Erabaru.net. Meskipun istilahnya mungkin terdengar agak aneh, hiu paus adalah hewan yang agung dan cantik, dan sebenarnya adalah ikan terbesar di bumi ini. Sayangnya, sekelompok hiu paus ini terjebak di jaring ikan besar di Indonesia dan mereka mungkin terpancing secara tidak sengaja.

Mereka juga merupakan spesies yang terancam punah, dan insiden memancing seperti ini hanyalah salah satu alasannya. Meskipun spesies ini dilindungi oleh hukum internasional, mereka sering menjadi korban perburuan langsung.

Meskipun keempat hiu paus sudah terlihat sangat besar, mereka sebenarnya masih remaja. Hiu paus dewasa dapat tumbuh menjadi ikan yang jauh lebih besar, sebanding dengan rata-rata ukuran bus sekolah.

Ikan-ikan itu terperangkap di Teluk Cenderawasih di Papua Barat, tetapi tim penyelam penyelamat ingin melakukan segala yang mereka bisa untuk membebaskan ikan-ikan yang indah ini dari kesulitan mereka.

Sumber: Caters TV

“Pada hari itu, kami dekat dengan kapal nelayan dan menawarkan bantuan kami untuk melepaskan hiu tanpa kehilangan tangkapan sepanjang malam, penyelam kami menarik jaring sedikit dan mendorong hiu,” kata salah satu penyelam dalam pernyataan kepada Caters News.

Rekaman penyelamatan baik di atas dan di bawah air telah ditangkap, dan penyelam melakukan yang terbaik untuk mencoba membebaskan mereka dari jaring ikan yang sangat besar, yang mungkin digunakan untuk menjebak ikan teri. Beberapa penyelam mencoba menarik jaring ke bawah sehingga hiu paus bisa berenang bebas, tetapi penyelam lain pindah ke sisi lain untuk membantu mereka memulai dengan memberi mereka dorongan lembut.

Hiu paus masih berjuang untuk lepas, tetapi beberapa ikan besar berhasil keluar dengan selamat. Dua lainnya masih berada di dasar jaring ikan, sehingga para penyelam harus membongkar jaring ikan sepenuhnya untuk mengeluarkan mereka. Misi selesai!

Sumber: Caters TV

Setelah penyelamatan, beberapa hiu paus bahkan tetap dekat dengan penyelam untuk sementara waktu dan mulai berenang bersama mereka, mungkin sebagai cara untuk menunjukkan rasa terima kasih mereka. Hiu paus diketahui memiliki perilaku pasif dan tidak agresif di dalam air.

Kelompok advokasi laut Oceana senang mendengar bahwa penyelamatan berhasil. (rpg)

Sumber: animalchannel

video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds