Erabaru.net. Siapa yang tidak suka ayam goreng? Hanya berbicara tentang ayam goreng saja sudah terbayang kelezatanya, baunya yang harum, dan tak ada keraguan menjadi kegemaran banyak orang. Di luar juga banyak restoran cepat saji yang menyediakan ayam goreng sebagai menu utama. Namun, tahukah Anda bahwa makan ayam goreng setiap hari berbahaya bagi kesehatan?

(Foto : Vice Media)

Penelitian yang diterbitkan oleh The BMJ menyatakan bahwa makan ayam goreng secara terus-menerus dikatakan meningkatkan risiko kematian lebih cepat daripada karena sebab lain. Sebanyak 106.966 wanita berusia 50 hingga 70 diminta untuk menjawab pertanyaan penelitian dan kehidupan mereka terus diamati selama 18 tahun sesudahnya. Penelitian tersebut berakhir pada Februari 2017. Selama pengamatan 18 tahun, peneliti dapat melihat bagaimana peserta menikmati makanan gorengan seperti ayam goreng, kentang goreng, taco, ikan goreng dan banyak lagi dalam makanan sehari-hari mereka.

Selama 18 tahun penelitian, 31.588 wanita meninggal. Sebanyak 8.358 kematian dilaporkan sebagai akibat dari masalah jantung sementara 13.880 lainnya meninggal karena sebab lain.

(Foto: TheRecipe)

Seperti yang disebutkan oleh Insider, Wei Bao, seorang ahli epidemiologi di University of Iowa dan rekan penulis penelitian menyatakan bahwa;

“Kita tahu bahwa makanan goreng adalah sesuatu yang sangat umum di Amerika Serikat dan juga di seluruh dunia. Sayangnya, hanya sedikit dari kita yang tahu bahwa kebiasaan memiliki efek jangka panjang. “

Menurut penelitian, makan ayam goreng setiap hari dikatakan meningkatkan risiko kematian hingga 13% membuat risiko lebih tinggi dari penyebab lain dan 12% kematian terjadi karena masalah jantung.

Selain itu, makan ikan goreng juga tidak bisa dihindarkan dari risiko kematian karena makan ikan goreng dapat meningkatkan risiko kematian hingga 7% lebih tinggi. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang menemukan bahwa makan makanan yang digoreng dapat meningkatkan risiko kanker.

Tidak mengherankan, wanita yang makan lebih banyak makanan gorengan biasanya pada golongan kaum muda, berpenghasilan rendah dan kurang berpendidikan. Pola makan mereka yang tidak sehat biasanya ‘lengkap’ dengan kebiasaan merokok yang tidak sehat. Meskipun penelitian ini hanya melibatkan wanita, penelitian ini juga bisa diterapkan pada kaum pria.

Kesimpulannya, makan makanan yang digoreng memangg enak dan mudah disiapkan tetapi jangan makan terlalu banyak makanan gorengan karena risiko tetap ada. Yang penting adalah jangan meninggalkan olahraga untuk menjaga tubuh kita sehat dan bugar!(yant)

Sumber: Erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular