Erabaru.net. Untuk membantu anak-anak di desa memiliki gigi yang sehat dan indah, Wang Youkun, seorang dokter gigi yang awalnya membuka praktek di Taichung, Taiwan, mendengar bahwa pasien dari Xinyi yang ingin memeriksakan giginya harus melakukan perjalanan jauh.

Setelah mendengar kesulitan penduduk di sana,dia kemudian memutuskan membuka sebuah klinik gigi di daerah tersebut yang juga merupakan satu-satunya dokter gigi di sana.

Selama 30 tahun terakhir, ia telah berkeliling ke setiap daerah setidaknya lima hari sepekan dengan mobil medisnya yang dirombak sendiri.

Melansir laman The Liberty Times, Wang Youkun, seorang dokter gigi berusia 56 tahun berasal dari Changhua, Taiwan. Saat membuka praktek di Taichung 28 tahun yang lalu, ia mendengar bahwa pasien di desa Xinyi mengeluhkan tentang sulitnya mencari klinik gigi di daerah setempat, jadi ia memutuskan ke Desa Tongfu, Xinyi, dan hingga kini merupakan satu-satunya klinik gigi di sana.

Untuk memudahkan pasiennya memeriksa gigi, ia bahkan menghabiskan 500.000 NTD ( sekitar 225 juta rupiah) untuk membeli sebuah mobil van dan merombak menjadi klinik dokter gigi keliling yang dilengkapi dengan kursi roda dengan ketinggian yang dapat disesuaikan berikut perangkat medis lainnya. Dengan cara ini, Wang berkeliling di Desa Xinyi dengan mobil klinik berjalannya.

Wang Youkun awalnya berencana untuk kembali ke kota setelah anaknya bersekolah di sekolah dasar, tetapi ia terhalang oleh bencana alam seperti gempa, dan badai. Setiap dua atau tiga tahun desa tersebut selalu dilanda bencana alam yang menyebabkan putusnya jalan. Dan selama bencana itu, terjalin hubungan batin yang erat dengan penduduk desa setempat, sehingga membuatnya tak tega untuk meninggalkan mereka di sana !

Wang Youkun akan berkeliling dengan mobil klinik giginya setiap hari Senin sampai Jumat pagi, dari siang hingga sore, dia bergantian ke tujuh sekolah dasar di daerah desa setempat dan baru kembali ke klinik menjelang malam.

Selama hampir 30 tahun ini ia mengisi hari-harinya yang sibuk seperti itu, sementara Wu Qiongfen, istrinya yang bertugas sebagai apoteker selalu menemaninya keliling puluhan kilometer setiap hari untuk memastikan kesehatan gigi orang dewasa maupun anak-anak.

Wang Youkun, yang memiliki masalah glukosuria keluarga, mengalami infark miokard 2 tahun yang lalu karena terlalu lelah, dan segera dilarikan ke rumah sakit besar untuk kateterisasi jantung.

Pada awal tahun baru ini kembali melakukan operasi lagi, tetapi ia tetap bersikeras untuk tetap tinggal di desa terpencil tersebut. Dia mengatakan bahwa sangat baik buka praktek di desa, hanya saja dia merasa bersalah pada anak-anaknya, karena tidak bisa berkumpul dan menemaninya. Namun, anaknya justru mengatakan bahwa dia ingin meneruskan perjuangannya di masa depan, sehingga membuat lega Wang.

Pusat Departemen Asuransi Kesehatan Taiwan juga menyatakan bahwa mereka akan terus memberikan bantuan medis ke daerah pedesaan di masa depan untuk mengurangi tingkat kerusakan gigi anak-anak di daerah pedesaan.

Bagi penduduk di daerah pedesaan, klinik berjalan seperti itu membuat mereka merasa sangat tersentuh, karena penuh dengan sentuhan kemanusiaan.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds