Erabaru.net. Jika dilihat sudut pandang logika, perbedaan antara manusia dan hewan adalah, gerak-gerik hewan bertindak secara naluriah atau insting.

Sedangkan manusia akan mempertimbangkan dengan standar yang berbeda, mempertimbangkan segala hal ihwal, kemudian baru membuat berbagai keputusan.

Namun, serangkaian foto langka berikut ini menunjukkan singa betina juga memiliki hati nurani dan empati.

Akibatnya sehingga membuat para ahli zoologi mempertanyakan pengetahuan ilmiah yang ada sekarang.

Melansir laman daily mail.co.uk, petualang satwa liar Gerry Van Der Walt memimpin sekelompok orang mengunjungi “Madikwe Game Reserve.”

Tempa ini adalah salah satu suaka margasatwa terbesar di Afrika Selatan.

Selama di kawasan perlindungan hewan ini, tanpa sengaja mereka melihat seekor singa betina sedang melahap antelope.

Sebenarnya, tidaklah mengherankan melihat hewan karnivora menikmati makan siangnya.

Tapi ketika singa betina ini melihat mangsanya dalam keadaan hamil, terjadilah sesuatu yang sangat menyentuh.

Saat singa itu sedang menikmati jeroan antelope, singa itu seketika berhenti menyantapnya.

Apa yang terjadi? ketika melihat mangsa yang disantapnya itu adalah seekor induk antelope yang tengah hamil, sekilas singa itu tampak terlihat sedih.

“Saya pernah melihat singa membunuh mangsanya yang hamil, tapi umumnya mereka akan terus melahapnya dengan buas, ujar Gerry.

“Tapi pemandangan dan suasana yang saya saksikan sekarang membuat kami merasa sedih.”

“Singa betina tersebut perlahan-lahan menggondol bayi dari dalam perut antelope yang telah menjadi bangkai, kemudian ia mencium dan mengamati cukup lama antelope yang baru lahir itu.”

Bahkan sesuatu yang terjadi selanjutnya tampaknya menyalahi ilmu pengetahuan yang dikenal manusia dan akal sehat di dunia hewan.

Singa betina tersebut ingin melihat apakah janin antelope itu masih hidup atau tidak, dan ketika ia melihat tidak ada tanda-tanda kehidupan, ia pun menyembunyikannya di balik semak-semak.

Setelah itu, sang singa tidak meninggalkan tempat itu, tapi ia mondar mandir di sekitar.

Sang singa juga tidak lagi memakan induk antelope, tampaknya ia merasa bersalah atas tindakannya.

Gerry membayangkan pemandangan yang sangat menyentuhnya ketika itu, sang singa betina dengan penuh keibuan mengubur janin antelope.

“Ia meletakkan dengan hati-hati janin antelope itu di atas tanah, kemudian mengamati sekelilingnya dengan tegang. lalu ia dengan lembut mendorong dam membalikkan badan janin antelope itu dengan ujung hidungnya.”

“Sang singa betina memperlakukan dengan lembut janin antelope itu seperti seekor induk terhadap anaknya sendiri.”

“Kami terus memandang arah hutan, melihatnya dengan sangat hati-hati menyembunyikan janin antelope itu di bawah semak-semak.”

“Kemudian mengitarinya beberapa kali, dan terus mengawasi daerah sekitar, seolah-olah menunggu bantuan atau mengantisipasi bahaya.”

Gerry yang sudah lebih dari 20 tahun bekerja untuk konservasi satwa liar itu menuturkan, bahwa itu adalah perilaku singa yang paling istimewa yang pernah dilihatnya,” “Apa yang dipikirkannya? Mengapa ia bertindak seperti itu?”ujar Gerry.

Gerry menuturkan, singa betina itu berbaring cukup lama di samping induk antelope.

Jika kamu menyaksikannya sendiri pasti akan tersentuh menyaksikan pemandangan itu, singa itu sepertinya sangat menyesal memangsa induk antelope yang tengah hamil.

Serangkaian foto yang istimewa ini menunjukkan kepada kita, bahwa hewan juga memiliki hati nurani dan empati.

Temuan nyata yang disaksikan ini benar-benar membangkitkan gejolak, dan mari kita nantikan untuk lebih lanjut memahami kegaiban dunia hewan. (jhon/asr)

Sumber : Epochtimes

VIDEO REKOMENDASI

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular