Erabaru.net. Seorang wanita di tengara Tiongkok mengalami mimpi buruk ketika dia menyadari dia tidak bisa lagi mendengar suara pria.

Wanita itu, yang diidentifikasi sebagai Chen, pergi tidur dengan mual dan berdenging di telinganya, dia percaya bahwa tidur yang nyenyak bisa meringankan rasa sakitnya.

Tetapi ia merasa takut, Chen, yang tidur di sebelah pacarnya, tidak dapat mendengarkan suara pacarnya keesokan paginya.

Dia kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat di kota asalnya, Xiamen, Provinsi Fujian.

Di Rumah Sakit Qianpu, Chen menemukan bahwa dia hanya bisa mendengar suara wanita, QQ melaporkan.

Spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) Dr. Lin Xiaoqing, seorang doker wanita, mengatakan kepada wartawan,: “Dia bisa mendengar saya ketika saya berbicara dengannya, tetapi ketika seorang pasien pria muda berjalan, dia tidak bisa mendengarnya sama sekali.”

Lin mendiagnosis Chen dengan reverse-slope hearing loss (RSHL), suatu kondisi yang jarang di mana pasien hanya dapat mendengar suara frekuensi tinggi.

Juga dikenal sebagai gangguan pendengaran frekuensi rendah, dilaporkan hanya mempengaruhi satu dari 12.000 orang, dengan sekitar 3.000 penderita di AS dan Kanada, menurut klinik audiologi, Audiology, Inc.

Genetika dominan menyebabkan RSHL, tetapi kondisi tertentu seperti penyakit Ménière, infeksi virus, dan kehilangan pendengaran yang tiba-tiba juga dapat menyebabkannya.

Namun, perubahan tekanan endolymph – cairan di telinga bagian dalam – serta stres, cedera dan masalah pembuluh darah dapat berkontribusi pada pengembangan RSHL.

Pasien dengan RSHL tidak dapat mendengar suara frekuensi rendah seperti deru guntur, dengung suara kulkas dan bahkan mobil mendekat, yang mana itu bisa berbahaya.

Untungnya, kondisinya dapat pulih ketika terdeteksi segera, kadang-kadang bahkan tanpa obat.

Audiolog Dr. Michelle Kraskin mengatakan kepada Live Science, “Kebanyakan penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda mendeteksinya dalam waktu 48 jam, Anda memiliki peluang terbaik untuk pemulihan.”

Dr. Lin, yang menyalahkan stres dan kurang tidur penyebab gangguan pendengaran Chen, mengharapkan pasiennya pulih sepenuhnya.(yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular