Erabaru.net. Hubungan antara manusia terkadang akan ada beberapa hal yang tidak menyenangkan. Dengan hati yang toleransi menghadapinya dapat mengobati dan menyembuhkan perpecahan diantara manusia, jika dihadapi dengan hati balas dendam, akan menyebabkan kerusakan hubungan yang lebih parah.

Beberapa waktu lalu, ada seorang rekan karena meminta bantuan saya, sangat baik terhadap saya, tetapi setelah permintaannya tercapai dia seakan-akan tidak mengenal saya.

Pada awalnya saya sangat marah, saya merasa jenis orang tersebut tidak dapat dijadikan teman, dan bahkan ada gagasan untuk balas dendam, jika kelak dia meminta bantuan saya lagi, maka saya akan sengaja mempersulitnya.

Ide ini tentu saja tidak baik. Segera saya menyadari dan berusaha dengan pendekatan yang berlawanan menghadapinya, yaitu dengan hati yang toleran memperlakukannya. Tidak hanya demi kebaikan dirinya, juga demi diri saya sendiri yang berprinsip melakukan hal-hal yang baik.

Saya seperti dahulu, dengan sikap tulus memperlakukannya, tidak peduli bagaimana dia berperilaku tidak ramah terhadap saya, tidak mengubah sikap saya terhadapnya.

Mungkin ketulusan saya menyentuhnya, setelah beberapa waktu kemudian, hubungan kami perlahan-lahan mulai menjadi baik, sampai dia melepaskan semua sikap permusuhannya, dan memperlakukan saya dengan sikap ramah .

Saya mencoba memikirkan tentang hal ini, mungkin sejak awal, ada hal tertentu yang dia tidak puas terhadap sikap saya, sehingga dia memperlakukan saya dengan demikian, itu semua adalah kesalahan saya sendiri.

Dahulu saya adalah seorang yang sangat keras kepala dan tidak ramah. Setelah saya mengubah sikap saya, perlahan-lahan membuat sikap lawan juga berubah.

Ketika kita dengan ketulusan dan kebaikan memperlakukan orang lain yang tidak ramah terhadap kita, dengan perasaan tulus, pada sautu hari pihak lain akan mengubah persepsinya terhadap kita, juga akan dengan hati yang tulus untuk memperlakukan kita, mungkin ini adalah “menanam buah baik akan menuai hal yang baik.” (chris/rp)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds