Erabaru.net. Masalah populasi yang menua di Taiwan semakin serius saat ini. Tidak hanya banyak lansia yang hidup sendirian, terkadang akan terlihat para lansia menjajakan barang-barang mereka di pintu keluar stasiun MRT atau trotoar. Para lansia ini masih harus bekerja siang dan malam untuk menghidupi keluarga, orang-orang yang melihatnya pun tidak bisa tidak akan trenyuh dibuatnya.

Seorang netizen perempuan bermarga Huang berbagi di komunitas Facebook Tsaotun – Taiwan. Tentang sebuah pemandangan yang disaksikannya di pinggir jalan.

Suatu sore sepulang sekolah, saat dia sedang menunggu bis di depan terminal Caotun, Taiwan, kebetulan melihat seorang nenek yang sudah senja sedang menjajakan jambu biji di pinggir jalan. Dia melihat nenek itu duduk di kursi, menunggu dengan sabar pembeli yang berminat dengan jambu biji yang dijualnya.

Ilustrasi. Stasiun Caotun. (Foto: Google Maps)

Tak lama kemudian, dia melihat seorang pemuda berkaos hitam dan helm yang masih melekat di kepalanya menghampiri nenek itu. Karena iba dan tak tega, dia memborong dua kantong jambu dagangan nenek itu dan berjongkok sambil mengatakan sesuatu.

Ketika nenek tersebut sedang mencari uang kembalian, pemuda itu bersikeras tidak menerimanya, dan sambil memegang tangannya, dan dengan penuh perhatian, dia berkata : “Jangan berjualan saat hujan ya nek!”

(Foto: Facebook)

Netizen perempuan itu sangat terkesan dan tersentuh dengan tindakan si pemuda.

“Memang sudah seharusnya kita mencurahkan lebih banyak kehangatan seperti itu di masyarakat sekarang. Bagi teman-teman yang kebetulan lewat di sana jangan lupa berikan bantuan dengan membeli jambu biji si nenek ya, ” tulisnya di komunitas facebook Tsaotun – Taiwan.

Dia juga melampirkan keteranagan tentang lokasi nenek itu menjajakan jambu bijinya.

Para netizen lain juga memberikan pujian pada pemuda itu: “Keren habis.”, “O betapa hangatnya batin ini. “, “Sosok pemuda idaman!”, “Carilah pacar seperti pemuda itu”Demikian ragam komentar netizen.

(Foto:Flickr)

Karena banyak anak-anak muda yang lahir di kota-kota kecil pergi ke kota untuk mencari pekerjaan setelah lulus, sehingga fenomena penuaan populasi di daerah pertanian tradisional seperti Chiayi, Nantou dan Pingtung jauh lebih serius.

Jika fenomena itu tidak diperbaiki, tempat-tempat ini mungkin akan menghadapi masalah kurangnya tenaga kerja dari kaum muda di masa depan. Pada saat itu, pemerintah mungkin harus mendistribusikan lebih banyak kesejahteraan bagi para lansia, yang mengakibatkan kendala keuangan negara.

(Foto :Wikipedia)

Adapun yang bisa dilakukan masyarakat umum, adalah memberikan lebih banyak perhatian dan bantuan kepada mereka yang membutuhkan untuk menciptakan masyarakat yang lebih peduli, khususnya di negeri kita sendiri ! (jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular