Erabaru.net. Banyak dari kita terjebak di dalam pola makan lama dan sudah mendarah daging. Kita bahkan mungkin tidak menyadari pola tersebut, namun kita mengetahui bahwa kita ingin menjadi lebih sehat atau lebih ramping, namun menemui kesulitan untuk membuat perubahan pola makan dan tidak mengetahui bagaimana harus berubah.

Tampaknya seperti ada banyak rintangan. Tetapi dengan menyadari bahwa mereka adalah kuncinya, kita dapat membicarakan beberapa solusi, dan bagaimana cara menggoyahkan pola makan kita yang lama.

Menggoyahkan pola makan

Biasanya saya adalah penggemar perubahan yang lamban, tapi akhir-akhir ini saya menyadari bahwa akan sangat membantu untuk memberikan sebuah “guncangan” yang bagus pada pola makan kita.

Bagaimana kita melakukannya? Dengan membuat sebuah garis panduan.

Inilah yang saya maksud: ketika bermeditasi, cobalah pusatkan perhatian pada napas … akan tampak sangat jelas ketika perhatian kita mengembara ke suatu rangkaian pemikiran. Tanpa garis yang digambar di atas pasir (berusaha tetap memperhatikan napas), akan sulit untuk memperhatikan pola mental ketidaksabaran, frustrasi, kekerasan, tenggelam dalam angan-angan sendiri, rasionalisasi dan lain-lain. Napas adalah garis yang coba kita patuhi dan garis tersebut membantu kita melihat apa yang sedang terjadi.

Jadi buatlah garis panduan pada pola makan.

Saya sarankan agar membuat “garis” Anda menjadi sebuah rencana menu makanan dan cobalah untuk bertahan selama satu bulan.

Dengan mengikuti rencana tersebut, akan menjadi sangat jelas saat Anda makan atau makan sepiring kudapan ringan sore atau sarapan roti dan secangkir latte. Pola makan Anda mulai menjadi jelas.

Dan ketika Anda benar-benar dapat mengikuti rencana makan tersebut, maka pola makan yang lama mulai berantakan. Anda menyadarinya, tapi tidak lagi memperhatikannya. Anda mulai membebaskan diri.

Inilah yang saya rekomendasikan:

  • Buatlah rencana menu makanan yang sederhana dan sehat: Pilih sarapan yang sehat, makan siang sehat, makan malam sehat, satu atau dua makanan ringan yang sehat. Masukkan ke dalam pelacak makanan online untuk melihat bagaimana kalori bertambah (saya mematok 250-500 kalori di bawah tingkat perawatan saya, untuk menurunkan berat badan). Jaga agar tetap sederhana dan mudah disiapkan, berdasarkan hampir seluruhnya makanan sehat, bukan makanan olahan (makanan kaleng, siap saji atau instan). Sekali lagi, sayuran, polong-polongan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan. Selain itu, saya memilih satu makanan sehat dan memakannya untuk makan siang dan makan malam, setiap malam dalam seminggu, selalu menjaga agar tetap sederhana.
  • Merencanakan makanan kegemaran: Jangan membuatnya menjadi korban – termasuk makanan bergizi yang lezat, termasuk kegemaran terhadap cokelat hitam, anggur merah , kopi, beri atau teh. Dan sertakan beberapa makanan gratis setiap minggunya (jangan berlebihan, cukup makan sedikit tapi apa pun yang Anda sukai).
  • Tahan selama sebulan, beri waktu untuk berubah: Tantang diri Anda untuk tetap mengikuti rencana makan (dengan dua makanan gratis per minggu) selama sebulan. Ini akan memberi waktu bagi pikiran dan tubuh Anda untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru.
  • Membersihkan lingkungan: Jauhkan sampah dari rumah Anda. Miliki alternatif yang sehat untuk kenyamanan Anda, seperti buah bukan permen, popcorn atau wortel segar, bukan keripik.
  • Siapkan untuk memudahkan: Jika Anda makan siang yang sama setiap hari dan makan malam yang sama setiap hari, persiapkan terlebih dahulu agar mudah makan saat makan.
  • Miliki strategi untuk restoran dan undangan makan sosial: Jika Anda harus keluar, buatlah makanan gratis Anda (ingatlah makan secukupnya) atau rencanakan makanan apa yang akan Anda makan.
  • Beri diri Anda waktu untuk menyesuaikan diri dengan makanan baru: Jika Anda tidak menyukai rasa sayuran pada awalnya, biarkan diri Anda memakannya setiap hari selama seminggu. Anda akan mulai menyukainya.

Jadi begitulah rencananya, buatlah rencana menu makanan sederhana dan sehat, lalu tempelkan setiap hari selama sebulan (dengan dua makanan bebas sehari). Bersihkan lingkungan makanan Anda, jangan membuatnya menjadi super pengorbanan. Ya, ini agak membosankan. Tapi jika Anda memberontak terhadap hal itu, itu menunjukkan Anda membutuhkan sedikit kejutan dalam makanan Anda ! Tapi sebenarnya itu bukan sesuatu yang perlu kita dapatkan dari makanan – ini bukan hiburan, ini makanan.

Anda akan mulai melihat pola makan Anda jika mencoba rencana ini. Anda akan sangat menyadari pada apa yang Anda lawan, apa kegagalan Anda (mengapa), dan Anda akan dapat memusatkan perhatian pada hal tersebut dan menjadi lebih baik pada mereka.

 Menemukan alternatif segar

Apa yang terjadi bila bulan sudah berakhir? Haruskah kita tetap mengikuti rencana makan selamanya? Tidak, tapi sekarang kita bisa melangkah keluar dari pola lama kita dan memilih alternatif baru.

Seperti apa? Beberapa ide untuk alternatif pola lama kita :

  • Rencanakan makanan sehat selama seminggu.
  • Makan alternatif yang lebih sehat untuk makanan ringan lama kita.
  • Mengubah lingkungan makanan agar lebih kondusif bagi kesehatan.
  • Mengubah acara makan sosialita kita menjadi sedikit lebih sehat.
  • Temukan cara lain untuk mengatasi stres (meditasi!), hibur diri kita sendiri (berjalan-jalan, mandi, minum teh), bersosialisasi (mendaki, rekreasi).
  • Sesuaikan dengan makanan sehat baru dan temukan kegembiraan dalam kelezatan nutrisi.
  • Melepaskan rasa malu seputar makanan dan sebaliknya pandanglah sebagai makanan nutrisi.

Saya tidak akan memberi tahu alternatif apa yang harus Anda pilih, namun hanya menyarankan Anda membiarkan diri beberapa waktu untuk merenungkan bagaimana hidup yang Anda inginkan.

Alternatif segar tersedia begitu kita menyoroti pola lama kita dan melepaskan diri darinya. (Leo Babauta/Ajg)

VIDEO REKOMENDASI

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular