oleh Lin Yan

Penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow pada Jumat (1/2/2019) mengatakan bahwa usulan untuk membebankan lebih besar pajak terhadap orang kaya yang diajukan Partai Demokrat mungkin dapat menimbulkan masalah ekonomi yang hampir serupa dengan di Venezuela.

“Membebankan lebih besar pajak kepada orang kaya – itu sudah ‘lagu lama’ yang dinyanyikan oleh golongan sayap kiri, itu selamanya tidak akan pernah berhasil,” kata Kudlow kepada Fox Business.

“Lihatlah Venezuela, itu adalah bencana mutlak”, kata Kudlow dengan mengambil contoh kasus di Venezuela : “Mereka membebani orang kaya, mereka memajaki semua orang, memang, akhirnya mereka mencapai kesamaan – yaitu, sama-sama jadi orang miskin.”

Venezuela yang tadinya sangat kaya, setelah mereka mengejar kebijakan ekonomi sosialis, akhirnya ekonomi nasional mereka jatuh ke jurang kehancuran.

Gedung Putih pada bulan Oktober tahun lalu merilis sebuah laporan berjudul ‘The Opportunity Costs of Socialism’, mencoba untuk mengkaji dari perspektif ekonomi garis besar kerugian yang dibawa oleh ideologi sosialis kepada ekonomi makro. Juga membuat kritik tajam terhadap kebijakan ekonomi sosialis.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa pemerintah sosialis yang membelanjakan sampai habis uang dari rakyat. Sebaliknya, prinsip kemakmuran suatu negara seharusnya adalah memberikan lebih banyak pilihan kepada rakyat dan membiarkan rakyat sendiri yang menentukan bagaimana uang mereka mau dihabiskan.”

Laporan ini memperingatkan bahwa bahkan di bawah sistem demokrasi, kebijakan ekonomi sosialis juga diterapkan di negara-negara industri melalui cara damai, karena mekanisme insentif mendasarinya terdistorsi oleh kebijakan, ditambah lagi dengan kurangnya informasi ekonomi yang disebabkan oleh organisasi besar milik negara dan sumber daya yang dikendalikan secara terpusat. Sosialisme pada akhirnya adalah bencana bagi perekonomian nasional.

Penelitian laporan memperkirakan bahwa jika Amerika Serikat juga menerapkan kebijakan sosialis Venezuela, produk domestik bruto (PDB) nasional akan turun setidaknya 40%, dan pendapatan tahunan rata-rata per orang Amerika akan berkurang sebesar USD. 24.000.

Partai Demokrat mengajukan proposal untuk menaikkan pajak orang kaya

Baru-baru ini, beberapa anggota senior Partai Demokrat yang ingin partisipasi dalam pemilihan presiden tahun 2020 telah mengajukan usulan untuk menaikkan pajak (pajak kekayaan) terhadap orang kaya atau menerapka jaminan sosial seperti asuransi kesehatan universal ala sosialisme.

Golongan radikal dari Partai Demokrat berharap menerapkan kembali sistem pajak progresif yang pernah digunakan di masa lalu. Mengenakan tarif pajak yang lebih tinggi terhadap rumah tangga yang berpenghasilan yang lebih tinggi, sementara memberlakukan tarif pajak yang lebih rendah terhadap rumah tangga dan individu yang berpenghasilan lebih rendah. Sistem ini memiliki tarif pajak yang lebih tinggi bagi mereka yang berpenghasilan tinggi daripada mereka yang berpenghasilan rendah.

Hal yang menarik perhatian media adalah ucapan Alexandria Ocasio-Cortez, anggota Kongres Demokrat New York yang baru terpilih tersebut menyampaikan usulan untuk menaikkan pajak marjinal hingga 70 % bagi orang-orang yang berpenghasilan lebih dari USD. 10 juta.

Larry Kudlow menanggapi hal tersebut dengan mengatakan bahwa upaya untuk memungut pajak yang lebih tinggi dari orang-orang terkaya di masyarakat untuk menutupi  ketidaksetaraan ekonomi tidak akan pernah berhasil dan itu sama sekali tidak berarti.

“1 % orang Amerika teratas membayar 37 % dari pendapatan mereka sebagai pajak penghasilan. 1% orang-orang teratas ini membayar jumlah pajak lebih tinggi dari yang dibayarkan oleh lebih dari 90 % orang-orang berpenghasilan terendah. Jadi siapa yang membayar lebih banyak ? “, tanya Kodlow.

Kudlow mengatakan bahwa orang-orang dengan pendapatan tinggi tidak hanya harus membayar ‘bagian yang adil’, tetapi mereka juga membayar lebih banyak daripada orang lain.

Pada saat yang sama, ia juga menyatakan pandangannya tentang Medicare Bagi Semua Orang yang diusulkan oleh kandidat Partai Demokrat tahun 2020. Kudlow mengatakan bahwa biaya asuransi kesehatan universal akan sangat besar, diperkirakan akan membutuhkan dana USD. 30 triliun bahkan lebih.

“Ini akan merusak ekonomi dan menekan produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat”.  “Sementara pajak kekayaan dan sejenisnya adalah untuk melemahkan insentif, jadi Anda tidak akan mendapatkan inovasi dan tidak akan membuat Amerika Serikat lebih kuat,” katanya.

Kudlow mengatakan bahwa ia lebih suka melihat kemakmuran yang lebih luas dari Amerika Serikat dengan cara lain, tetpi bukan yang berumur pendek seperti dengan cara memungut pajak secara radikal sebagaimana yang diusulkan oleh Partai Demokrat. (Sin/asr)

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular