Erabaru.net. Setiap individu pasti mengalami mimpi saat tidur, tidak peduli apakah itu mimpi buruk ataupun baik. Beberapa orang berpikir bahwa mimpi itu sebenarnya adalah bunga tidur tetapi ada juga yang percaya bahwa mimpi itu sebenarnya memiliki maksud yang tersirat.

Beberapa psikolog dan pakar di bidang mimpi telah mengungkap makna di balik mimpi itu dan marik kita simak penjelasannya:

1. Terjatuh

Pada orang dewasa, orang sering bermimpi jatuh daripada mimpi terbang. Menurut psikolog Ian Wallace, mimpi terjatuh menandakan takut hilangnya kontrol. Anda tidak dapat mengendalikan sesuatu dalam hidup Anda lagi karena beberapa perubahan drastis yang Anda tidak siap untuk terjadi dalam hidup Anda. Terlalu banyak memikirkan kehidupan (pekerjaan, hubungan, keuangan, kesehatan, dll.) Membuat Anda depresi.

Beberapa ilmuwan menggambarkan mimpi terjatuh dengan fisiologi yang mudah. Ketika tubuh mulai ‘hanyut’ dalam tidur, sistem saraf mulai tenang, tekanan darah dan detak jantung menurun dan otak yang diatur dalam mode tidur (terutama pada siang hari) dapat merasakan perubahan fisiologis ini karena bahaya atau mendekati kematian membuat Anda bangun tiba-tiba.

Versi yang saling bertentangan dari mimpi ini adalah mimpi terbang yang menandakan telah bebas dari beban yang telah telah membebani selama ini dan mendapatkan kebebasan yang diinginkan.

2. Gigi tanggal, cedera, dan kematian

Di bawah kesadaran kita mengartikan gigi sebagai senjata, menunjukkan kekuatan, dan kemampuan. “Mungkin, Anda baru-baru ini merasa bahwa Anda tidak ‘bersenjata’ dan tidak berdaya di dunia nyata”, menurut penjelasan Penney Peirce.

Pakar lain yang mempelajari tentang mimpi selama bertahun-tahun bernama Patricia Garfield menghubungkan gigi tanggal dengan kemarahan tersembunyi. Ketika kita menahan amarah, kita mengencangkan rahang dan meggeretakkan gigi tanpa kita sadari. Mimpi ini mungkin menandakan bahwa ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk menyingkirkan semua perasaan negatif.

Acap kali, kita mungkin mengalami mimpi di mana seseorang yang dekat dengan kita terluka, sakit, atau meninggal. Mimpi-mimpi ini membuat kita khawatir, namun, dari sudut pandang psikologis, itu tidak berarti maksud yang buruk. Itu hanya kekhawatiran kita tentang perubahan di masa depan dan hal-hal yang tak terhindarkan terjadi pada orang-orang yang dekat dengan kita. Jika Anda melihat kematian pada Anda sendiri, ini berarti bahwa sebagian dari Anda sedang disiksa dan hidup di masa lalu untuk memberikan ruang bagi sesuatu yang baru.

Mimpi yang berlawanan adalah kelahiran dan pemulihan biasanya muncul ketika sesuatu yang baru terjadi dalam kehidupan seseorang (seperti pekerjaan atau proyek baru) dan melambangkan pengalaman baru.

3. Gagal dalam ujian

Anda akan mengikuti ujian dan tiba-tiba menyadari bahwa Anda tidak mengingat apa-apa atau tidak dapat berbicara ketika berdiri di depan orang banyak. Mimpi-mimpi ini dapat dialami tidak hanya oleh para pelajar tetapi juga oleh orang dewasa yang telah bekerja. Mungkin Anda mengalami tekanan sebelum tidur atau khawatir tentang sesuatu. Dalam hal ini, lebih baik istirahat dan menenangkan perasaan.

4. Pakaian tidak sesuai

Dalam mimpi Anda, Anda muncul di tempat umum mengenakan pakaian yang tidak sesuai atau tidak mengenakan apa pun. Dalam situasi ini, penting untuk memperhatikan perasaan yang Anda alami dalam mimpi Anda. Mimpi-mimpi ini biasanya diikuti oleh rasa malu.

Seorang psikolog, Ian Wallace menjelaskan,: “Ini berarti Anda merasa lemah dengan pekerjaan baru Anda atau dalam hubungan baru Anda dan takut orang lain akan tahu tentang kelemahan Anda.”

Namun, jika Anda tidak malu dalam impian Anda tetapi justru merasa bangga pada diri sendiri, mimpi itu memiliki makna yang berlawanan. Mungkin Anda merasa kurang dihargai dan ingin orang lain melihat bakat Anda serta kepribadian Anda yang sebenarnya.

Jika Anda akan menghadapi suatu peristiwa penting dalam waktu dekat dan memimpikan Anda atau teman Anda berpakaian tidak sesuai, itu berarti Anda memiliki keraguan tentang pertistiwa atau kejadian tersebut. Misalnya, pengantin wanita bermimpi mempelai prianya mengenakan kostum badut sebelum pernikahan mereka.

5. Dikejar-kejar atau dianiaya

Mimpi seperti itu memiliki arti yang berbeda. Seorang ahli di bidang mimpi bernama Lauri Loewenberg mengatakan,: “Orang yang cenderung menghindari konflik, atau melakukan masalah akan bermimpi dirinya dikejar-kejar.”

Perhatikan apa yang mengejar Anda – mereka mewakili perasaan atau situasi yang tidak menyenangkan yang Anda coba untuk tidak memikirkannya dalam kehidupan nyata. Itu bisa berupa hutang atau kecanduan.

Apakah Anda dikejar oleh orang yang Anda kenal? Pikirkan tentang keterkaitan orang tersebut dengan diri Anda sendiri. Mungkin juga berkaitan dengan beberapa orang lain atau bagian dari kepribadian Anda yang tidak ingin Anda akui (seperti bakat atau aspirasi tersembunyi) dalam mimpi Anda.

6. Bencana atau hari kiamat

Kita mungkin pernah memimpikan bencana alam atau bencana buatan manusia di mana kita takut akan kehidupan kita sendiri dan kehidupan orang-orang yang dekat dengan kita. Mimpi-mimpi ini dapat menunjukkan masalah pribadi yang tidak dapat dikendalikan atau perasaan terancam oleh sesuatu. Tentu saja, pesan yang sedang berlangsung di media tentang bencana dan tindakan kekerasan juga memperburuk situasi. Akibatnya, kita mulai merasa rentan terhadap bahaya di dunia modern.

Terkadang ketika kita mengalami mimpi buruk, kita telah mencoba berteriak dengan keras tetapi suara itu tidak keluar yang menyebabkan kita menjadi lebih takut. Psikolog menggambarkannya sebagai sleep paralysis

Selama fase terakhir tidur, waktu di mana kita mengalami mimpi, otak kita sengaja melumpuhkan badan agar kita bisa berbaring dan tidak ‘hidup’ dalam tidur kita dengan berlari, melompat, dan sebagainya.

Orang yang mengalami sleep paralysis biasanya bangun sebelum akhir fase terakhir dan di antara tidur dan kenyataan untuk waktu yang singkat. Ini dapat dianggap sebagai ketidakmampuan untuk bergerak, berbicara, dan dalam beberapa kasus, bernapas.

7. Peralatan atau kendaraan rusak

Anda mencoba menggunakan beberapa alat atau perangkat dan itu segera rusak. Misalnya, ponsel Anda tidak berfungsi dan Anda tidak dapat menelepon siapa pun. Menurut Patricia Garfield, mimpi ini lebih sering dialami oleh wanita dan melambangkan kekhawatiran tentang hubungan atau putus hubungan dengan seseorang.

Mimpi di mana Anda mencoba mengendarai kendaraan yang tidak berfungsi dengan baik atau rusak berada dalam kategori yang sama. Kemungkinannya adalah Anda kehilangan dukungan dan tidak bisa menangani kehidupan yang sulit oleh diri Anda sendiri.

8. Kehamilan

Tidak hanya wanita yang bisa bermimpi tentang kehamilan, pria juga bisa mengalami mimpi yang sama. Seorang psikolog David Bedrick berkata,: “Kehamilan melambangkan sesuatu yang baru saja berkembang di dalam diri kita.” Anda secara sadar bermimpi tentang “kelahiran” proyek baru yang kreatif dan menarik. Sudah waktunya untuk menetapkan tujuan dan menunjukkan kepada dunia bagaimana Anda dapat mengontrol peran baru ini.

9. Terlambat

Mimpi tertinggal kereta api atau terlambat datang di pertemuan penting dapat terjadi cukup sering. Menurut seorang ahli mimpi, Michael R. Olsen, itu artinya takut kehilangan sesuatu yang sangat penting dalam hubungan Anda atau dalam membesarkan anak Anda, misalnya.

Jika Anda selalu merasa kewalahan dan tidak punya banyak waktu untuk menyelesaikan berbagai hal dalam kehidupan nyata, ini secara tidak sadar menandakan bahwa inilah saatnya bagi Anda untuk mempertimbangkan kembali jadwal Anda dan meluangkan waktu untuk hal-hal yang sangat penting.

10. Kamar yang tidak dikenali

Mimpi tentang kamar baru terkait dengan pengetahuan diri. Jika Anda menemukan diri Anda di dalam rumah yang tidak Anda kenali dalam mimpi Anda, itu berarti Anda tidak sepenuhnya memahami diri sendiri dan mencoba mengabaikan beberapa karakter Anda. Mimpi di ruang yang tidak dikenal berarti bahwa Anda memiliki bakat tersembunyi, keterampilan, atau peluang yang tidak Anda gunakan.

Seorang psikoterapis bernama Eddie Traversa berpikir bahwa kita secara sadar mengasosiasikan beberapa ruangan dengan proses tertentu. Dapur adalah tempat di mana suatu produk berubah menjadi hidanan yang berarti Anda mengalami perubahan internal.

Kamar mandi adalah simbol membebaskan diri dari beban yang tidak perlu. Ini mungkin berarti bahwa sudah waktunya untuk menyingkirkan sesuatu yang tidak lagi diperlukan. Kamar mandi adalah simbol pembersihan dan ini berarti Anda merasa perlu untuk memperjelas sesuatu perkara atau melihatnya dalam kontek yang berbeda. Kamar tidur melambangkan hal-hal yang merisaukan Anda dalam hubungan romantis Anda.(yant)

Sumber: BrightSide.me, Erabaru.com.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular