Erabaru.net. Umumnya, kita tidak akan mengonsumsi makanan yang relatif “kurang sehat” seperti es krim, hot pot (hidangan berkuah berasal dari Tiongkok) atau makanan sejenisnya saat jatuh sakit. Namun, ahli gizi dari Jepang ini justru mengatakan bahwa dalam kondisi tertentu, makan makanan ini saat sakit tidak hanya dapat menyediakan energi, mungkin malah bisa secara langsung menyembuhkan gejala penyakit terkait !

Ilustrasi.(Foto Pixabay)

Melansir laman “everydayhealth.com.tw”, Teiji Nakamura, ketua Asosiasi Pendidikan Nutrisi Jepang, mengatakan bahwa fisik menjadi lemah saat sakit, jadi sebaiknya mengonsumsi makanan yang mudah dicerna dan mengandung makanan berenergi tinggi. Misalnya, meskipun steak mengandung protein tinggi, tapi tidak mudah dicerna dan tidak cocok untuk pasien dengan resistensi rendah.

(Foto:Pixabay)

Dia menyarankan, Anda bisa mencoba konsumsi hot pot dengan citarasa ringan / bening. Tambahkan bahan makanan tinggi protein seperti fillet ikan, tahu, dan ayam atau bahan makanan tinggi protein lainnya, kemudian tambahkan sayuran seperti kubis, daun bawang, wortel, dan jamur atau sayuran lainnya, dapat membantu memulihkan kondisi tidak nyaman pasien.

(Foto:Adobe Stock)

Ahli gizi juga mengatakan, bahwa pasien demam dengan nafsu makan yang buruk sebenarnya dapat memilih makanan bergizi tinggi dan mudah dicerna seperti es krim atau puding.

Jika demam menyebabkan radang atau sakit tenggorokan, dihimbau sebaiknya hindari makanan yang bercitarasa tajam, ganti dengan sup kental dari wortel, labu, atau sup bening ala Perancis. Makanaan-makanan ini tidak hanya mudah ditelan oleh pasien, tetapi beta karoten yang melimpah dalam sup dapat memperkuat selaput lendir.

(Foto:Pexels)

Selain itu, bisa makan yoghurt jika penderita mengalami batuk parah, dan sangat sulit menelan makanan. Yoghurt tidak hanya kaya nutrisi, juga tingi probiotik dan sumber energi, kelebihan yoghurt dapat ditelan langsung, adalah makanan yang sangat cocok untuk penderita batuk.

(Foto:Pixabay)

Terakhir, ahli gizi menekankan, bahwa bentuk pilek itu sebenarnya sangat bervariasi. Penanganan gejalanya baik sebelum dan sesudahnya juga berbeda. Jika menderita flu-pilek, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendiagnosis kondisinya, dengan begitu baru bisa memberikan obat yang tepat supaya pasien bisa sembuh secepatnya.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular