Erabaru.net. Setiap orang pasti pernah mengalami kesulitan dalam hidupnya, dan saat ditimpa nasib buruk, rasanya ingin melampiaskannya kepada orang lain. Tapi, mungkin semua ini merupakan ujian dari-Nya. Selama kita tulus, baik hati dan sabar, Tuhan pasti akan membantu kita.

Awalnya, Surya terlahir dalam keluarga berada, namun, saat usia 7 tahun, ayahnya mengalami kecelakaan lalu lintas dan meninggal. Sejak itu, ia dibesarkan ibunya seorang diri.

Untuk mencukupi biaya hidup, ibunya harus banting tulang dari pagi sampai malam. Untungnya, masih ada uang asuransi dan simpanan mendiang suami. Hidup mereka termasuk masih lumayan.

Ilustrasi.(Foto :Adobe Stock)

Meski masih kecil, tapi Surya tidak merepotkan ibunya. Dia pergi dan pulang sekolah sendiri, dan membantu pekerjaan ibunya sepulang sekolah, seperti menyapu atau mencuci pakaian dan sebagainya. Dengan adanya bantuan Surya, ibunya juga bisa istirahat santai sejenak sepulang kerja.

Waktu terus bergulir, dan tanpa terasa Surya pun sudah tumbuh dewasa. Surya yang pintar melanjutkan studinya di sebuah universitas dengan bantuan beasiswa.

Ilustrasi. (Foto:Pixabay)

Saat Surya akan lulus kuliah setahun lagi, ibunya didiagnosis menderita kanker usus. Awalnya ia berpikir akan membahagiakan ibunya setelah lulus, tapi takdir berkata lain!

Setelah ibunya menjalani beberapa kali proses pengobatan, tabungan keluarga pun semakin menipis.

Agar tidak menambah beban Surya, sang ibu bahkan mengatakan akan menghentikan pengobatan. Hal ini membuat Surya sangat sedih. Bagaimana pun ibunya harus menjalani pengobatannya, tapi dari mana mendapatkan biayanya? Kata Surya pada dirinya.

Ilustrasi.(Foto:Pixabay)

Suatu hari, saat Surya baru pulang dari rumah sakit. Ibu Mona tetangganya memanggilnya, ia mengatakan bahwa ada seorang wanita usia 60 tahun ingin mencari pria muda yang gagah untuk diajak menikah. Ia akan memberikan 20 miliar kepada siapa pun yang mau menikah dengannya, uang itu lebih dari cukup untuk pengobatan ibumu! kata ibu Mona.

Surya merasa konyol mendengar itu, jika benar, bukankah akan menderita tekanan batin kalau dirinya menikah dengan wanita 60 tahun. Tapi, dia tidak bisa mengabaikan ibunya yang terbaring sakit di kamar pasien.

Ilustrasi(Foto:Pixabay)

“Tidak peduli benar atau tidak, lebih baik ketemu dulu”! Gumam Surya.

Akhirnya Surya meminta bantuan bu Mona untuk mengatur pertemuan dengan wanita itu. Saat bertemu, Surya terkejut melihat wanita di hadapannya itu masih terlihat muda dan cantik, tidak tampak seperti umur 60 tahun!

Mungkin wanita itu berpikir Surya adalah pria yang lumayan, jadi ia setuju untuk bertemu kembali.

Setelah beberapa kali pertemuan, wanita itu langsung memberikan 20 miliar rupiah kepada Surya. Surya terkejut dibuatnya, pede amat nih perempuan! Apa tidak khawatir aku kabur setelah mengambil uangnya? kata Surya dalam hati.

Ilustrasi(Foto:Pixabay)

Wanita itu berkata,: “Saya tahu kamu adalah anak yang berbakti, karena itu, saya bersedia membantumu, tapi satu syarat, tidak peduli apakah ibumu bisa sembuh atau tidak, kamu tetap harus menikahiku, dan tidak boleh bercerai selamanya, paham?”

Sebenarnya, Surya sudah berpikir seperti ini sebelumnya, jika memang ingin menikahinya, jadi harus sepenuh hati dan tanggung jawab sebagai seorang suami.

Pada hari pernikahan, justru wanita tua itu yang tidak menepati janjinya!

Sementara itu, pengantin wanita yang ada di hadapannya adalah seorang gadis cantik yang sebaya dengannya. Pemandangan itu membuat Surya terpana sekaligus terkejut! Apa sebenarnya yang terjadi? Dan pengantin wanita di depannya itu tampak sangat familiar?

Ilustrasi.(Foto:Pixabay)

Surya seketika teringat, setahun lalu, dia pernah menyelamatkan gadis itu yang sedang digoda oleh pria nakal. Saat itu, Surya mendengar teriakan tolong, lalu bergegas ke sumber suara dan menyelamatkan gadis itu setelah sempat adu jotos dengan preman yang akhirnya lari, namun muka Surya luka memar sedikit.

Surya tidak menyimpan kejadian itu dalam hati, tapi tidak dengan gadis cantik di hadapannya ini. Ya, hati gadis ini bergetar dan tertarik dengan Surya, pria pemberani yang dulu pernah menyelamatkannya!

Ilustrasi.(Foto:Pixabay)

Dan wanita 60 tahun itu bukan orang lain, melainkan tante dari gadis cantik bernama Helen ini. Sejak kecil Helen sudah yatim piatu dan tinggal bersama tantenya. Setelah mengetahui kegundahan Helen, tantenya mengutus orang untuk mencari tahu latar belakang Surya.

Setelah tahu ternyata Surya adalah orang miskin, dia pun langsung memastikan bahwa Surya tidak cocok dengan keponakannya dan bahkan menghalangi Helen bertemu dengan Surya. Namun, Helen bersikeras dengan sikapnya, membuat tantenya tak berdaya.

Untuk memutuskan hubungan itu, tante Helen menguji kepribadian Surya dengan pernikahan dan iming-iming uang. Awalnya ia pikir Surya akan kabur setelah diberi uang, tapi tak disangka, Surya bersedia menikah dengannya yang sudah nenek-nenek. Inilah yang menyentuh hati tante Helen dan menyetujui hubungan mereka.

Ilustrasi.(Foto:Pixabay)

Mungkin karena kebaikan dan ketulusan hati Surya membuahkan akhir yang indah untuknya. Enam bulan kemudian, setelah kondisi kesehatan ibunya membaik dan sehat kembali. Surya dan Helen melangsungkan pernikahan resmi.

Kini karier Surya tidak hanya sukses, tapi juga bahagia bersama keluarga kecilnya. Mungkin ini merupakan buah manis dari kebaikan hati dan kejujurannya selama ini!(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular