WASHINGTON — Di tengah ketegangan antara Amerika Serikat dengan Tiongkok, sekelompok senator Republik AS meminta Juru Bicara Dewan Perwakilan Rakyat Nancy Pelosi mengundang Presiden Taiwan Tsai Ing-Wen untuk berpidato dalam pertemuan bersama Kongres AS, sebuah undangan yang akan membuat Beijing marah jika hal itu diteruskan.

Para senator tersebut, termasuk Cory Gardner, Marco Rubio, Tom Cotton, John Cornyn dan Ted Cruz, merilis surat mereka untuk Pelosi pada 7 Februari, menjelang tenggat waktu 1 Maret untuk Washington dan Beijing mencapai kesepakatan perdagangan.

Hubungan antara Tiongkok dengan Washington telah tegang dalam beberapa bulan terakhir. Banyak anggota parlemen AS mengkritik praktik-praktik bisnis Tiongkok dan menuduh pemerintahnya melakukan spionase dan pelanggaran HAM.

Kedua negara telah mengambil jeda 90 hari dalam perang dagang mereka untuk menuntaskan kesepakatan, dan putaran pembicaraan dijadwalkan minggu depan di Tiongkok.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan di Taipei Times bahwa tidak ada rencana bagi presiden untuk mengunjungi Washington dan menyampaikan pidato di Kongres A.S.

Asisten Pelosi, seorang Demokrat, tidak segera menanggapi permintaan komentar. (ran)

Video pilihan: 

Terungkap, Huawei Mencuri Teknologi Dengan Memberi Imbalan

Share

Video Popular