Erabaru.net. Baru-baru ini masyarakat diramaikan dengan imbauan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum film diputarkan di bioskop.

Surat Himbauan yang dikeluarkan ini dengan Nomor:1.30.1/MENPORA/I/2019 tentang Aktivitas Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Sebelum Pemutaran Film.

Berikut Isi Surat Imbauan :

Surat Himbauan Nomor 1.30.1/Menpora/1/2019 tentang Aktivitas Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Sebelum Pemutaran Film

Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta tanah air dengan ini kami menghimbau kepada para pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutarkan sekaligus menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum berlangsungnya setiap pemutaran film.

Demikian himbauan ini disampaikan untuk dapat dilaksanakan.

Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 30 Januari 2019

Menteri Pemuda dan Olahraga

Ttd Imam Nahrawi

Tembusan:

1.Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
2. Menteri Komunikasi dan Informatika

3. Kepala Badan Ekonomi Kreatif

Setelah dikeluarkannya surat imbauan ini, Menpora Imam Nahrawi langsung menerapkannya ketika menonton film Keluarga Cemara di Studio 01 Djakarta Theater XXI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (31/1/2018) malam.

 Menpora ketika itu menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama seluruh penonton. Turut hadir pada saat itu artis Nirina Zubir yang berperan menjadi Emak dalam film Keluarga Cemara.

Tak berlangsung lama akhirnya suarat imbauan tersebut dicabut secara resmi oleh Kemenpora.

“Alhamdulillah, surat himbauan ttg menyanyikan lagu Indonesia Raya di setiap jelang pemutaran film di bioskop sudah dicabut. Hal itu atas dasar berbagai pertimbangan dan juga krn resistensi dan kegaduhannya yang sangat tinggi. Mohon maaf. Wass,” demikian cuitan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot Dewa Broto dalam akun Twitter miliknya @gsdewabroto.

Melansir dari berbagaisumber, sejatinya sejumlah negara sudah memberlakukan peraturan serupa.  India, Thailand, Filipina dan Rusia adalah negara-negara yang menerapkan peraturan ini.

Mengutip dari The Hindu, misalnya di India, Pada 30 November 2016, pengadilan di negara itu memerintahkan semua bioskop untuk memainkan lagu kebangsaan sebelum memutar film “untuk cinta tanah air.”

Akan tetapi, Mahkamah Agung India pada 2018 memodifikasi menjadi imbauan sementara  dan menjadikannya hnaya pilihan bagi gedung bioskop untuk memainkan lagu kebangsaan 52 detik sebelum setiap pertunjukan.

Sidang yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan India Dipak Misra, mengklarifikasi bahwa tidak wajib memainkan lagu sebelum pemutaran film di bioskop.

Namun, jika lagu itu dimainkan, pengunjung di aula terikat untuk menunjukkan rasa hormat dengan berdiri. Pengadilan mengklarifikasi bahwa pengecualian yang diberikan kepada orang-orang cacat untuk berdiri selama lagu kebangsaan “akan tetap berlaku di semua kesempatan.”

Adapun Thailand mewajibkan pemutaran Lagu Kebangsaan Nasional setiap hari di televisi pada jam 8 pagi dan 6 sore.

Tak hanya di TV, Para siswa diharapkan berkumpul di depan Bendera Nasional pada jam 8 pagi dan menyanyikan Lagu Kebangsaan.

Menyanyikan lagu kebangsaan Ini juga diputar di kantor-kantor pemerintahan dan bioskop secara teratur. (asr)

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular