Erabaru.net. Seorang wanita berusia 40 tahun di Taichung tidak dalam keadaan hamil, tetapi ukuran perutnya seperti wanita hamil usia 8 atau 9 bulan. Dia berpikir badannya menjadi gemuk, jadi tidak peduli sampai dia merasa tidak nyaman dengan kembung di perutnya baru ke dokter.

Ketika berada di ruang gawat darurat, staf perawat yang mengira dia akan segera melahirkan lalu bertanya,: “Ibu mau melahirkan ya?” Membuat wanita itu bukan main malunya dan salah tingkah.

(Foto : Adobe Stock)

Dari hasil pemeriksaan dokter ditemukan, wanita itu didiagnosis menderita kanker kolorektal stadium IV, dan tumornya bahkan sudah tumbuh hingga 10 cm, sehingga menghalangi ususnya, dan tidak bisa mengeluarkan feses.

Setelah ditanya lebih lanjut oleh dokter, wanita itu mengatakan selalu makan steak ayam, minum teh mutiara setiap hari, dan hanya buang air besar setiap 3 atau 5 hari. Baru-baru ini bahkan tidak buang air besar selama dua minggu, tetapi tidak ada gejala tinja berdarah atau gejala apa pun, jadi dia mengabaikannya.

(Foto:Pixabay)

Xu Pei-hao, seorang ahli bedah digestif (bedah bagian perut dan saluran pencernaan) di rumah sakit Chung Shan Medical University Hospital mengatakan, bahwa usus besar wanita itu dipenuhi dengan feses dan juga tersumbat di usus kecil. Jika tidak segera dikleuarkan, akan menyebabkan infeksi, nekrosis usus dan bahkan sepsis.

Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah sel-sel kanker kolorektal wanita itu telah menyebar ke kelenjar getah bening dan pembesaran aorta, dan kondisinya sangat serius.

Dokter Xu Pei-hao menjadwalkan operasi darurat untuk wanita itu. Setelah membuang feses dan menghilangkan distensi perut, kemudian baru mengangkat tumor sebesar 10 cm, diikuti oleh kemoterapi.

Tapi tak disangka, penyakitnya masih belum pasti bisa disembuhkan atau tida. Wanita itu malah buru-buru bertanya pada dokter kapan bisa makan steak ayam dan minum teh susu mutiara lagi?

Dokter yang menanganinya pun terperangah dan bahkan sangat sedih melihat wanita itu tidak peduli pada nyawanya sendiri.

(Foto:Pixabay)

Dia mengingatkan wanita itu untuk menyayangi hidupnya, sekaligus orang-orang agar memperhatikan pola makan sehat, hindari makanan berlemak, garam dan kadar gula tinggi.

menemukan kebiasaan BAB tidak seperti biasanya, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan sesegera mungkin.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular