Erabaru.net. Setelah dua jenis buah ini diolah menjadi buah kering, bukan hanya menjadi lebih enak, nilai gizinya juga bertambah! Adalah makanan yang sangat baik untuk melawan penuaan dan menambah darah sekaligus menyehatkan jantung !

Buah anggur kering atau kismis

1. Mengandung zat besi yang melimpah

Zat besi yang terkandung dalam kismis adalah 15 kali lebih banyak daripada anggur segar. Selain itu, kismis juga mengandung berbagai mineral, vitamin, dan asam amino, yang sangat baik untuk orang-orang yang kekurangan darah.

2. Melancarkan pencernaan

Kismis mengandung asam tartarat, dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat makanan dalam kismis juga dapat menyerap racun dari dinding usus dan melancarkan pembuangan racun dari dalam tubuh.

3. Kismis juga dapat membantu melindungi pembuluh darah jantung

Penelitian menyebutkan, kismis dapat menurunkan kolesterol, mencegah trombosis, dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Kismis mengandung flavonoid, yang memiliki khasiat sebagai antioksidan, dapat menyingkirkan radikal bebas dalam tubuh dan melawan penuaan.

Makan segenggam kismis setiap hari, atau sekitar 30-40 gram, konsumsi secara rutin sekitar 15 hari, memiliki efek tertentu dalam memperbaiki gejala anemia. Meningkatkan sistem imun, dan melancarkan pencernaan.

Namun, kismis memiliki kadar gula yang tinggi, bagi penderita diabetes dihimbau untuk tidak makan berlebihan.

Kranberi kering

1. Mengurangi risiko infeksi saluran kemih

Mereka yang makan kranberi kering setiap hari dapat mengurangi secara drastis risiko infeksi saluran kemih.

2. Melindungi lambung

Zat dalam kranberi kering dapat membantu mencegah bakteri menempel di dinding lambung. Helicobacter pylori adalah saluran utama yang memicu infeksi lambung, tukak lambung dan usus, yang dapat meningkatkan risiko kanker. Sistem anti-adhesi dari kranberi kering dapat meningkatkan perlindungan pada lambung dan usus.

3. Melawan penuaan

Kranberi kering kaya akan antioksidan. Antioksidan melindungi sel terhindar efek radikal bebas. Penuaan kulit dini dan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung erat kaitannya kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Melindungi pembuluh darah jantung

Kranberi kering memiliki beberapa efek positif pada jantung dan pembuluh darah. Mengandung flavonol glikosida, yang dapat mencegah arterosklerosis, yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Selain itu, kranberi kering juga memiliki efek positif pada kadar kolesterol dan mencegah penyempitan arteri dari pengaruh enzim khusus, sehingga melancarkan sirkulasi darah.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular