Erabaru.net. Saya punya sahabat baik, namanya Xiao Thing, telah menikah selama 7 tahun, anaknya juga sudah mulai sekolah di taman kanak-kanak. Baru-baru ini, karena saya sedang mengandung, kadang-kadang saya ke rumah Xiao Thing untuk mendengar pengalamannya. Dan ia selalu mengingat tentang pengalaman menyakitkan yang ia alami ketika melahirkan.

Selama kehamilannya, Xiao thing selalu bersikeras untuk tetap bekerja. Alasannya baru dalam masa promosi jabatan, jadi fokus pada pekerjaan.

Ilustrasi. (Internet)

Ia mengabaikan pemeriksaan bulanan terkait kehamilannya, hingga akhirnya dia baru bergegas ke rumah sakit setelah merasakan kelainan pada janinnya..

Dari hasil pemeriksaan dokter ditemukan posisi janin tidak benar. Untung saja dokter yang menanganinya adalah dokter profesional, jika tidak dipastikan ia menyarankan atau menyuruhnya operasi caesar.

Ketika dokter memberi tahu Xiao Thing dan keluarganya, mereka masih tidak paham apa arti posisi sungsang janin.

Posisi janin yang normal (Gambar kiri) dan Posisi sungsang (gambar kanan).

Karena posisi janin tidak benar, kaki mungil si bayi sudah terlihat di mulut rahim Xiao thing yang belum sepenuhnya terbuka, dan setelah didiskusikan lebih lanjut, beberapa dokter kandungan berpengalaman di rumah sakit terkait kemudian memutuskan untuk memasukkan kembali janin itu ke dalam perutnya saat mulut rahim Xiao Thing dalam keadaan terbuka !

Setelah dokter menjelaskan kepada Xiao Ting tentang risiko dan dampak hebat serta rasa sakitnya secara fisik, Xiao Thing memberanikan diri dan setuju dengan keputusan dokter.

Sementara itu, suami Xiao Thing dan anggota keluarga lainnya juga setuju dengan keputusannya, dan selama proses itu, suaminya menemani di ruang bersalin.

Sekali lagi, dokter mengatakan kepada Xiao Thing, bahwa proses itu akan sangat menyakitkan, namun, setelah mendengar penjelasan dokter, Xiao Thing yang menahan sakit itu akhirnya setuju.

Saat menunggu sampai mulut rahim Xiao Thing terbuka sepenuhnya, dokter memasukkan tangannya, dan Xiao Thing seketika merasakan sakit yang memilukan, ia merasa ada sesuatu yang bergeser dari dalam tubuhnya!

Bayi itu berhasil dikembalikan ke posisi yang normal, dan Xiao Thing nyaris pingsan menahan rasa sakit yang tak tertahankan itu.Dan akhirnya bayinya lahir dengan normal dan lancar.

Bukan main bahagianya Xiao Thing, dan tidak bisa berkata apa-apa selain terus mengucapkan terima kasih kepada semua tim dokter yang profesional. Jika bukan tim dokter itu, dipastikan Xiao Thing akan menjalani operasi caesar yang tidak perlu.

Ilustrasi. (Internet)

Sekujur badan saya merinding membayankan kejadiannya, dan saya benar-benar kagum dengan keberaniannya, betapa tidak mudahnya menjadi seorang ibu, dan saya lebih kagum lagi dengan sikap dan tindakan dokter tersebut.

Asal tahu saja, untuk membetulkan posisi janin dalam rahim dengan tangan itu dibutuhkan keahlian yang benar-benar sempurna, belum lagi risiko yang harus ditanggung.

Sungguh mengagumkan, seorang dokter dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sedemikian rupa.Jika terjadi sesuatu, dipastikan dokter terkait juga akan dituntut pertanggung-jawabannya.

Tapi memang kita membutuhkan lebih banyak dokter yang profesional dan bertanggung-jawab seperti itu di masyarakat.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular