Erabaru.net. Ketika aktor Burton Collins mengunjungi neneknya yang sakit, dia mengatakan sesuatu yang benar-benar menyentuhnya. Sang nenek bertanya kepadanya, “Bagaimana aku bisa membantumu mengucapkan selamat tinggal?” Sesaat sebelum kematiannya di tahun 1988, dan kenangan itu bertahan selama bertahun-tahun.

Mengubah Ungkapan Itu Menjadi Lagu

Dia dikenalkan dengan penyanyi-penulis lagu Karen Taylor-Good, yang terkenal karena Top 40-nya “Diamond In The Rough” pada tahun 1982. Bersama-sama, mereka menggubah musik dan menulis lirik untuk menyertai kata-kata nenek Collins, yang mereka gunakan sebagai judul dari lagu, “How Can I Help You Say Goodbye” (Bagaimana aku bisa membantumu mengucapkan selamat tinggal).

Lagu ini mengisahkan seorang wanita muda dan tiga kehilangan besar yang dia alami sepanjang hidupnya. Pertama, saat masih anak-anak, wanita ini kehilangan sahabatnya. Selanjutnya, dia dan suaminya memutuskan untuk berpisah, dan terakhir, masa-masa sebelum ibunya meninggal. Sementara sang wanita berkabung atas setiap kehilangan, ibunya bertanya padanya,

“How can I help you to say goodbye? (Bagaimana aku bisa membantumu mengucapkan selamat tinggal?)

It’s OK to hurt, and it’s OK to cry (Tidak apa-apa untuk merasa terluka, dan tidak apa-apa untuk menangis)

Come, let me hold you and I will try (Sini, biar aku memelukmu dan aku akan mencoba)

How can I help you to say goodbye?” (Bagaimana aku bisa membantumu mengucapkan selamat tinggal?)

Penyanyi country Patty Loveless memasukan “How Can I Help You Say Goodbye” di album 1993-nya “Only What I Feel.” Kemudian label rekaman Loveless merilis “How Can I Help You Say Goodbye” sebagai single, dan itu terjadi pada Maret 1994.

Sukses Besar

Lagu ini naik terus di tangga lagu, mencapai nomor tiga pada bulan Juni. Lagu ini sangat diterima, dinominasikan untuk Grammy Award untuk Penampilan Vokal Wanita Country Terbaik dan Lagu Country Terbaik. Video musiknya dinominasikan untuk Video of the Year di CMA dan ACMs.

Loveless membuktikan keahliannya sebagai pendongeng yang luar biasa dalam lagu sedih.

Ketika Hidup Meniru Seni

Selama wawancara tahun 2008 dengan Country Universe, Loveless mengungkapkan bahwa lagu tersebut memiliki arti yang sama sekali baru baginya setelah ibu dan ibu mertuanya meninggal dalam waktu sangat dekat.

“Ketika saya kembali ke Georgia pada hari yang lain, saya mendengarkan ‘How Can I Help You to Say Goodbye.’ Itu sebenarnya versi live dari beberapa waktu yang lalu, dan saya menangis,” dia berkata. “Emosi terasa seperti orang yang berlari kencang … Sekarang saya telah hidup melalui lagu itu, setelah pengalaman dengan ibu saya, dan saya terhubung dengannya. Dengan semua itu.”

Dia juga mengungkapkan bahwa tujuan dari lagu ini adalah untuk tidak fokus pada kesedihan dibaliknya, itu adalah “untuk menyampaikan lagu yang menyembuhkan… memberi orang harapan, bahkan ketika harus melalui kesedihan.”

Tonton video musik “How Can I Help You Say Goodbye” di atas. (rpg)

Sumber: countrymusicfamily

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds