Erabaru.net- Masyarakat yang merayakan Imlek di Asia menyambut Tahun Imlek Babi dengan kunjungan ke kuil, jamuan keluarga, dan berwisata pada 5 Februari 2019.

Perayaan berlangsung di seluruh wilayah Asia. Jalan-jalan Beijing dan kota-kota besar Tiongkok lainnya sepi dan kosong setelah jutaan orang mengunjungi kerabat atau melancong ke luar negeri selama liburan keluarga terbesar tahun baru.

Keluarga berkumpul di rumah dengan  jamuan multigenerasi. Perusahaan, toko dan kantor pemerintah tutup dalam agenda liburan resmi yang berkisar dari dua hari di Korea Selatan hingga satu minggu di Tiongkok.

Hong Kong

Warga berbaris berjam-jam di Kuil Wong Tai Sin Hong Kong untuk menyambut tahun baru dengan menyalakan dupa.

“Harapan pertama saya adalah perdamaian dunia,” kata Lana Wong, aktris Hong Kong, 88.

Warga membakar dupa dan berdoa di Wong Tai Sin Temple untuk menyambut Tahun Baru Imlek Babi di Hong Kong pada akhir 4 Februari 2019. (Philip Fong / AFP / Getty Images via The Epochtimes)

“Setiap orang memiliki makanan untuk dimakan, pekerjaan dan rumah untuk ditinggali. Para lansia juga berharap pemerintah akan merawat mereka dengan lebih baik.”

Tiongkok Daratan

Di Beijing, vendor menjual mainan yang bermerek dengan karakter kartun Inggris Peppa Pig, mengalami lonjakan popularitas untuk Tahun Babi.

“Harapan saya untuk tahun baru adalah promosi, kenaikan gaji dan mencari pacar,” kata warga, Cui Di, seorang karyawan perusahaan asing berusia 28 tahun.

Liburan di Tiongkok daratan ditandai oleh membludaknya perjalanan tahunan terbesar ketika ratusan juta orang mengunjungi kota asal mereka atau bepergian ke luar negeri.

Kementerian perkeretaapian memperkirakan para pelancong dari daratan akan melakukan 413 juta perjalanan selama periode tiga minggu di sekitar hari libur.

Warga di daratan menyemarakkan Imlek dengan miliaran kembang api untuk merayakan tahun baru.

Sebuah ledakan di sebuah toko kembang api ilegal di Cina selatan menewaskan lima orang Selasa pagi. Penyelidik mengatakan ledakan dipicu oleh kembang api yang dinyalakan oleh penjaga toko di luar toko.

Thailand

Di Bangkok, orang-orang menyalakan dupa dan membakar uang kertas dan persembahan simbolis lainnya untuk kerabat yang telah meninggal meskipun pemerintah mengimbau agar jangan berkontribusi terhadap kabut asap.

Beberapa pemilik toko menjual kertas simbolis untuk dibakar sebagai persembahan mengikuti janji resmi pemilihan tahun ini, yang pertama setelah empat tahun pemerintahan militer.

Indonesia

Calon Presiden 01 Joko Widodo dan Calon Presiden 02 Prabowo Subianto kompak mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2019. Keduanya kompak mengunggahnya di akun media sosial mereka masing-masing.

Jokowi melalui akun instagramnya mengucapkan selamat Imlek serta harapan agar tahun ini dipenuhi dengan kedamaian dan berlimpah cinta. Sementara itu, Prabowo menulisnya melalui akun Twitter pribadinya, @prabowo. Ia menulis kalimat ucapan, Gong Xi Fa Cai.

Bersamaan perayaan Imlek di Jakarta, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi Vihara Dharma Bakti di kawasan Petak Sembilan, Jalan Kemenangan III, Kelurahan Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi Vihara Dharma Bakti di kawasan Petak Sembilan, Jalan Kemenangan III, Kelurahan Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat. (Foto : Beritajakarta.id)

Saat di Glodok, Anies didampingi oleh dia putranya Mikail Azizi dan Ismail Hakim. Pada kesempatan itu, Anies turut melakukan tradisi melepaskan burung pipit dari sangkar.

Pada kesempatan itu,  Anies menyampaikan atas nama Pemprov DKI Jakarta dan warga Jakarta ingin menyampaikan ucapan selamat tahun baru.

“Gong Xi Fa Cai. Semoga tahun ini membawa keberkahan dan kesuksesan,” katanya Selasa (5/2/2019). (asr)

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds