Erabaru.net. Menyaksikan bayi tersedak makanan adalah mimpi buruk bagi setiap orang tua. Gabungan perasaan kebingungan, panik, dan ngeri sering membuat banyak orang tua kewalahan dalam situasi ini. Kenyataannya, jumlah orang tua yang mengakui bahwa mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi seperti ini sangat menakutkan.

St. John Ambulance adalah organisasi yang didedikasikan untuk memberi tahu orang-orang tentang pertolongan pertama. Menurut video yang mereka posting, 40% orang tua telah mengalami bayi mereka tersedak pada suatu saat, namun 80% tidak tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi ini. Ini menyoroti kebutuhan untuk meningkatkan kesadaran dan informasi tentang cara membuang bahaya tersedak dengan baik dari bayi.

Bagaimana Menjaga Bayi Anda Dari Tersedak

Menghilangkan bahaya tersedak dari bayi sangat berbeda dari melakukan manuver Heimlich. Ini karena tubuh mereka masih sangat rapuh, dan melakukannya dengan cara yang salah bisa membuat mereka menderita luka serius.

Berikut ini adalah prosedur langkah demi langkah tentang cara menolong bayi yang tersedak.

Menilai Situasi

Jika bayi Anda tersedak tetapi Anda dapat mendengar mereka batuk-batuk, jangan ikut campur. Ini berarti bahwa masih ada udara masuk ke paru-paru dan bahwa mereka tidak dalam bahaya. Mencoba memindahkan objek yang menghalangi jalan napasnya pada titik ini malah dapat menyebabkan benda itu terselip lebih dalam ke kerongkongannya dan hanya memperburuk situasinya.

Jika tampaknya bayi Anda tidak akan berhenti batuk, maka Anda dapat memulai prosedur pertolongan. Jika Anda melihat bayi Anda berhenti batuk ataupun berhenti membuat suara apa pun, ini mungkin menunjukkan bahwa saluran napas telah sepenuhnya tersumbat. Dalam hal ini Anda harus segera menghubungi 9-1-1 dan memulai prosedur pertolongan ketika Anda menunggu ambulans.

Lakukan Pukulan Punggung

Jika Anda menemukan bahwa Anda perlu campur tangan secara fisik untuk menjaga bayi Anda dari tersedak, mulailah dengan menggunakan pukulan punggung.

Posisikan bayi Anda dengan hati-hati agar mereka berbaring telungkup di lengan bawah Anda. Gunakan ibu jari dan jari-jari Anda untuk menahan rahang mereka di tempatnya dan turunkan lengan bawah ke paha bayi, sehingga kepala bayi Anda lebih dekat ke tanah daripada dada mereka.

Dengan menggunakan tumit tangan, lakukan lima pukulan keras di antara bahu bayi Anda. Pastikan untuk mempertahankan posisi rahang bayi Anda dengan menggunakan ibu jari serta seluruh jari-jari Anda.

Lakukan Dorongan Dada

Jika pukulan punggung tidak berfungsi, lanjutkan ke dorongan dada. Tempatkan bayi Anda menghadap ke atas pada lengan bawah Anda sambil menopang bagian belakang kepala mereka dengan tangan. Pastikan kepala mereka masih lebih dekat ke tanah daripada dada mereka.

Letakkan ujung dua atau tiga jari Anda di tengah dada bayi. Dorong dada dengan jari-jari ini, tekan lurus ke bawah di dada sehingga bergerak sekitar satu setengah inci. Lalu biarkan dada kembali ke posisi normal.

Lakukan lima dorongan dada ini dengan cara halus, jangan panik dan dan jangan mulai membuat gerakan tersentak. Jika ini tidak berhasil, lakukan bergantian antara dorongan dada dan pukulan punggung.

Panggil Ambulan

Ilustrasi

Jika bayi Anda terus tersedak atau mereka menjadi tidak sadar, inilah saatnya untuk menelepon 9-1-1. Terus lakukan bergantian antara dorongan dada dan pukulan punggung saat Anda menunggu ambulans. (rpg)

Sumber: theheartysoul

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular