Erabaru.net. Apakah Anda pernah mengalami ketika misalnya Anda berada di kamar Anda, tetapi kemudian Anda memutuskan untuk pergi ke dapur untuk makan makanan ringan atau sesuatu, dan saat Anda masuk ke sana, Anda tiba-tiba lupa sepenuhnya dengan apa yang akan Anda lakukan?

Kemudian Anda berdiri dengan bingung dan kembali ke kamar Anda mencoba mengingat apa yang Anda rencanakan untuk dilakukan. Jika ini terjadi pada Anda, artikel ini pasti untuk Anda.

Kami ingin menjelaskan bahwa Anda tidak perlu pergi ke apotek atau membuat janji dengan dokter Anda, ini terjadi pada semua orang! Ini adalah fenomena memori yang aneh yang disebut “Doorway Effect”.

Tiga ilmuwan Amerika melakukan percobaan di mana para peserta diizinkan untuk melewati pintu “cybernetic” di rumah “virtual” dan melakukan beberapa tugas untuk dihafal. Hasilnya, mereka mendapati bahwa dengan melewati pintu, orang sering lupa apa yang mereka lihat.

(Foto: Sompetch Kanakornpratip / Shutterstock.com)

Dalam percobaan kedua, orang harus berjalan di sekitar rumah asli dari satu kamar ke kamar lain dan efek lupanya sama. Para ilmuwan sampai pada kesimpulan bahwa sebuah entri dapat berfungsi sebagai episode informasi yang serius untuk ingatan kita dan membuat mengingat tujuan awal menjadi rumit.

Jika Anda menemukan banyak gangguan dalam perjalanan ke lemari es, seperti melihat ke cermin, mengelus kucing, melihat suara yang datang dari luar atau melewati 3 pintu di jalan, ada kemungkinan besar bahwa ingatan Anda telah menghapus informasi yang telah Anda tangkap di awal.

(Foto: Lario / Shutterstock.com)

Efek ini tidak hanya menyangkut pintu, tetapi juga hal-hal lain. Sebagai contoh, selama percakapan, Anda memiliki sesuatu untuk ditambahkan/disampaikan, tetapi karena Anda memiliki sopan santun, Anda tidak ingin mengganggu teman Anda yang sedang berbicara. Ada kemungkinan besar pada saat giliran Anda tiba, Anda sudah lupa apa yang ingin Anda katakan karena otak Anda menandai informasi ini sebagai tidak relevan, dan menghapusnya dari memori operasi Anda.

(Foto: Alberto Andrei Rosu / Shutterstock.com)

Sekarang setelah Anda mengetahui tentang ‘doorway effect’, Anda tidak perlu takut dengan “amnesia” kecil ketika Anda meninggalkan rumah atau berbicara dengan teman-teman. Juga tidak perlu berlari melewati pintu dengan mata tertutup, hanya mencoba untuk lebih fokus pada tujuan akhir dan Anda tidak akan pernah merasa tidak nyaman atau frustrasi dalam situasi seperti itu.

Apakah Anda menemukan ‘doorway effect’yang menarik?(yant)

Sumber: Fabiosa.es

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular