Erabaru.net. Presiden AS Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengadakan pertemuan kedua pada hari Kamis di Hanoi, Vietnam, serta pertemuan dalam rangka perluasan pembicaraan yang dihadiri oleh para pejabat senior dari kedua negara. Gedung Putih mengatakan bahwa KTT AS-DPRK gagal mencapai kesepakatan, tetapi kedua pihak berharap untuk bertemu lagi di masa depan.

Trump dan Kim Jong-un mengadakan pembicaraan 4 mata di Hanoi pada hari Kamis, diikuti oleh pertemuan besar dengan para pejabat senior dari kedua belah pihak. Para pejabat AS yang menghadiri pembicaraan termasuk Asisten Keamanan Nasional Bolton dan Menlu. AS Mike Pompeo.

Presiden Trump mengatakan bahwa kedua pihak memiliki diskusi yang sangat baik.

Pada hari Kamis pagi, Presiden Trump sebelum pertemuannya dengan Kim Jong-un mengatakan : “Kecepatan tidak begitu penting bagi saya. Saya menghargai (upaya Korut)menghentikan peluncuran roket nuklir, rudal, atau uji coba senjata lainnya. Saya tidak terburu-buru untuk menggapai hasil akhir.”

BACA JUGA : Momen Jabat Tangan Memulai KTT Trump-Kim di Vietnam

Korea Utara tidak lagi melakukan uji coba rudal balistik atau senjata nuklir antarbenua sejak akhir tahun 2017.

Kim Jong-un pada hari Kamis mengatakan bahwa jika dirinya tidak siap untuk melakukan denuklirisasi di Semenanjung Korea, ia tidak akan datang ke Vietnam untuk bertemu dengan Presiden Trump. Kim Jong-un juga mengatakan bahwa ia menyambut baik gagasan pendirian kantor AS di ibukota Korea Utara, Pyongyang.

Seorang wartawan bertanya apakah AS dan DPRK akan mengumumkan deklarasi untuk secara resmi mengakhiri perang. Presiden Trump menjawab bahwa dalam hal apa pun, sebuah perjanjian yang akan sangat bermanfaat bagi ketua Kim dan Korea Utara, serta Amerika Serikat akan tercapai. Presiden Trump juga mengatakan bahwa ini tidak berarti bahwa perjanjian itu dapat terealisasi dalam satu pertemuan pada suatu hari.

BACA JUGA : Tiga Prioritas Utama yang akan Dibahas Dalam KTT Kedua Trump – Kim

Selain itu, reporter VOA Huang Yaoyi yang melakukan wawancarai di Hanoi melaporkan bahwa juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan bahwa, perundingan berjalan dengan baik, tetapi upacara penandatanganan bersama yang direncanakan sebelumnya gagal diadakan.

Presiden Trump dan Kim Jong-un mengadakan pertemuan singkat pada hari pertama KTT AS-Korut di Hanoi pada hari Rabu dan makan malam bersama. Presiden Trump menyatakan kepuasan dengan kecepatan negosiasi, meskipun beberapa orang mengkritik bahwa perkembangan dari negosiasi dengan Korea Utara berjalan lambat.

Menlu Tiongkok Wang Yi secara positif mengevaluasi pembicaraan antara Presiden Trump dan Kim Jong-un pada hari Rabu dan menyatakan harapannya bahwa pertemuan itu akan membantu mempromosikan denuklirisasi dan pembentukan mekanisme perdamaian di Semenanjung Korea. (Sin/asr)

Video Rekomendasi :

Atau anda menyukai ini : 

Share

Video Popular