Erabaru.net. Setiap tahun, banyak badak dibunuh oleh para pemburu gelap, seringkali meninggalkan anak-anak yatim piatu yang tidak mampu mengurus diri mereka sendiri. Syukurlah, ada panti asuhan badak untuk membantu, tetapi masalahnya masih sangat besar.

(Foto: Facebok/Thandi’s Fund Raiser)

Anak badak ini tinggal bersama keluarga manusia barunya setelah ibunya dibunuh oleh pemburu karena tanduknya. Tanduk badak bernilai lebih dari emas di pasar gelap, dihargai ribuan dolar sebuah.

Anak badak yatim piatu ini berasal dari Zimbabwe. Dia merindukan ibunya. Namun berkat pengasuh barunya, dia sekarang memiliki rumah dan keluarga untuk merawatnya dengan baik. Namun, tidak semua badak bayi sangat beruntung.

(Foto: Flickr / hermione_ron5)

Badak di seluruh Afrika telah diburu hingga hampir punah. Tanduk mereka digergaji — terkadang saat hewan itu masih hidup. Bangkai badak mati ditinggalkan dan hewan yang sekarat dibiarkan dalam penderitaan. Seringkali, bayi badak yang masih terlalu muda untuk hidup sendiri ditinggalkan tanpa seorang ibu.

Sejak 2008, hampir 6.000 badak telah dibunuh oleh pemburu liar. Masalahnya sangat serius di Afrika Selatan, yang melihat penurunan besar dalam populasi badak setiap tahun.

(Foto: The Rhino Orphanage)

Banyak organisasi telah dibentuk untuk merawat anak badak yang kehilangan ibu mereka dari perburuan liar. ‘Legend Rhino Orphanage’ dan The Rhino Orphanage’ adalah beberapa contoh.

Badak dewasa juga butuh bantuan. Pada 2012 Thandi, badak betina diserang oleh pemburu liar yang memotong tanduknya dan membiarkannya mati. Dia baru saja selamat dari siksaan.

(Foto: Kariega)

Di Lalkipia Kenya, ada Badak Putih Utara jantan bernama Sudan, yang terakhir dari spesiesnya. Sebuah organisasi konservasi lokal mencoba dan tidak berhasil membuat jantan berkembang biak.

(Foto: AA)

Sesuai namanya, Hope adalah badak betina lain yang hampir terbunuh. Dia baru berusia 4 tahun ketika pemburu memotong tanduknya dan meninggalkannya untuk mati. Dia juga selamat hanya setelah dia diselamatkan oleh tim dokter hewan, dan menjalani operasi.

 

asalah perburuan badak sangat serius saat ini. Sayangnya, ini bukan hal yang mudah untuk diatasi. Seringkali, keuntungan jangka pendek saat ini datang dengan mengorbankan dunia masa depan kita. Semua kehidupan, besar atau kecil, layak mendapat martabat dan kasih sayang. Itu pelajaran yang harus kita semua pelajari.(yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

https://www.youtube.com/watch?v=6aUeYkMal7M

Share

Video Popular