Sebuah survei baru dari Angus Reid Institute mengungkapkan mayoritas warga Kanada tidak puas dengan bagaimana pemerintah Perdana Menteri Justin Trudeau menangani situasi yang memburuk antara Ottawa dengan Beijing. Mayoritas warga Kanada juga merasa bahwa menangkap CFO Huawei Meng Wangzhou adalah hal yang benar untuk dilakukan.

Meng ditangkap di Vancouver pada 1 Desember 2018, atas permintaan Amerika Serikat. Dia sedang menunggu sidang saat keluar dengan jaminan untuk menentukan apakah dia harus diekstradisi ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuduhan-tuduhan termasuk melanggar sanksi-sanksi internasional terhadap Iran.

Kanada selalu menyatakan bahwa mereka akan menghormati aturan hukum dan bahwa penangkapan Meng bukan masalah politik. Tiongkok, bagaimanapun, telah menuntut pembebasannya, tanpa mempertimbangkan sistem hukum Kanada dan Amerika Serikat.

Tiongkok telah mengancam Kanada dengan reaksi keras dan telah menahan dua orang Kanada sebagai pembalasan. Yang ketiga dijatuhi hukuman mati atas tuduhan penyelundupan narkoba. Survei melaporkan bahwa 92 persen orang Kanada merasakan situasi saat ini antara Kanada dan Tiongkok cukup serius atau sangat serius.

Hampir dua pertiga (62 persen) orang Kanada merasakan hak asasi manusia dan supremasi hukum seharusnya lebih penting untuk memandu hubungan Kanada-Tiongkok daripada kepentingan bisnis.

Sebanyak 44 persen warga Kanada ingin melihat pemerintahan Liberal Trudeau mengambil pendekatan yang lebih keras terhadap Tiongkok. Menguraikan ini lebih jauh, survei bertanya pada warga Kanada pekerjaan apa yang mereka pikir pemerintah Trudeau telah lakukan untuk menangani ketegangan dengan Tiongkok. Lima puluh dua persen mengatakan pekerjaan yang buruk atau sangat buruk sedang dilakukan dan hanya 33 persen mengatakan pemerintah melakukan pekerjaan dengan baik atau sangat baik.

Warga Kanada telah lama merasa Tiongkok tidak bisa dipercaya dalam hal hak asasi manusia. Bisnis Kanada juga telah memperingatkan pemerintah tentang tantangan signifikan dalam melakukan bisnis di Tiongkok. Pemerintah Trudeau mendapatkan teguran dari Kanada dalam diskusi terbuka pada akhir 2017.

Masalah rumit selanjutnya, duta besar Kanada untuk Tiongkok, John McCallum, dipecat minggu lalu karena komentar yang sangat buruk mengenai penangkapan Meng dan permintaan ekstradisi dari Amerika Serikat.

Angus Reid melaporkan bahwa penangkapan Meng menarik perhatian Kanada lebih dari ketegangan dengan Arab Saudi dan negosiasi perdagangan NAFTA.

Global Affairs mengkonfirmasi pada 1 Februari bahwa pejabat konsuler Kanada di Tiongkok telah berbicara dengan Michael Spavor, yang telah ditahan sejak 10 Desember 2018. Pejabat konsuler juga mencari akses lebih lanjut ke Michael Kovrig, yang juga ditahan di Tiongkok tidak lama setelah Meng ditangkap. (ran)

Ikuti Rahul di Twitter @RV_ETBiz

Video pilihan:

Proyek Kolusi Besar Obor Tiongkok Dibatalkan Mahathir

Share

Video Popular