Erabaru.net. Kematian sering dikaitkan dengan kesedihan. Tidak ada kematian yang menggembirakan sampai hewan pun juga bisa merasakan kesedihan atas kematian. Tidak mudah berurusan dengan kehilangan orang penting, tentu sulit untuk dilalui.

Tidak hanya kita manusia yang memiliki perasaan sedih, hewan juga memiliki naluri mereka sendiri dan mereka juga tidak dikecualikan dari kesedihan karena kehilangan anggota keluarga mereka. Mereka juga tahu bahwa kematian adalah hal yang menyedihkan sehingga mereka memiliki cara mereka sendiri untuk menunjukkan kesedihan itu.

Contohnya seperti kelompok gajah di video ini. Tampak bahwa puluhan gajah berkumpul bersama di tepi danau dekat Anuradhapura untuk memberikan ‘penghormatan terakhir’ kepada ketua mereka yang mati karena dibunuh. Mereka mengelilingi jasat ketua mereka yang rebah ke tanah dengan kesedihan.

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock | express online)

Sekitar 300 gajah dilaporkan telah berkumpul di sekitar bangkai gajah itu walaupun mereka bukan bagian dari kelompok itu. Mereka menyentuh bangkai gajah yang mati dengan belalainya. Percaya atau tidak, spesies ini dapat menghabiskan waktu berjam-jam di lokasi pada titik kematian hanya untuk memberikan penghormatan terakhir kepada teman atau anggota keluarga yang mati.

Sebuah studi pada tahun 2006 yang dilakukan oleh Universitas Oxford juga menunjukkan bahwa manusia biasanya berduka atas kematian teman atau keluarga terdekat mereka, sementara gajah juga berduka atas kematian teman meskipun mereka tidak saling mengenal.

(Foto: Allowa Lesamana / Facebook)

Dalam kejadian yang lain, peneliti Shifra Goldenberg berbagi beberapa rekaman langka dengan National Geographic ketika beberapa gajah berdiri di dekat sisa bangkai gajah tua bernama Victoria.

Victoria mati secara alami pada 2013 di Cagar Alam Sumburu Kenya. Selama kematiannya, dia dikelilingi oleh anggota keluarga dekat dan beberapa gajah lainnya yang tidak mengenalinya.

Goldenberg kemudian mengatakan kepada National Geographic, “Apa yang dilakukan keluarga itu menarik, tetapi apa yang dilakukan mereka yang tidak dikenali juga adalah sesuatu yang penting.”(yant)

Sumber: Erabaru.com.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular