Erabaru.net. Presiden Joko Widodo meresmikan operasional Moda Raya Transportasi atau Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Fase l di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (24/3/2019). Pada saat yang sama, Jokowi meresmikan MRT Fase II yakni rute Sarinah-Kota. Sedangkan fase 1 adalah MRT Rute Bundaran HI-Lebak Bulus.

Hadir peresmian itu antara lain Menko Polhukam Wiranto, Menhub Budi K. Sumadi, Seskab Pramono Anung, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi dan mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso.  

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan penuntasan pembangunan 13 stasiun MRT Jakarta yang akan beroperasi dengan delapan rangkaian kereta dan dimulai pada pukul 05.30 WIB hingga 22.30 WIB setiap harinya selama Maret dan April 2019.

Menurut Anies, pengoperasian akan lanjutkan dengan 14 rangkaian kereta mulai pukul 05.00 WIB hingga 24.00 WIB setiap hari. Ketika pengoperasiannya,  sebanyak 71 masinis dan 350 petugas operasional yang akan melayani sekitar 130 ribu lebih penumpang setiap hari.

Gubernur Anies mengatakan, MRT Jakarta telah terintegrasi dengan BRT Transjakarta dan tersambung dengan kereta commuterline dan kereta ke Bandara Soekarno-Hatta.

Selama pembangunan MRT, kata Anies, sebanyak 253.553 pekerja terlibat sejak dicanangkan pada 2013 silam. Pada kesempatan itu, Anies meminta masyarakat bersama-sama memanfaatkan dan menjaga MRT sebagai aset bersama.

Presiden Joko Widodo, mengimbau kepada seluruh warga negara Indonesia, khususnya warga DKI Jakarta menjaga dan merawat MRT yang pertama kalinya beroperasi di Indonesia sebagai sebuah peradaban baru.

Jokowi berpesan kepada masyarakat pengguna layanan transportasi ini, agar menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di kereta dan stasiun. Langkah ini dilakukan agar moda tranpostasi tidak kotor dan terawat dengan bersih.

Saat berpidato, Jokowi berpesan kepada masyarakat jika akan menaiki mrt, diharapkan  mengutamakan antre. Masyarakat juga diimbau tidak berdesak-desakan. Antre dan disiplin waktunya apalagi memasuki  MRT ketika pintu kereta sudah tertutup.

“Ini baru fase I, dan hari ini juga kita telah mencanangkan fase II yang meneruskan koridor ke utara, serta tahun ini juga akan kita mulai rute timur barat,” lanjut Presiden. (asr)

Share

Video Popular