FBI baru-baru ini telah menggerebek rumah dan kantor-kantor Dewan Kota Los Angeles Jose Huizar sebagai bagian dari penyelidikan apakah ia dan beberapa pejabat kota lainnya telah menerima suap dari pengembang real estat Tiongkok untuk proyek-proyek utama di dan sekitar pusat kota Los Angeles (LA), menurut laporan investigasi 14 Januari oleh Los Angeles Times.

Empat perusahaan Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir yang telah memenangkan penawaran lelang proyek (tender) untuk beberapa pengembangan real estat terbesar di LA: Shenzhen New World Group, Shenzhen Hazens, Greenland Holdings berbasis di Shanghai, dan Oceanwide Holdings berbasis di Beijing.

Los Angeles Times melaporkan pada 14 Januari bahwa FBI sedang mencari bukti kemungkinan adanya penyuapan, pemerasan, pencucian uang, dan kejahatan-kejahatan lainnya di dalam proyek-proyek dari perusahaan-perusahaan ini.

Di antara proyek-proyek yang terlibat adalah rencana Shenzhen New World Group untuk membangun kembali Grand Hotel 77 lantai dan membangun hotel baru berlantai 31 di dekat Universal Studios Hollywood; Proyek Metropolis Greenland, yang mencakup tiga menara kondominium dan Hotel Indigo; dan pembangunan hotel Park Hyatt baru di lingkungan South Park oleh Oceanwide Holdings.

Beberapa proyek ini telah menerima subsidi wajib pajak, seperti Hotel Indigo ptoyek Greenland, telah menerima US$18,7 juta, menurut Los Angeles Times.

Tokoh utama dalam penyelidikan ini adalah Huizar, anggota dewan kota yang mewakili sebagian besar pusat kota. Huizar mengepalai Komite Manajemen Perencanaan dan Tata Guna Lahan dewan kota selama lebih dari lima tahun. Komite tersebut memantau semua proyek pembangunan di kota tersebut.

Laporan Los Angeles Times telah mengutip surat perintah polisi yang diajukan di pengadilan federal California November lalu dan dua sumber anonim yang mengetahui penyelidikan FBI tersebut. Para pengembang real estat Tiongkok tersebut telah dipanggil oleh dewan juri federal untuk memberikan informasi tentang kontribusi apa saja yang telah mereka buat dalam penawaran untuk dipilih kembali oleh Huizar; sumbangan-sumbangan untuk almamater Huizar, Bishop Mora Salesian High School; dan dana-dana untuk dua komite politik yang memiliki hubungan dengan Huizar: Komunitas Pendukung PAC (Community Support PAC) dan Families for a Better Los Angeles.

Surat panggilan pengadilan tersebut juga meminta para pengembang untuk mengungkapkan hadiah-hadiah, makanan, perjalanan, liburan, penerbangan, tiket acara, permainan golf, dan tindakan-tindakan memberi kesenangan lainnya yang telah mereka berikan pada Huizar dan staf-stafnya, menurut dua sumber tersebut. Surat perintah polisi mengatakan para penyelidik juga sedang menyelidiki apakah Shawn Kuk, wakil perencanaan Huizar, dan George Esparza, mantan asisten Huizar, telah melakukan kejahatan-kejahatan.

Artikel Los Angeles Times telah mengklarifikasi bahwa surat perintah tidak mengatakan bahwa FBI telah mengumpulkan bukti aktivitas kriminal oleh salah satu pihak yang disebutkan dalam dokumen tersebut.

November lalu, FBI telah menggerebek kantor-kantor dan rumah Huizar, yang telah dipindahkan dari posisinya di Komite Perencanaan Tata Ruang dan Penggunaan LA setelah penggerebekan. FBI belum menangkap atau menahan siapa pun sehubungan dengan penggerebekan tersebut.

Eric Garcetti, walikota Los Angeles sejak tahun 2013, dan Joel Jacinto, yang bertugas di Dewan Pekerjaan Umum LA dan diangkat oleh Garcetti, juga sedang diselidiki, menurut surat perintah.

Disebutkan juga dalam dokumen tersebut bahwa yang sedang dalam penyelidikan polisi adalah Ray Chan, mantan wakil walikota untuk pembangunan ekonomi, yang bekerja dengan Garcetti dan mengepalai departemen pembangunan LA.

Alex Comisar, juru bicara Garcetti, membantah berita itu ketika dihubungi oleh LA Times. Dia mengatakan tidak ada seorang pun di kantor walikota yang tunduk pada panggilan pengadilan federal, atau bahkan permintaan secara resmi untuk dimintai informasi dari FBI.

Herb Wesson, presiden Dewan Kota LA, dan kepala stafnya Deron Williams dilaporkan sedang dalam penyelidikan. Namun Ed Johnson, asisten kepala deputi Wesson, telah membantahnya.

Curren Price anggota dewan LA adalah tokoh kunci lain dalam penyelidikan FBI, kata laporan Los Angeles Times. Price saat ini mengepalai komite dewan yang berfokus pada pengembangan ekonomi yang memutuskan bagaimana subsidi-subsidi pembayar pajak dialokasikan untuk para pengembang hotel.

FBI belum secara terbuka mengkonfirmasi penyelidikannya. (ran)

Video pilihan:

Alat Huawei Dikembangkan untuk Menindas Falun Gong yang Mencekam di Seluruh Tiongkok

Share

Video Popular