Erabaru.net. Seorang guru matematika di sekolah menengah di sebuah desa terpencil di Kenya menyumbangkan 80% dari gaji bulanannya untuk membantu anak-anak miskin. Dia juga bekerja keras untuk mengembangkan pendidikan sains di Afrika.Pada tahun 2019 ini Dia dianugerahi penghargaan sebagai Guru Global dan menerima hadiah sebesar 1 juta dollar AS (sekitar Rp 14,2 miliar).

Surat kabar berbahasa Mandarin terbesar yang berbasis di Singapura, Lianhe Zaobao pada (25/3/2019) melaporkan , Peter Tabichi yang berusia 36 tahun memenangkan penghargaan Global Teacher Prize di Dubai pada Sabtu (23/3/2019).

Pihak penyelenggara The Varkey Foundation, mengatakan bahwa kontribusi tanpa pamrih Tabichi, upaya keras dan keyakinannya akan bakat siswanya patut dipuji.

Menurut pernyataan The Varkey Foundation, Tabichi mengajar di sekolah menengah di Desa Powani di daerah terpencil Kenya.

Kekeringan dan kelaparan sering terjadi di daerah tersebut. Sekitar 95% siswa berasal dari keluarga miskin, hampir sepertiga adalah anak yatim atau keluarga orang tua tunggal. Banyak siswa yang tidak memiliki makanan di rumah. Penyalahgunaan narkoba, kehamilan remaja, putus sekolah, pernikahan dini, dan bunuh diri adalah hal yang biasa di sana.

Beberapa siswa harus berjalan 7 kilometer setiap hari untuk sampai di sekolah, ketika hujan turun, jalan-jalan disana tidak dapat dilewati. Sehubungan dengan itu, Tabichi menyumbangkan 80% gajinya untuk keluarga miskin, agar anak-anak mereka dapat sekolah.

The Varkey Foundation juga menuturkan jumlah rasio guru-murid 1:58 orang dan hanya satu komputer desktop dengan koneksi internet yang sangat lambat. Meski demikian, untuk membangkitkan minat siswa, Tabichi m engintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi ke dalam pengajaran, dan proporsi pengajaran ini menyumbang 80%.

Sebuah sumber mengatakan,: “Global Teacher Award dikenal sebagai “Hadiah Nobel dalam Pengajaran” yang didedikasikan sebagai bentuk penghargaan atas prestasi guru dan kontribusi mereka di dunia pendidikan.”

Yayasan Global Teacher Award yang didirikan pada tahun 2015 lalu adalah organisasi non-pemerintah Inggris yang didedikasikan untuk meningkatkan pendidikan bagi anak-anak miskin.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular