Erabaru.net. Seorang musafir melihat seorang wanita tua yang tampak gelisah saat akan menyeberangi sungai. Walaupun sudah lelah, dia menggunakan sisa tenaganya untuk membantu wanita tua itu menyeberangi sungai. Wanita tua itu pergi tanpa mengatakan sepatah kata pun.

Dia menjadi jengkel. Dia merasa sepertinya tidak ada gunanya setelah dengan susah payah membantu wanita tua itu, karena wanita tua itu langsung pergi begitu saja tanpa mengucapkan sepatah kata “terima kasih” meskipun sudah dia tolong.

Beberapa jam kemudian, ketika musafir itu sudah sangat lelah dan tidak kuat untuk melangkah, seorang pemuda menghampirinya.

Ilustrasi.

Terima kasih telah membantu nenekku. Dia menitipkan ini untukmu, nenekku bilang kamu pasti membutuhkannya. Pemuda itu kemudian memberikan makanan kering dan kuda yang ditungganginya untuk si musafir.

Karena itu, jangan selalu terburu-buru untuk mendapatkan jawabannya, terkadang kamu harus menunggu dengan sabar.

Ibarat berteriak ke lembah kosong juga kita harus menunggu sebentar, baru akan terdengar gema yang bergelombang. Atau dengan kata lain, hidup pasti akan memberimu jawaban yang diinginkan.

Setelah kita melakukan sesuatu belum tentu akan segera mendapat balasannya.Jika suatu hari mengalami kesulitan jangan kesal, sedih dan kecewa. Jangan hanya melihat keterpurukan yang dialami saat itu. Tapi harus melihat jauh ke depan.

Tidak perlu berkeluh kesah dan jangan menyalahkan siapa pun, tetaplah bersikap optimis dan yakinlah selalu ada jalan di mana-mana. Keindahan hidup selalu hadir dengan keceriaan yang tak terduga.

Ilustrasi.

Kisah ini memberi tahu kita satu prinsip kebenaran:

Keterpurukan dan ketidakpahaman yang dialami dalam hidup seseorang mungkin tidak dapat diterima saat itu juga. Tetapi setelah beberapa waktu kemudian, tiba-tiba Anda akan merasa bahwa semua itu adalah rencana yang terbaik.

Ketika dihimpit kesulitan, jangan marah, jangan putus asa, dan jangan hanya melihat keterpurukan yang dialami saat itu.

Tapi harus melihat jauh ke depan, tingkatkan cakrawala Anda dalam menjalani kehidupan, tidak perlu berkeluh kesah dan jangan menyalahkan orang lain, tetaplah bersikap optimis. Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup, kita tidak perlu menolaknya, hadapi dengan senyum. Segala sesuatu dalam hidup semuanya telah diatur dengan sendirinya.

Tuhan tidak akan tanpa sebab memutuskan sesuatu kepada umat-Nya, Dia membuatmu melepaskan sesuatu dan menunggu untuk memberimu yang terbaik.

Sampai di mana langkah hidupmu itu, nikmati saja masa-masa itu, tunaikan tugas yang memang seharusnya diselesaikan pada tahap hidup itu. Dan jalani penderitaan yang memang seharusnya diterima pada tahap itu.

Mari kita panjatkan puji syukur, melihat segala sesuatu dalam hidup, karena semua itu adalah rencana Tuhan yang terbaik.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular