Erabaru.net.Tekanan darah tinggi, lemak darah tinggi, dan gula darah tinggi adalah “tiga (penyakit) tinggi” dan merupakan tiga pembunuh kesehatan kita. Saat kita sedang berjuang melawan penyakit yang dijuluki tiga tinggi ini, penyakit tinggi keempat diam-diam menyusul yakni asam urat tinggi.

Dan makanan terbaik untuk mengatasi asam urat ternyata adalah “dua jenis sayuran”ini! Cukup konsumsi dua minggu, kaki yang awalnya nyeri itu pun tidak sakit lagi!

Menurut Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) , asam urat termasuk dalam kategori “rematik”, penyebabnya juga dibagi menjadi banyak jenis, seperti kelembaban, dingin, stasis darah – penyumbatan aliran darah karena kotoran atau toksid, defisiensi ginjal dan hati, dan semacamnya, jadi harus diatasi dengan pengobatan berdasarkan faktor penyebabnya.

Menurut pengobatan Barat, bahwa terjadinya asam urat karena adanya gangguan metabolisme purin. Purin adalah protein yang mengalami metabolisme di dalam tubuh menjadi asam urat.

Kadar asam urat dalam tubuh berasal dari makanan dan metabolisme tubuh, sebagian besar akan dikeluarkan dari tubuh melalui urin.

Secara alamiah, purin terdapat dalam tubuh dan dijumpai pada semua jenis makanan dari sel hidup, yakni makanan dari tanaman (sayur, buah, kacang-kacangan) atau hewan (daging, jeroan, ikan sarden).

Asam urat merupakan hasil metabolisme di dalam tubuh yang kadarnya tidak boleh berlebihan. Jadi, setiap orang memiliki asam urat di dalam tubuh karena pada setiap metabolisme normal menghasilkan asam urat.

Oleh karena itu, hal yang paling penting untuk mengobati asam urat adalah membuang asam urat sesegera mungkin, dan pastikan asam urat baru terbentuk seminim mungkin. Hal ini membutuhkan pembatasan minum dan makan makanan dengan kadar purin tinggi (terutama daging, jeroan).

Makan makanan rendah purin (terutama buah-buahan dan sayuran). Di antaranya adalah bligo/kundur, mentimun dan sayuran lainnya, khasiatnya dalam menyingkirkan asam urat sangat efektif.

Buah atau sayur bligo/kundur berkhasiat melancarkan air seni, meredakan panas dalam, mengencerkan dahak dan meredakan dahaga, sehingga efektif dalam mengobati nefritis, edema, asma, panas tubuh, wasir dan gejala penyakit lainnya.

Buah atau sayur bligo/kundur inis sangat baik bagi wanita hamil, terutama untuk kesehatan janinnya, jadi jelaslah buah kundur adalah makanan yang sangat aman, dan disarankan bagi wanita hamil untuk mengonsumsinya secara rutin.

Sup buah bligo/kundur

Bahan: 250 gram bligo/kundur, secukupnya bawang merah, jahe, garam.

Cara membuat :

1. Cuci bersih buah kundur, buang kulitnya, dan potong-potong kecil. Cincang halus bawang merah dan jahe ;

2. Masukkan air ke dalam panci, masukkan potongan kundur dan jahe cincang, didihkan dengan api besar dan ganti dengan api kecil setelah mendidih, tutup rapat dan rebus selama 2 menit.

3. Tambahkan garam secukupnya, taburi dengan daun bawang, sajikan.

Khasiat: Sup bening ini sangat cocok dikonsumsi oleh mereka dengan penyakit ginjal, edema dan asam urat.

Keterangan : Buah bligo/kundur bersifat dingin, bagi mereka yang limpa dan lambungnya lemah, defisiensi ginjal, penyakit jangka panjang, defisiensi ekstremitas dingin (anggota badan) dan periode menstruasi wanita dihimbau sebaiknya hati-hati saat minum sup bersifat dingin ini.

Mentimun

Menurut Pengobatan Tradisional Tiongkok, mentimun bersifat dingin, pahit, sangat baik untuk meridian limpa, lambung, usus besar; memiliki khasiat meredakan panas dalam, melancarkan air seni, dan detoksifikasi.

Kontradiksi polydipsia (rasa haus yang tidak berkesudahan), sakit tenggorokan dan sebagainya. Selain itu juga berkhasiat meredakan panas dalam dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dapat meredakan rasa sakit dan rematik.

Pengobatan Barat menegaskan mentimun sangat berkhasiat dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Eksperimen farmakologis menyebutkkan bahwa kandungan silikon pada timun dapat membantu memperkuat jaringan ikat pada persendian, meredakan artritis dan nyeri asam urat.

Jus wortel dan mentimun

Bahan: 1 buah mentimun, 1 buah wortel

Cara :

1. Buang kedua ujung mentimun, wortel ;
2. Masukkan mentimun dan wortel ke dalam blender dan ikuti instruksi;
3. Tuang jus yang sudah diblender ke dalam cangkir, sajikan.

Khasiat: Jus mentimun campur wortel memiliki citarasa yang menyegarkan, dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, efektif meredakan artritis dan nyeri asam urat.

Keterangan : Anda juga bisa mengonsumsi mentimun dalam keadaan mentah, makan berikut kulitnya. Tapi sebelumnya dicuci bersih terlebih dahulu. Khasiatnya dalam mengeluarkan asam akan lebih baik.

Semoga bermanfaat! (jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular