- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Pria Thailand Menemukan Bongkahan Berwarna Kuning yang Dipercaya Adalah “Muntahan Paus” , Itu Bernilai Rp 7 Miliar

Erabaru.net. Boonyos Tala-upara, 44, seorang bartender, saat berjalan di pantai di Pulau Koh Samui, selatan Thailand menemukan gumpalan berwarna kuning seberat 9, 98 kg, pada Juni tahun lalu.

[1]

Dia menyimpannya di kebun belakang dan melupakannya.

[2]

Tapi bulan lalu seorang teman mengunjungi dan mengatakan kepada pemilik bar bahwa itu bisa jadi ambergis atau muntahan paus, suatu zat yang sangat dicari oleh pembuat parfum.

Boonyos berkata: “Bongkahan itu besar dan berwarna emas dengan tekstur seperti lilin yang meleleh. Tapi lembut ketika saya menusuknya, tidak seperti lilin.

“Saya mencoba membakar beberapa dengan korek, itu berubah menjadi minyak dan kemudian menjadi keras lagi. Aku belum pernah melihat sesuatu seperti ini sebelumnya.

“Ini bisa seperti kupon lotere , dan saya yang mendapat. Saya ingin menjualnya dan pensiun. “

[3]

Boonyos mengatakan dia telah menunjukkan bongkahan itu kepada teman dan keluarga yang semuanya setuju bahwa itu adalah muntah paus yang berharga.

“Adik saya yang tinggal di Austria pernah menceritakan kepada saya tentang hal ini yang jarang ditemukan di pantai. Saya mencari lebih banyak informasi di internet dan itu benar-benar mirip dengan muntahan paus, ” tambahnya.

Asisten Profesor Thon Thamrongnawasawat, Wakil Rektor Fakultas Perikanan di Universitas Kasetsart, mengatakan bahwa ada kemungkinan kuat bahwa itu adalah muntahan paus.

[4]

Muntah paus juga dikenal sebagai’ ambergris ‘yang merupakan makanan yang membusuk di dalam perut ikan paus yang telah berada di dalam untuk waktu yang lama. Telah digunakan untuk pewangi parfum, makanan, dan kosmetik sejak abad ke-13.

Ambergris sangat berharga. Jika hasil ilmiah membuktikan bahwa itu adalah ambergris, Boonyos bisa mendapatkan banyak uang dengan menjualnya, bongkahan itu di taksir senilai 500.000 dollar (sekitar Rp 7 miliar).

Pada bulan April 2016, bola ambergris seberat 1,57 kilo yang ditemukan di Lancashire dijual seharga Rp 931 juta sedangkan pada bulan November tahun yang sama, tiga nelayan Oman menemukan 80 kilogram ambergris dan menjualnya seharga Rp 42 miliar.(yant)

Sumber: DailyMail

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi: