Erabaru.net. Di tangan beberapa orang, ponsel adalah sarana yang bermanfaat positif, namun, di tangan beberapa orang merupakan alat mainan. Ada yang memanfaatkannya untuk menghasilkan uang, sementara lainnya untuk bermain game.

Sun Jiahua yang berusia 44 tahun ini mengatakan bahwa sejak hadirnya smartphone, Hidupnya telah berubah drastis. Tampak dalam gambar (atas) Sun Jiahua sedang memasak untuk ayahnya (80) sambil sibuk dengan ponselnya.

Sun Jiahua tinggal di Desa Youyi, Provinsi Shaanxi, Tiongkok. Sejak kecil, badannya yang tidak bisa tumbuh tinggi ini sekarang tingginya hanya 1,25 meter. Karena cacat fisik, dan hanya tiga tahun sekolah, sehingga sulit baginya untuk menemukan pekerjaan yang cocok.

Karena terhimpit ekonomi, ditambah sang ayah yang sudah lanjut usia, dan perlu seseorang untuk mengurusnya, Sun Jiahua semakin gelisah ketika melihat orang lain pergi bekerja mencari uang.

Tahun lalu, pihak berwenang setempat membangun sebuah platform untuk mempekerjakan orang-orang cacat.

Sun Jiahua membantu orang-orang menyediakan layanan, bisnis, dan informasi lainnya dengan ponselnya, sekaligus menjual produk-produk kampung halamannya secara online, dan dari situ ia bisa menghasilkan 3.000 -5.000 yuan (Rp 6 juta – 10 juta ) sebulan, ini jelas sangat membahagiakannya.

Ketika melihanya sibuk dengan ponselnya, orang-orang yang tidak tahu pasti akan mengira dia hanya bermain ponsel setiap hari, padahal justru sebaliknya, ia sedang mengumpulkan uang dengan ponsel bututnya.

Cucu perempuannya sekarang berumur 10 tahun, kedua orangtuanya bekerja di luar. Selain mengurus ayahnya yang berusia 80 tahun, mencuci, memasak dan pekerjaan rumah tangga lainnya, Sun Jiahua juga mengantar cucunya itu ke sekolah.

Cucu perempuannya yang berusia 10 tahun itu bahkan jauh lebih tinggi daripada dirinya. Anak-anak desa yang berusia puluhan tahun bahkan bercanda dengannya bahwa dia adalah “adik dari cucunya”, namun Sun Jiahua yang ramah ini selalu menanggapinya dengan senyum lepas.

Sun Jiahua membeli sebuah mobil listrik dengan uangnya sendiri, sehingga jauh lebih mudah untuk mengantar cucunya ke sekolah di bawah gunung yang cukup jauh.

Sun Jiahua tidak menduga sama sekali, dia yang tinggal di pegunungan dan berpendidikan rendah ini dapat menghasilkan uang dari telepon genggamnya, bukan saja mampu merawat ayahnya yang sudah lanjut usia, tetapi juga bisa mengantar cucunya pulang pergi sekolah.

Sun Jiahua harus mengendarai mobil listriknya sejauh lebih dari 10 mil untuk mengantar cucunya ke sekolah.

Sun Jiahua juga sekalian membawa serta anak-anak tetangga saat mengantar cucunya. Berkat Sun Jiahua yang baik dan ramah ini, para penduduk desa merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepadanya.

Meski tubuhnya tidak tinggi, tapi dia sangat energik dan penuh semangat, kata penduduk desa.

Sambil merawat ayahnya yang sudah senja, Sun Jiahua juga bisa mendapatkan uang hanya dengan “mengutak-atik” ponselnya.

Ada yang mengatakan bahwa ponsel adalah mainan sekaligus sarana, jika digunakan sebagai sarana, mereka dapat menginspirasi orang untuk menghasilkan uang di era internet sekarang.

Jadi, manfaatkanlah ponsel Anda secara positif, bisa hanya sekadar alat mainan atau sarana untuk menghasilkan uang, semuanya tergantung pada individu masing-masing.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular