Erabaru.net. Startup teknologi di Tokyo, Jepang telah mengembangkan perangkat lunak kecerdasan buatan yang mendeteksi pengutil potensial.

Vaak, yang berbasis di Chiyoda, menyebut perangkat lunaknya Vaak Eye, yang memanfaatkan pembelajaran mendalam dari lebih dari 100.000 jam data pengawasan.

Teknologi tersebut, disamakan dengan adegan dari film “Minority Report,” menjadi berita utama pada bulan Desember ketika itu membantu menangkap seorang pria berusia 80 tahun yang telah mencuri topi dari sebuah toko di Yokohama.

“Saya pikir, ‘Ah, akhirnya!’ Kami mengambil langkah penting lebih dekat ke masyarakat di mana kejahatan dapat dicegah dengan AI,” kata pendiri Vaak Ryo Tanaka, menurut Bloomberg.

Peringatan Vaak Eye pada pemilik toko berdasarkan analisis lebih dari 100 karakteristik, termasuk wajah subjek, pakaian, gerakan, langkah, arah dan bahkan tujuan. Selain itu, ia menggunakan data makro yang tersedia seperti kondisi cuaca dan angka kejadian kejahatan untuk mengoptimalkan prediksi.

Dalam video demo, perangkat lunak ini terlihat mengidentifikasi jenis kelamin, usia, lokasi, barang, dan tindakan seseorang sambil menghitung perkiraan tingkat kecurigaan. Ini juga mencatat setiap produk yang diambil orang tersebut, serta durasi setiap item telah dipegang.

Alih-alih hanya menangkap pengutil, Vaak Eye memberitahu staf sebelum kemungkinan mengutil melalui aplikasi smartphone. Secara teori, jika subjek didekati dan ditawari bantuan, pencurian mungkin tidak terjadi.

Pada 12 Desember, perangkat lunak mendeteksi setidaknya tujuh pengutil dalam tes di toko, yang gambar pengawasannya kemudian dirilis ke polisi. Teknologi ini dipercayai dapatmengurangi kasus mengutil lebih dari 75%, menurut IT Media.

Untuk saat ini, Vaak terus menguji Vaak Eye di 16 toko di Tokyo. Sementara kesuksesan bisa berarti peluncuran global, toko-toko tidak akan mengumumkan penggunaan teknologi mereka untuk mencegah pengutil mencari cara untuk menghindarinya.(yant)

Sumber: Nextshark

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular