa banyak lagi ekstra kalori yang harus Anda bakar. Juga, Anda akan tahu berapa langkah lagi yang harus Anda ambil untuk melihat perubahan angka di timbangan Anda.

Berapa langkah yang harus Anda ambil untuk menurunkan berat badan?

Pedometer akan memberitahu Anda berapa km yang telah Anda jalani dan berapa banyak kalori yang telah Anda bakar di hari itu. Anda tidak perlu menambah latihan  lain, yang Anda perlukan hanya menambah langkah yang harus Anda ambil dalam aktivitas sehari-hari.

  • 1,6 km = 2.000 langkah dan 100 kalori terbakar
  • 0,5 kg – 3.500 kalori
  • Jika Anda ingin mengurangi berat badan 0,5 kg seminggu = Anda harus membakar 500 kalori per hari.

Berikut adalah beberapa tip untuk menambah langkah jika Anda memiliki jadwal yang sibuk, dan jika 10.000 langkah sehari sepertinya terlalu banyak bagi Anda:

  • Gunakan tangga, jangan gunakan elevator.
  • Berjalan kakilah ke tempat kerja/ sekolah Anda, atau rumah, atau restoran, daripada menggunakan mobil, jika jaraknya tidak terlalu jauh.
  • Parkir mobil anda lebih jauh dari biasanya, dari tempat tujuan Anda.
  • Jika mungkin, naik/ turunlah satu halte/ stasiun lebih jauh dari tempat biasanya Anda menggunakan bus/ kereta.

Bagaimana membuatnya menjadi lebih menartik

Hal ini bisa menjadi rutinitas yang sangat membosankan jika Anda mengambil rute yang sama setiap hari, di waktu yang juga sama. Rubah rutinitas Anda, berjalanlah melewati jalan yang berbeda setiap hari, lewati tempat-tempat yang berbeda, kunjungi tetangga-tetangga yang berbeda, lewatilah taman , atau berjalanlah sambil mendengarkan musik, hal itu akan memberi tenaga dan motivasi untuk menyelesaikan apa yang sudah Anda buat. Undang beberapa anggota keluarga atau teman untuk ikut berjalan. Anda juga bisa membeli alat treadmill untuk digunakan di rumah, dan menonton film favorit sambil berjalan kaki.

Semua orang tahyu bahwa berjalan sangat baik bagi mereka, namun banyak orang semakin lama semakin berkurang hasrat untuk berjalan kakinya,  karena lama kelamaan hal itu sudah menjadi rutinitas yang membosankan.

Seberapa Sering Anda Harus Berjalan?

Pertama, Anda harus bertanya kepada dokter untuk beberapa nasehat jika Anda berniat untuk mulai berjalan setiap hari, untuk menentukan apakah Anda cukup sehat untuk melakukan aktivitas ini. Setelah dokter Anda menyetujui, Anda bisa mulai dengan berjalan sebanyak tiga hari dalam seminggu, selama 15-20 menit. Tentukan tujuan baru setiap minggu, selangkah demi selangkah, sampai Anda mampu berjalan 30-60 menit setiap hari.

Anda akan melihat bahwa ini adalah cara terbaik dan termurah untuk mengurangi berat badan Anda, tanpa perlu mengikuti program diet apa pun. (spiritegg.com/Julius/Yant)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular