Erabaru.net. Sebuah jet tempur MiG-21 Bison milik Angkatan Udara India (IAF) jatuh di desa Shobhasar dekat Bikaner, Rajasthan sekitar 200 km dari kota Bahawalpur di perbatasan Pakistan pada Jumat (8/3/2019).

Pilot dari jet naas itu berhasil keluar dari pesawat dengan selamat sebagaimana diungkapkan juru bicara kementerian pertahanan India.

Pesawat dengan satu tempat duduk itu sedang melakukan “misi rutin” setelah terbang dari pangkalan udara Nal.

Akun twitter Kemenhan India menyebutkan dugaan awal jatuhnya pesawat tersebut dikarenakan mesin pesawat dimasuki burung. Akan tetapi penyelidiki masih terus dilakukan pihak AU India.

Sebelumnya, pada 27 Februari 2019, Pakistan menembak jatuh jet MiG -21 Bison India, sehari setelah pesawat India melancarkan serangan udara di wilayah Pakistan.

Pilot pesawat tersebut berhasil ditangkap oleh militer Pakistan. Selanjutnya pilot tersebut dibebaskan setelah dua hari sebagai isyarat perdamaian.

Peswat Tempur India yang jatuh di wilayah dekat Pakistan

Serangan dari Pakistan ini sehari setelah pesawat tempur India menyerang di dalam wilayah Pakistan untuk pertama kalinya sejak perang pada1971 silam.  Kedua negara yang memiliki senjata nuklir ini didesak menahan diri.

Kedua negara telah memerintahkan serangan udara pada Februari lalu, pertama kalinya dalam sejarah bahwa dua kekuatan negara ini terlibat saling balas. Tak hanya itu, pasukan darat dari kedua negara terlibat baku tembak dari belasan lokasi.

Ketegangan telah meningkat sejak bom mobil bunuh diri oleh militan yang disebut berbasis di Pakistan dari wilayah Kashmir yang dikuasai oleh India. Serangan militan ini menewaskan sedikitnya 40 polisi paramiliter India pada 14 Februari 2019.  Konflik meningkat ketika India melancarkan serangan udara yang diklaim India hanya menyasar terhadap basis pelatihan teroris.

Serangan India diklaim menargetkan Jaish-e-Mohammed (JeM), kelompok yang mengaku bertanggungjawab serangan bunuh diri di Kashmir. India mengklaim sejumlah besar teroris JeM telah terbunuh, tetapi para pejabat Pakistan menyebut serangan tersebut gagal dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Militer Pakistan sebelumnya mengingatkan kepada India jika menyerang apa yang disebut sebagai pendukung teroris tanpa sedikit pun bukti, maka Pakistan siap mempertahankan hak timbal balik untuk membalas terhadap elemen-elemen yang menikmati perlindungan India sambil melakukan aksi teror di Pakistan.

Pada 12 Februari lalu MiG 27 Angkatan Udara India juga jatuh di desa Eta di Pokaran tehsil di distrik Jaisalmer Rajasthan. Pilot dikeluarkan dengan selamat. Otoritas Penyelidikan India menyelidiki penyebab kecelakaan itu.

Insiden lainnya, pada 1 Februari lalu, dua pilot pesawat tempur latih Mirage 2000 milik Angkatan Udara India tewas setelah pesawat itu jatuh di bandara Hindustan Aeronautics Limited (HAL) di Bengaluru saat lepas landas.

MiG-21 adalah tempur warisan yang pertama kali diperkenalkan oleh Angkatan Udara Soviet pada tahun 1959. Pesawat diekspor ke berbagai negara di dunia pada tahun-tahun berikutnya.

Angkatan Udara India telah memperbarui versi pesawat, yang dikenal sebagai MiG-21bis, yang diproduksi hingga 1985. Pesawat ini diharapkan akan pensiun pada awal 2020 mendatang.  (asr)

Share

Video Popular