9 Alasan Jangan Berikan Mainan Buatan Tiongkok pada Anak Anda

Sekitar 80 persen dari semua mainan yang dijual di seluruh dunia diproduksi di Tiongkok daratan.

Seringkali, masyarakat tidak ingin tahu bahwa mainan tersebut berbahaya sampai seorang anak terluka, atau sebuah pengaduan diselidiki dan penarikan mainan dari peredaran berikutnya dipublikasikan.

1. Mainan Binatang Karet

Lebih dari 31.000 unit mainan binatang karet buatan Tiongkok ditarik di Amerika Serikat pada Agustus tahun lalu karena terkontaminasi cat.

BSN Sports telah menjual mainan dari Februari 2017 hingga Juni 2018. Mereka datang dalam berbagai model binatang dan terutama digunakan dalam aktivitas-aktivitas fisik seperti permainan melempar.

“Insiden baru tersebut karena terkontaminasi timbal (timah hitam) di dalam mainan pada tahun 2018 menyoroti bagaimana produk-produk untuk anak-anak yang terkontaminasi timbal masih berada di rak-rak toko dan sampai ke tangan anak-anak,” menurut sebuah laporan oleh kelompok Public Interest Research AS.

Tidak ada kadar timbal darah yang aman pada anak-anak yang telah diidentifikasi, dan paparan bahan kimia ini dapat memengaruhi hampir setiap sistem di dalam tubuh, demikian peringatan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

2. Mainan dengan Magnet Longgar

mainan anak beracun
Seorang anak gadis Tionghoa melihat mainan “Barbie and Tanner” yang dibuat oleh raksasa mainan AS Mattel, yang masih dijual di Tiongkok meskipun telah ditarik dari peredaran di AS, di sebuah department store di Shanghai, 15 Agustus 2007. Menurut komisi tersebut, aksesoris seperangkat mainan “scooper” tersebut memiliki magnet kecil yang mudah terlepas. (Mark Ralston / AFP / Getty Images)

Penarikan kembali dari peredaran untuk mainan-mainan binatang karet tersebut mengacu pada penarikan kembali tahun 2007 atas 19 juta mainan yang dibuat di Tiongkok, yang setengahnya didistribusikan di Amerika Serikat. Mainan itu dirancang oleh Mattel, perusahaan mainan terbesar di negara tersebut.

Di antara penarikan-penarikan itu adalah seperangkat mainan Barbie dan Tanner, boneka Polly Pocket, dan berbagai tokoh aksi.

Sebanyak 18,2 juta dari total mainan tersebut berisi magnet kecil dan berdaya kuat yang bisa terlepas.

“Magnet yang ditemukan oleh anak kecil dapat ditelan atau dihisap. Jika lebih dari satu magnet tertelan, magnet-magnet dapat saling menarik dan menyebabkan perforasi atau penyumbatan usus, yang bisa berakibat fatal,” menurut Komisi Keamanan Produk Konsumen AS.

mainan anak beracun
Komisi Keamanan Produk Konsumen AS mengumumkan penarikan jutaan mainan yang diproduksi oleh Mattel Inc., termasuk mobil mainan die-cast “Sarge” ini. Komisi meminta para konsumen untuk segera menjauhkan mainan tersebut dari anak-anak dan menghubungi Mattel. (Chip Somodevilla / Getty Images)

Penarikan-penarikan berikutnya terdiri dari 436.000 mobil mainan model koleksi yang diproduksi dengan menggunakan metode menekan logam cair ke dalam cetakan (die-cast toy) buatan Tiongkok yang menggambarkan karakter Sarge dari film animasi “Cars”, yang dilapisi dengan cat timbal di tingkat kadar yang melebihi standar federal.

“Tidak ada sistem yang sempurna,” Robert A. Eckert, ketua dan kepala eksekutif Mattel mengatakan kepada New York Times. “Tidak ada jaminan bahwa kita tidak akan menemukannya lagi di sini.”

3. Bola Mantul dan Boneka

Terungkap bahwa 516.000 bola mantul buatan Tiongkok yang dijual antara Januari 2012 dan Juli 2018 di Kanada perlu ditarik kembali menyusul penemuan bahwa kadar phthalate (PVC) melebihi batas yang telah ditentukan.

Segera setelah penarikan ini, seperangkat boneka plastik “Montoy” yang dijual dengan rantai diskon Dollarama menghadapi masalah kimia yang serupa, yang mengakibatkan dikeluarkannya sekitar 52.000 mainan tersebut dari rak-rak toko.

Anak-anak yang mengisap atau mengunyah mainan yang mengandung pengganggu endokrin ini dapat mengalami masalah-masalah reproduksi dan perkembangan.

4. Perhiasan Logam Anak-Anak

mainan anak beracun

Seseorang memakai gelang logam. (Lisa Paul / Flickr / CC BY 2.0)

Perhiasan logam yang dikenakan oleh anak-anak ditemukan mengandung kadar timbal yang tinggi.

Pada tahun 2007, sekitar 103.000 kalung, gelang, hiasan, dan anting-anting multi-warna yang diimpor oleh Tween Brands Inc., New Albany, Ohio, terkena dampaknya. Mereka dijual secara nasional di toko-toko ritel Limited Too dan Justice.

Beberapa perhiasan tersebut dipromosikan sebagai “High School Musical”, sementara yang lain telah menjadi hiasan sederhana yang diubah dari rantai-rantai atau tali.

Populer di kalangan orang-orang Kristen adalah kalung anak-anak yang dihiasi dengan simbol ikan, dan sekitar 132.000 ditemukan terkontaminasi dengan timbal pada tahun 2007.

Pada tahun yang sama, 300.000 cincin berwarna perak ditemukan mengandung kadar timbal tinggi. 200.000 perhiasan yang diimpor oleh Spandrel Sales and Marketing Inc., Tempe, Arizona juga tercemar, dan sebagian besar dijual di mesin penjual otomatis seharga 25 sen, sebuah penawaran untuk mati.

5. Mainan Spiderman

mainan anak anak beracun
Mainan Spiderman. (Mark Anderson / Flickr / CC BY 2.0)

Pada tahun 2016, sebuah perusahaan didenda US$23.400 karena menjual mainan palsu Tiongkok yang ditujukan untuk pasar Natal di Inggris.

Di antara 3.700 item yang disita, mainan Spiderman berisi cangkir sedotan kecil dan longgar yang menimbulkan bahaya tersedak bagi anak-anak kecil.

6. Sepeda dan Pensil, Dll

sepeda anak buatan cina tiongkok salah produksi
Anak jatuh dari sepedanya. (Ian Carroll / Flickr / CC BY 2.0)

Sekitar 6.400 sepeda anak-anak yang diproduksi di Tiongkok telah ditarik kembali menjelang musim liburan tahun 2009 karena kesalahan pembuatan gagang sepeda yang menyebabkan pengendara kehilangan kendali.

Dalam periode waktu yang sama, 10.000 tripod seni anak-anak telah ditarik kembali karena mengandung timah yang melebihi batas federal.

7. Kereta Dorong Bayi

kereta dorong bayi buatan cina tiongkok salah produksi
Pria mendorong kereta bayi di jalan dengan boneka di dalamnya. (Rachel Docherty / Flickr / CC BY 2.0)

Meskipun bukan mainan untuk anak-anak, kereta bayi buatan Tiongkok membuat daftar hampir satu juta model telah ditarik kembali pada tahun 2009 ketika setidaknya 12 bayi dilaporkan mengalami jari-jari mereka diamputasi setelah terjepit di dalam engsel kereta dorong.

Komisi Keamanan Produk Konsumen AS memperingatkan bahwa penarikan kembali model-model yang bersangkutan sama tuanya dengan yang dijual pada tahun 1999 di toko-toko termasuk Target dan Babies R Us.

8. Dot

dot bayi buatan cina tiongkok salah produksi
Seorang bayi tidur dengan dotnya di sebelahnya. (Hamed Sabre / Flickr / CC BY 2.0)

Sekitar 641.000 dot yang diproduksi di Tiongkok ditarik kembali pada tahun 2009 karena menimbulkan bahaya tersedak.

9. Studi tentang Mainan yang Dijual di Tiongkok

Dalam sebuah penelitian tahun 2011 oleh para peneliti dari Greenpeace dan IPEN, 500 mainan dan produk untuk anak-anak di lima kota besar Tiongkok, termasuk Beijing, Hong Kong, dan Shanghai, telah diuji untuk kadar kontaminasi.

Mereka menemukan bahwa 32 persen mainan tersebut tercemar timah hitam, arsenik, admium, merkuri, antimon, atau kromium. Setiap logam tersebut dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sistem saraf dan kekebalan tubuh anak.

Tidak hanya mainan-mainan ini dapat meracuni anak-anak ketika disentuh atau dicerna, logam ini dapat masuk ke tubuh melalui udara yang mereka hirup, menurut Ada Kong Cheuk-san, seorang juru kampanye Greenpeace.

mainan anak anak beracun
Hot Wheels, dibuat oleh Mattel, ditampilkan di rak di toko Target pada 25 Juli 2018 di San Rafael, California. (Justin Sullivan / Getty Images)

Beberapa mainan yang telah diuji tersebut adalah milik merek-merek yang dijual di luar Tiongkok. Dua mobil mainan buatan Mattel, masing-masing bermerek Hot Wheels dan Speed Machines, ditemukan mengandung arsenik. Tidak jelas apakah produk ini dibuat oleh pabrik yang sama yang memproduksi mainan untuk pasar luar negeri.

Menanggapi penelitian tersebut, pemilik Rongjun Toys Industrial mengatakan kepada South China Morning Post bahwa dia terkejut bahwa salah satu produknya, mobil mainan, disebut mengandung kadar timbal yang berlebihan, mengatakan bahwa mainan itu “seharusnya” bebas dari logam berat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang mainan yang berpotensi berbahaya dan cara melindungi anak-anak Anda, kunjungi laporan tahunan PIRG A.S “Trouble in Toyland.” (ran)

Video pilihan:

Lima Anak Terkena Infeksi Otak Parah Gara gara Flu

https://www.youtube.com/watch?v=mOAqaLPs40s