- Erabaru - http://www.erabaru.net -

9 Produk Makanan yang Seharusnya Tidak Anda Beli dari Tiongkok

1. Mutiara Tapioka

makanan beracun dari cina tiongkok [1]
Mutiara tapioka dalam gelas plastik dengan latar belakang kayu. (Karl Tapales / Getty Images)

Bubble Tea memiliki popularitas besar di Amerika Serikat, tetapi yang terbaik adalah menghindari minuman yang mengandung mutiara tapioka yang diimpor dari Tiongkok.

Pada tahun 2012, para peneliti dari Jerman menemukan bifenil poliklorinasi dalam produknya. Bahan kimia ini berbahaya dalam berbagai cara. Ia diketahui dapat menyebabkan kanker, mempengaruhi sistem saraf, sistem reproduksi, sistem kekebalan tubuh, dan sistem endokrin.

Dalam satu kasus, seorang reporter dari stasiun televisi Shandong menemukan bahwa, setelah menjalani CT scan, mutiara tapioka yang terlalu kenyal tertinggal tidak tercerna di perutnya dalam bentuk zat “sangat lengket”. Setelah diselidiki, seorang pemilik toko bubble tea yang tidak menaruh curiga telah menuangkan biji-biji “mutiara” yang dibuat di pabrik kimia dari ban bekas dan sol sepatu kulit.

2. Udang

udang beracun dari cina tiongkok [2]
Udang di pasar basah di Beijing, Tiongkok. (Teh Eng Koon / AFP / Getty Images)

Masalah udang yang dipalsukan telah bertahan selama lebih dari satu dekade, dengan kasus-kasus baru yang muncul secara berkala. Udang ini disuntik dengan gel sebelum dijual untuk menambah berat dan dengan demikian menghasilkan keuntungan lebih besar.

Beberapa kasus pertama dari udang yang disuntikkan dengan gel telah dipublikasikan pada tahun 2005.

Pada tahun 2012, sampel udang yang dibeli di tiga puluh toko kelontong berbeda di seluruh Amerika Serikat telah diuji. Mereka ditemukan mengandung antibiotik dalam jumlah tinggi yang dilarang di Amerika Serikat, seperti karsinogen nitrofurazone dan chloramphenicol.

3. Beras

beras beracun [3]
Model makanan beras. (Gambar DigiPub / Getty)

Beras palsu Tiongkok terlihat seperti asli, dan dalam beberapa tahun terakhir, setidaknya 9 juta ton telah diimpor ke Amerika Serikat.

Ia mengandung bahan yang mirip dengan plastik, dan menurut laporan, dibuat dengan mencampur resin industri sintetis dengan kentang, yang dapat memiliki hasil yang mematikan.

Untuk mengidentifikasi beras palsu, jika ia larut dalam minyak panas mendidih, Anda telah menjadi pemenangnya.

4. Daging sapi

daging sapi palsu [4]
Manusia memotong tulang sapi di jalan Huimin, Xi’an. (wulingyun / Getty Images)

Banyaknya daging babi di Tiongkok telah menyebabkan para pedagang yang tidak bermoral bersandiwara bahwa daging babi mereka adalah daging sapi. Dengan mengubah secara kimia daging babi dengan cara memeras (mengekstrak), kemudian membuatnya menjadi daging sapi, para pedagang tidak membiarkan konsumen lebih cerdas.

Jika dikonsumsinya dapat menyebabkan keracunan seiring waktu, kelainan bentuk atau cacat, dan kanker.

5. Daging kambing

daging kambing palsu [5]
Daging mentah disiapkan untuk hidangan. (Michael Saechang / Flickr)

Demikian pula, para penjual yang tidak jujur yang menemukan sedikit keuntungan dalam menjual daging kambing asli sedang menyamarkan daging tikus, cerpelai, dan rubah dengan bahan kimia, dan mempromosikannya sebagai daging kambing.

Praktik itu begitu meluas sehingga pada tahun 2013, polisi menyita 20.000 ton kambing palsu, dan menangkap lebih dari 900 orang, semuanya dalam waktu tiga bulan.

6. Minuman Anggur (Wine)

anggur palsu [6]
Anggur merah. (F Delventhal / Flickr)

Dilaporkan 70 persen anggur yang diproduksi di Tiongkok adalah palsu. Para wisatawan adalah sasaran empuk bagi para penjual anggur palsu yang tidak jujur dan dicap dengan label yang tampak mahal.

Anggur ini biasanya dibuat dengan jus buah murah.

7. Garam Meja

garam beracun [7]
Tumpukan garam laut. (somnuk krobkum / Getty Images)

Ditemukan bahwa hampir 91 persen garam meja yang keluar dari Tiongkok mengandung jejak logam berat yang meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, hipertensi, dan tekanan darah tinggi.

Garam-garam ini awalnya diproduksi untuk keperluan-keperluan industri.

8. Formula Bayi

susu bayi beracun [8]
Petugas penegak hukum Tiongkok memeriksa tanggal pada kaleng susu bubuk di sebuah toko di Tongzi, wilayah Guizhou di Tiongkok barat daya pada 9 Februari 2010, ketika produk susu yang mengandung bahan kimia industri melamin kembali muncul di toko-toko. Tiongkok sedang memburu hampir 100

Susu formula Tiongkok murah, tetapi berapa biayanya?

Pada tahun 2008, enam bayi meninggal, dan lebih dari 300.000 bayi jatuh sakit karena formula bayi yang mengandung melamin, senyawa kimia yang digunakan dalam produksi plastik dan pupuk.

Meskipun ada peningkatan peraturan, formula palsu menemukan jalan mereka ke Amerika Serikat pada tahun 2015, dan dijual kembali menggunakan nama merek yang terkenal.

Pada awal tahun ini, perombakan keamanan industri telah menghasilkan penghapusan 1.400 produk dari penjualan. Peraturan baru mengharuskan produk susu formula terdaftar di China Food and Drug Administration dan lulus inspeksi keselamatan.

9. Tofu (Tahu)

tahu beracun [9]
Tahu sebelum dikemas. (Gambar Ivan / Getty)

Produk kedelai yang populer ini dianggap sebagai makanan pokok vegetarian khususnya.

Pada tahun 2012, dilaporkan pengawas keamanan pangan di Provinsi Hunan telah menemukan bahwa beberapa produsen menggunakan ternak, besi sulfat, dan bahkan kotoran manusia untuk mempercepat proses fermentasi.

Makanan lain yang berpotensi membahayakan konsumen termasuk bawang putih, ayam, dan ikan yang telah terpapar oleh saluran air Tiongkok yang tercemar, sebagai akibat dari limpasan air dari lokasi-lokasi industri dan fasilitas pengolahan limbah, polusi udara, dan penyakit-penyakit yang ditularkan oleh makanan yang terkontaminasi seperti flu burung. (ran)

Video pilihan:

19 Ton Apel dari Tiongkok Terkontaminasi, Tak Layak Diekspor [10]