Erabaru.net. Penculikan bayi dan anak-anak di Tiongkok dilaporkan terjadi hampir setiap hari. Kasus perdagangan manusia di negara ini sangat serius oleh karena itu para orangtua mengkhawatirkan keselamatan anak-anak mereka.

Jika ada orangtua yang lengah, mereka mungkin bisa menjadi korban. Untuk mengambil tindakan pencegahan itu, tidak harus orangtua dan pihak keamanan saja yang memainkan peran, tetapi masyarakat juga wajib ikut berperan. Sebagai warga negara yang bertanggung jawab, mereka juga dapat membantu.

Seorang wanita di Chengdu ini misalnya, dia sedang naik bus ke tujuannya ketika melihat dengan pemandangan aneh seorang penumpang pria dengan bayinya. Dia curiga pria ini bukan ayah dari bayi itu dan dengan segera meraih ponselnya dan mengambil foto mereka.

Ilustrasi. (Foto: visualhunt)

Wanita pemberani dan peduli ini awalnya naik bus dari Stasiun Wanxiang di Chengdu. Dia duduk di kursi bagian belakang ketika dia melihat seorang pria menggendong bayi dalam kondisi yang tidak nyaman. Bayi itu menangis tanpa henti dan pria ini juga terlihat tidak tahu bagaimana cara menenangkannya. Gerak geriknya sangat mencurigakan.

Selain itu, cuaca sangat dingin dan semua orang mengenakan baju lengan panjang dan lebih tebal. Bayi itu terlihat mengenakan baju tipis seperti yang digunakan di rumah. Bagi kita yang kedinginan, pasti bertanya dalam hati, orangtua seperti apa yang membiarkan anak mereka kedinginan? Memakaikan baju tipis tak berlengan dan membawanya keluar untuk berjalan-jalan.

(Foto: Weibo)

Wanita ini memperhatikan gerak gerik pria itu dengan bayinya dan dia mulai merasa curiga bahwa bayi itu benar-benar telah diculik. Karena hanya ada beberapa penumpang di dalam bus, wanita ini tidak ingin membuat keributan dan mengejutkan pria itu. Jadi dia tetap diam dan merekam gambar dan perilaku anak laki-laki dan bayi itu di teleponnya. Dan diam-diam dia mengirimnya melalui aplikasi pesan instan dengan informasi ke Kantor Kepolisian Chengdu.

Namun, pesannya tidak segera mendapat tanggapan, jadi dia terus mengamati gerakan pria itu dan mengikutinya untuk melihat di mana tujuan.

(Foto: Weibo)

Pada saat itu, masih ada dua stasiun bus lagi sebelum bus berhenti di terminal. Baterai ponsel pintar wanita ini hampir habis dan dia harus turun dari bus. Wanita itu telah menghubungi polisi untuk tindakan segera dan pulang ke rumah untuk mengisi baterai telepon.

Dalam dua jam, polisi menghubungi wanita itu dan meminta informasi lebih lanjut tentang pria itu dan foto-foto yang telah ia kirim. Dengan tindakan segera, tersangka berhasil ditangkap ketika ia berada di stasiun kereta api dan polisi menemukan bayi yang diculik olehnya.

(Foto: Weibo)

Setelah berhasil menangkap para penjahat, polisi telah memberi tahu wanita itu bahwa orangtua bayi itu telah melaporkan kehilangan anak mereka. Orangtua bayi tersebut telah dapat menemukan anaknya hasil dari informasinya. Departemen Kepolisian Chengdu memuji tindakan cepat wanita ini karena menjadi ‘warga negara Chengdu yang peka dan peduli.’

Wanita ini senang dan merasa terhormat telah menyelamatkan keluarga dari menjadi korban penculikan dan perdagangan manusia. Orang yang baik, sensitif, dan penuh perhatian akan dapat memberantas kejahatan dan menyelamatkan nyawa orang lain.(yant)

Sumber: Erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular