Erabaru.net. Adalah umum untuk melihat banyak pemilik anjing memberi makan anjingnya dengan potongan tulang. Tampaknya, praktik umum ini dapat menyebabkan masalah kesehatan serius bagi anjing.

Sebuah rumah sakit hewan di Taiwan baru-baru ini menerima satu pasien anjing dengan masalah perut. Mereka kemudian menemukan bahwa anjing itu telah diberi makan secara teratur dengan tulang, yang mengarah ke penumpukan tulang yang tidak tercerna di perut anjing tersebut.

Rumah sakit kemudian memutuskan untuk mengingatkan masyarakat agar tidak memberi makan anjing dengan tulang karena tulang tidak mudah dicerna oleh anjing.

1,3 kg tulang yang tidak tercerna diambil dari perut anjing.(Foto: Facebook / 鍾佩妤)

“Tolong berhenti memberi makan anjing Anda dengan tulang terutama yang dari makanan yang dimasak karena fragmen tulang yang tajam dan dapat dengan mudah menembus saluran pencernaan,” tulis dari posting tersebut.

Tulang yang tidak tercerna di perut mereka nantinya akan menyebabkan banyak masalah kesehatan pada anjing karena fragmen tulang mungkin pecah dan menyebabkan luka di perut dan usus anjing.

Sementara banyak bukti menunjukkan bahwa mengunyah tulang dapat membantu menstimulasi rahang anjing dan menyediakan sumber kalsium alami bagi gigi taring, itu dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan.

Memberi makan tulang yang dimasak kepada anjing bisa berbahaya karena tulang yang sudah matang dapat membuat serpihan di perut mereka.

Untuk menghindari hal ini, memberi makan anjing peliharaan Anda dengan tulang mentah seperti leher ayam atau sayap ayam mentah bisa menjadi alternatif yang lebih baik karena tulang mentah tidak mudah pecah.

Anda juga bisa memberi makan tulang kulit mentah anjing peliharaan Anda. Tulang kulit mentah memungkinkan anjing mengunyah dengan aman saat berolahraga, merangsang aliran air liur dan menjaga kesehatan gusi mereka.

Ilustrasi foto tulang kunyah. (Foto: Hendricksfeed)

Ikuti tips ini untuk memastikan mengunyah tulang aman untuk anjing Anda:

Biarkan anjing peliharaan Anda mengunyah tulang untuk waktu terbatas setiap hari. Setelah mereka selesai mengunyah tulang, bilas dan masukkan ke lemari es. Anda mungkin ingin membilasnya dengan cuka untuk membunuh bakteri sebelum menaruhnya di lemari es.
Buang tulang kunyah setelah beberapa hari.
Pastikan untuk mengamati anjing peliharaan Anda saat mengunyah tulang. Jika tulangnya cukup kecil untuk ditelan, buanglah untuk menghindari tersedak.

(Foto: Pixabay)
Yang paling penting, selalu awasi anjing Anda ketika Anda memberikannya. Jika Anda khawatir tentang aman atau tidaknya mengunyah tulang pada anjing Anda, selalu konsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu.(yant)

Sumber: GoodTimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular