Erabaru.net- Kepala staf untuk Juan Guaido, Roberto Marrero ditangkap secara ilegal oleh rezim Maduro, Kamis (21/3/2019). Hingga kini keberadaannya belum diketahui hingga sekarang.

Amerika Serikat meminta pihak berwenang untuk segera membebaskannya. AS menekankan akan menuntut pertanggungjawaban kepada semua orang yang terlibat dalam penangkapan.

Saat penangkapan, puluhan petugas Badan Intelijen Nasional Venezuela tiba-tiba menggerebek rumah Roberto Marrero.

Tetangga Marrero, rumah anggota Kongres Venezuela, Sergio Vergara juga digerebek pada hari itu. Hanya saja ia tidak ditangkap.

Vergara diwawancarai sesudahnya, ia mengingat proses penangkapan Marrero. Menurut Vergara, ketika Marrero dibawa pergi, dia berteriak bahwa dirinya dijebak oleh pihak berwenang.

Sergio Vergara mengatakan Marrero sambil menghadap kepadanya berteriak bahwa mereka meletakkan dua senapan dan sebuah granat di rumahnya. Bahkan, agen intel menyuruhnya untuk tutup mulut.

“Saya mengatakan kepadanya bahwa ia harus tegar. Kami sedang berjuang demi kebebasan Venezuela,” katanya.

Juan Guaido pada hari itu menyampaikan pidato, bahwa Marrero diculik oleh agen mata-mata rezim Maduro dan dijebak.

Insiden ini menunjukkan bahwa rezim Maduro mulai menindak oposisi dan meluncurkan penindasan politik dan tindakan pembalasan.

Pemimpin oposisi Juan Guaido mengatakan penculikan bukan hal baru bagi mereka yang akrab dengan situasi pihak berwenang Maduro.

“Selama bertahun-tahun, kami terus menderita dari penganiayaan dan ancaman kematian seperti itu. Penculikan yang baru saja terjadi adalah contoh terbaik,” kata Guaido.

Guaido meminta pihak berwenang untuk segera membebaskan Marrero. Tetapi rezim Maduro belum menanggapinya.

Pemerintah Amerika Serikat memperingatkan akan menuntut pertanggungjawaban dari semua orang yang terlibat dalam penangkapan Marrero.

Menlu AS Mike Pompeo mencuit di Twitter : “Amerika Serikat mengutuk personil intelijen Maduro atas penggerebekan dan penangkapan kepala staf untuk Juan Guaido, Roberto Marrero. Kami menyerukan kepada rezim Maduro untuk segera membebaskannya, pada saat yang sama akan meminta pertanggungjawaban semua pesertanya yang terlibat.”

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih John Bolton menekankan bahwa pihak berwenang secara ilegal menangkap Marrero. Penangkapan ini adalah suatu kesalahan besar. Pihak AS tidak akan membiarkannya berkembang pesat. (sin/asr)

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular