Erabaru.net. Demi melindungi habitatnya, hewan juga berani menempuh risiko apa pun, bahkan dengan berani menghadang mesin eskavator.

Beberapa waktu yang lalu beredar sebuah video yang merekam seekor orangutan menerjang eskavator yang bermaksud menghalangi tindakan petugas saat melihat habitatnya dihancurkan. Orangutan terlihat jatuh dari pohon sebelum kemudian bangkit kembali.

Videonya kembali viral setelah ditayangkan lagi dan telah ditonton lebih dari 500.000 orang, lebih dari 10.000 kali dibagikan. Banyak netizen yang menyaksikan itu pun merasa terharu dan berkata,: “Kapan manusia bisa menghentikan perilaku egoisnya?”

(Foto : Video screenshot)

Melansir laman”ET today News”, eskavator merangsek masuk ke kawasan hutan gambut, sementara hutan di sekitarnya tampak telah hancur. Tiba-tiba, seekor orangutan langsung menerjang ke eskavator untuk mempertahankan habitatnya.

Ia berusaha mencoba menghentikan eskvator itu sebelum akhirnya terjatuh. Hanya dalam beberapa detik, kita diperlihatkan oleh tindakan manusia terhadap kerusakan alam dan kekejajam terhadap habitat orangutan.

Pada Hari Lingkungan Hidup sedunia 5 Juni 2018 lalu, Organisasi Penyelamatan Hewan Internasional kembali merilis video yang diambil di huta di Kalimantan Barat pada tahun 2013 lalu.

Diharapkan melalui video ini, bisa mengingatkan masyarakat akan pentingnya perlindungan lingkungan dan hewan. Organisasi terkait telah membawa orangutan itu ke tempat yang aman setelah dibius.

(Foto : Video screenshot)

“Sangat disayangkan situasi ini semakin sering terjadi di hutan gambut. Penggundulan hutan menyebabkan habitat orangutan hancur. Orangutan terpaksa menghadapi akhir hidupnya dan perusakan habitat akan memaksa orangutan untuk masuk ke perkampungan untuk mencari makanan dan menyebabkan konflik dengan manusia,” kata organisasi tersebut tak berdaya.

Menurut data sebelumnya, jumlah orangutan di Kalimantan telah berkurang lebih dari 50% dalam 60 tahun terakhir, dan habitat mereka juga telah berkurang setidaknya 55% dalam 20 tahun terakhir, namun, salahkan mereka masuk ke perkampungan penduduk untuk bertahan hidup?

(Foto : Video screenshot)

Serangkaian dampak ini semuanya karena ulah manusia. Kawanan hewan terpaksa melakukan hal itu untuk bertahan hidup. Demi keegoisan semata, manusia nyaris telah menghancurkan Bumi yang bisa dirusak demi kepentingan mereka sendiri.

Selama ada lahan yang bisa dikembangkan seperti hutan hujan atau padang rumput dan sebagainya mereka babat habis untuk kepentingan mereka, imbasnya banyak habitat satwa liar yang dirampas, sehingga tak punya tempat tinggal bahkan kelangsungan hidup mereka pun terancam.

Para netizen yang menyaksikan video terkait langsung berseru:”Manusia adalah makhluk terburuk di dunia, menghancurkan lingkungan yang indah dan bahkan merusak makhluk hidup lainnya.”

“Video itu membuatku tak tahan meneteskan air mata, yang diinginkan kawanan hewan hanya ingin bertahan hidup, tak lebih.” Tulisa netizen.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular