Eabaru.net. Anda mungkin pernah dengar tentang film ‘Wonder’ atau mungkin sudah menontonnya sendiri. Film keluarga keluaran tahun 2017 ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Auggie yang mengidap Sindrom Treacher Collins (TCS), kondisi cacat lahir langka yang mengubah bentuk wajahnya sehingga ia harus memakai helm astronot agar tidak jadi bahan olok-olokan orang-orang sekitar.

Dalam kehidupan nyata, cerita dalam film “ Wender” tersebut memang benar-benar ada. Dia adalah Michael Goodman.

(Foto: Internet)

Saat lahir, Goodman didiagnosis mengidap Sindrom Treacher Collins. Sindrom Treacher Collins adalah kelainan genetik yang menyebabkan beberapa disfungsi organ pada wajah dan mengakibatkan cacat di wajah.

Penderita biasanya mengalami lemah jantung dan juga fungsi pendengaran yang menurun. Diskriminasi dan cemoohan yang dialami bocah laki-laki dalam film tersebut juga pernah dialaminya Goodman.

اس پر ‏‎Michael Goodman‎‏ نے شائع کیا بدھ، 8 نومبر، 2017

Goodman sering keluar masuk rumah sakit sejak ia masih kecil. Saat di sekolah menengah atas, dia juga pernah dua kali mencoba mengakhiri hidupnya karena wajahnya, tetapi untungnya aksi nekatnya itu gagal.

Sejak itu, ia tampaknya memiliki pemahaman lain tentang hidupnya. Banyak orang berpikir bahwa Goodman tidak bisa seperti orang normal pada umumnya, tetapi ia mematahkan kesan orang-orang tentang dirinya dengan upaya kerasnya sendiri.

(Foto: Internet)

Setelah lulus dari sekolah menengah atas, Goodman berhasil diterima di sekolah kedokteran dan kemudian menjadi seorang dokter anak.

Dia berbagi pengalamannya, bahwa sampai sekarang ada saja orangtua yang menolak anaknya diperiksa olehnya hanya karena penampilannya.

“Kata-kata memang benar-benar dapat menorehkan luka di hati. Orang-orang dengan wajah cacat seharusnya diperlakukan seperti orang-orang normal pada umumnya, dihormati, dan bahkan dicintai,”katanya

(Foto: Internet)

Goodman tidak berbeda dari orang pada umumnya selain penampilannya yang memang tidak biasa.

Seperti anak-anak kebanyakan, dia suka hoki es, es krim, dan suka menonton film seri “The Walking Dead”.

اس پر ‏‎Michael Goodman‎‏ نے شائع کیا بدھ، 8 نومبر، 2017

Goodman menyadari bahwa ia mungkin tidak dapat mengubah penampilannya selama sisa hidupnya, tetapi ia dapat menjalani hidupnya dengan penuh percaya diri dan harapan, dan ini adalah sebagian yang belum tentu dapat dilakukan dengan baik oleh sebagian besar orang-orang normal.

اس پر ‏‎Michael Goodman‎‏ نے شائع کیا جمعہ، 15 دسمبر، 2017

Goodman juga menghimbau orang-orang untuk membaca, menikmati dan menyebarkan kisah tentang “Wonder” ini.

Karena melalui buku ini, masyarakat dapat dengan jelas memahami kehidupan anak-anak dengan wajah cacat dan mendidik diri mereka dan anak-anaknya.

Tak dipungkiri, banyak orang yang menilai seseorang dari penampilan luarnya, dan ini merupakan sifat manusia, tetapi mereka seringkali mengabaikan, bahwa hati di bawah kulit itu sebenarnya sama dengan orang biasa, dan bahkan lebih membutuhkan perhatian daripada orang biasa pada umumnya.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular